Ciamis Kembali Perpanjang PPKM Secara Mandiri, Ini Alasannya

Ciamis Kembali Perpanjang PPKM Secara Mandiri
Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang, mengungkapkan Ciamis kembali memperpanjang PPKM secara mandiri. Foto : Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara mandiri. Perpanjangan tersebut mulai dari tanggal 26 Januari sampai 8 Februari 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, H. Tatang, mengungkapkan, sebenarnya Ciamis tidak termasuk dalam perpanjangan PPKM. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya surat dari Menteri Dalam Negeri RI.

“Akan tetapi, mengingat saat ini tracking penyebaran Covid-19 di Ciamis belum menurun setiap harinya. Oleh karena itu, kami sepakat untuk memperpanjang PPKM secara mandiri. Meskipun kami tidak termasuk perpanjangan dari Mendagri,” ungkapnya setelah Rapat Evaluasi PPKM, di Aula Setda Ciamis, Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut Tatang mengatakan, beberapa waktu lalu Ciamis masuk dalam zona merah. Akan tetapi, seiring meningkatnya dari beberapa faktor, kini masuk zona oranye.

“Maka dari itu, status ini harus kembali menurun agar Ciamis bisa jadi zona hijau,” katanya.

Menurutnya, kasus positif Covid-19 setiap harinya ada peningkatan. Maka dari itu, pihaknya tidak mau ambil resiko.

“Jadi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kami harus rela kembali memperpanjang PPKM secara mandiri,” ujarnya.

Dengan adanya perpanjangan PPKM ini, Tatang berharap bisa menekan angka kasus Covid-19 di Ciamis. Kemudian, kegiatan masyarakat bisa kembali normal.

“Kami berharap Covid-19 ini segera hilang. Supaya bisa hidup dengan damai tanpa adanya batasan,” harapnya.

Sementara untuk kegiatan selama penerapan perpanjangan PPKM, Tatang menuturkan, semuanya sama saja dengan PPKM sebelumnya.

“Tidak ada perubahan, semuanya sama. Namun, mungkin kami akan gencar lagi mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto