Contoh Hewan Ruminansia dengan Sistem Pencernaan yang Unik

Contoh Hewan Ruminansia
Ilustrasi Contoh Hewan Ruminansia. Foto: animalwised.com

Contoh hewan ruminansia beserta sistem pencernaannya wajib anda ketahui dengan baik. Tentu saja banyak hewan yang hidup di sekitar kita dengan berbagai perbedaannya.

Salah satunya adalah hewan ruminansia. Selanjutnya, dapatkah anda menyebutkan contoh-contoh dari kelompok hewan tersebut? Berikut dapat anda simak dalam penjelasan lengkapnya.

Contoh Hewan Ruminansia

Mengutip Wikipedia, hewan ruminansia juga dapat kita sebut dengan hewan memamah biak. Jenis hewan ini merupakan kelompok pemakan tumbuhan alias herbivora yang mana mencerna makanan dengan dua cara.

Dengan menelannya bahan mentah, lalu mengeluarkan makanan yang setengah tercerna dari dalam perut dan kemudian mengunyah lagi.

Pada hewan jenis ruminansia ini memiliki tidak hanya satu ruang lambung (monogastrik), akan tetapi lebih dari satu (poligastrik) atau secara harfiah memiliki perut banyak. Hewan dengan poligastrik ini memiliki perut dengan sejumlah kompartemen atau dengan beberapa bagian yang terpisah.

Pada bagian tersebut mempunyai mikroorganisme yang bertugas dalam memfermentasikan selulosa tanaman yang mereka makan serta mengubahnya menjadi makanan yang lebih lumat.

Dengan demikian, makanan tersebut akan lebih mudah mereka cerna. Berikut ini adalah beberapa contoh hewan ruminansia, antara lain:

Hewan Bovines dan Cattle

Salah satu contoh dari binatang ruminansia yang pertama adalah bovines dan juga cattle. Sebagian besar dari hewan memamah biak atau ruminansia merupakan famili bovidae. Lalu anggota famili kelompok hewan ini dapat kita sebut dengan nama bovid.

Kemudian, sub familinya meliputi cattle atau sapi. Yang termasuk ke dalam famili bovidae ini seperti banteng, anoa bison, kerbau sapi atau lembu, kerbau air, antelop dengan tanduk empat, yak, kerbau air zebu, kudu, dan bongo. Lalu, juga seperti kouprey, saola, tamaraw, sitatunga, gaur, eland, gayal, nildai, dan imbabala.

Kemudian, perlu anda ketahui jika unta bukan termasuk dalam kelompok contoh hewan ruminansia karena mempunyai perut yang berbeda.

Hewan ini tidak mempunyai rumen, akan tetapi mempunyai omasum, abomasum, serta retikulum. Sehingga termasuk dalam kelompok hewan non ruminansia.

Baca Juga: Contoh Hewan Ovovivipar Beserta Penjelasan Lengkapnya

Caprine dan Kambing Antelop

Contoh kelompok binatang yang termasuk ruminansia adalah kaprin serta kambing antelop. Subfamili ini masih kerabat dekat dengan famili bovinae. Contohnya seperti alphine ibex, bharal, tahr Arab, domba barbar, chamois atau simlir serow Tiongkok, dan goral Tiongkok. 

Selain itu, juga seperti dwarf blue sheep serow Himalaya, tahr Himalaya, goral abu-abu, serow Jepang goral ekor panjang, kambing gunung markhor, muskox, kambing liar, serow Sumatera, dan tur kaukasia barat.

Hewan Ovine dan Domba

Pada famili bovidae terdapat subfamili caprinae lalu, pada subamili tersebut diisi oleh genus Ovis atau domba. Dengan demikian, para domba-domba ini merupakan hewan ruminansia yang terbesar pada urutan kedua. Mereka pun terpilih sebagai hewan yang dapat menghasilkan susu dan juga wol.

Contoh hewan ruminansia yang termasuk genus Ovis atau domba seperti mouflon domba domestik domba tanduk besar, domba salju, dan urial. Banyak yang berasal dari domba domestik dan liar. Biasanya mereka memiliki nama yang sesuai dengan habitat asli atau wilayah tempat tinggalnya.

Baca Juga: Hewan Vertebrata dan Avertebrata, Klasifikasi dan Contohnya

Rusa (Deer)

Hewan rusa atau deer ini merupakan sebuah nama hewan yang umum dalam keluarga Cervidae. Dari keluarga tersebut terdapat 90 spesies rusa.

Beberapa contoh dari rusa kelompok ruminansia seperti rusa Amerika (elk), rusa bawean, barang singha brocket chital, rusa kalam, babi rusa, rusa bera, dan pudu.

Kemudian, contoh hewan ruminansia yakni rusa Irlandia. Ini merupakan rusa yang pernah menjadi kelompok rusa paling besar di dunia. Bahkan, tingginya pun mencapai 2 meter dengan tanduk yang berukuran 365 meter. 

Akan tetapi, mereka sudah punah sejak 7 ribu tahun yang lalu. Sampai sekarang masih belum diketahui faktor apa penyebab kepunahan mereka.

Sebenarnya terdapat banyak sekali hewan ruminansia sampai ratusan spesies yang dapat kita ketahui. Namun, anehnya, tidak semuanya benar-benar masuk ke dalam subordo ruminansia, misalnya jerapah.

Untuk klasifikasi hewan dapat kita ketahui dari jenis makanannya yakni karnivora, herbivora, dan omnivora. Akan tetapi, contoh hewan ruminansia ini dapat diklasifikasikan berdasarkan jumlah lambung dalam perutnya, yakni empat lambung dengan sistem pencernaan yang unik. (R10/HR Online)

Editor: Jujang