Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita CiamisCovid-19 Meningkat, Bupati Ciamis Minta Desa Siapkan Isolasi Terpusat

Covid-19 Meningkat, Bupati Ciamis Minta Desa Siapkan Isolasi Terpusat

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 Kabupaten Ciamis, Jawa Barat masih mengalami peningkatan. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta Desa siapkan tempat isolasi terpusat bagi warga yang terkonfirmasi positif virus Corona.

“Besok kita akan melakukan rapat melalui Video Conference (Vicon) untuk mengevaluasi penanganan Covid 19, bersama kepala desa dan camat. Pembahasannya kita akan menginstruksikan kepada seluruh kepala desa untuk menyediakan  tempat isolasi bagi pasien Covid-19,”ucap Bupati Ciamis Herdiat kepada wartawan, Rabu (06/01/2020). 

Herdiat mengatakan, ruang isolasi terpusat yang desa siapkan nantinya akan lebih efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 . Sehingga lebih mengantisipasi penyebaran klaster keluarga. Karena saat ini kasus positif Ciamis yang paling mendominasi adalah dari klaster keluarga atau transmisi lokal. Sudah bukan lagi dari klaster pendatang dari luar daerah.

“Kita lihat sekarang peningkatan kasus terkonfirmasi sebanyak 1.200 orang, dengan rincian 620 orang sembuh, 533 positif aktif dan 47 orang meninggal. Sehingga menjadi sebuah kekhawatiran bersama,” katanya .

Herdiat berharap upaya penanganan Covid-19 bisa lebih maksimal lagi, terutama dukungan dari berbagai kalangan masyarakat. Terutama dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga merupakan salah satu upaya guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga harus kita lakukan bersama. Salah satunya desa siapkan tempat isolasi terpusat,” pungkasnya. (Fahmi/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -