Curug Taringgul Pangandaran, Wisata Eksotis Rival Baru Green Canyon

Curug Taringgul Pangandaran
Curug Taringgul Pangandaran. Foto: youtube.com

Curug Taringgul Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata populer yang terletak di Cibanten, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat.

Destinasi wisata satu ini selalu ramai oleh para wisatawan, baik pada hari biasa atau hari libur. Dengan keindahan yang tersaji mampu memberikan sensasi yang berbeda bagi para pengunjung.

Oleh karena itu, bagi anda yang sedang berlibur di Kabupaten Pangandaran, wajib untuk mengunjungi Taringgul ini. Pasalnya, panorama Curug Taringgul tidak kalah indah dan mempesona dari objek wisata Green Canyon atau Cukang Taneuh.

Curug Taringgul Pangandaran

Dengan pesona keindahan pemandangan yang sangat cantik dan menarik, maka sangat disayangkan apabila anda yang sedang berkunjung ke Pengandaran tanpa singgah ke destinasi wisata satu ini.

Curug Taringgul terletak pada hulu aliran air yang menuju ke Green Canyon dengan jarak kurang lebih 3 km dari area parkir Green Canyon.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jawa Barat dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan

Dengan adanya potensi sangat besar yang terdapat pada Taringgul Pangandaran, maka warga serta kelompok Desa Kertaya pun membukanya sebagai destinasi wisata untuk umum.

Curug Taringgul juga populer dengan sebutan Green Jorge atau Green Coral sangat cocok untuk anda kunjungi dalam mengisi waktu liburan anda bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat anda.

Daya Tarik Curug Taringgul Pangandaran

Curug Taringgul adalah mini air terjun yang jatuh dari sebuah batu besar yang sangat eksotis. Dengan aliran sungai yang tenang, jernih, serta bingkai lembah yang sangat unik dan menarik, menjadikan destinasi ini merupakan tujuan favorit para pecinta body rafting.

Panorama yang terletak pada Curug Taringgul sangat menakjubkan. Selain mempunyai relief bebatuan yang terbentuk secara alami dan juga menjulang tinggi pada kanan kiri sungai. Destinasi wisata ini juga memiliki beragam spot loncat serta air terjun yag sangat indah.

Curug Taringgul merupakan salah satu destinasi wisata dengan keindahan air terjunnya. Hal menarik dari curug ini, meskipun dalam musim kemarau panjang, airnya tidak pernah surut atau berkurang.

Salah satu pemandangan istimewa dari destinasi wisata satu ini adalah hadirnya air terjun yang cukup unik. Air turun dari aliran air yang berasal dari persawahan. Selanjutnya turun ke sungai dengan warna hijau kebiruan yang sangat cantik.

Baca Juga: Wisata Dusun Bambu Bandung, Berwisata dengan Konsep Eco Friendly

Keeksotisan serta keindahan Curug Taringgul tidak kalah dengan Green Canyon. Cara terbaik untuk menikmati keindahan Curug Taringgul adalah dengan body rafting.

Lokasi Curug Taringgul Pangandaran

Destinasi wisata Curug Taringgul beralamat di Jalan Cibanten menuju arah Desa Cibanten. Tepatnya berada di Dusun Cibuluh serta Dusun Kertayasa, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang.

Berjarak kurang lebih 3 hingga 4 km dari lokasi parkir objek wisata Cukang Taneuh atau populer dengan sebutan Green Canyon dari Jalanan Raya Cijulang-Cimerak, wisata Taringgul dapat anda tempuh dalam waktu kurang lebih 35 menit perjalanan.

Banyak petunjuk jalan yang dapat anda temui sehingga sangat memudahkan anda untuk sampai ke destinasi wisata Curug Taringgul.

Menuju Lokasi Curug Taringgul Pangandaran

Bagi para wisatawan yang berasal dari Pangandaran, tentu hal mudah untuk menemukan lokasi wisata Curug Taringgul. Akan tetapi, sebagian besar para wisatawan yang berasal dari luar kota bahkan mancanegara, seringkali masih merasa kebingungan untuk sampai ke destinasi wisata ini.

Oleh karena itu, sebelum anda menuju lokasi Curug Taringgul, pastikan terlebih dahulu alat transportasi yang akan anda gunakan.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, akan lebih mudah untuk sampai ke lokasi Curug Taringgul. Anda dapat menggunakan Google Maps yang terinstal pada smartphone anda untuk memperoleh panduan arah ke spot wisata Curug Taringgul.

Akan tetapi, jika anda menggunakan transportasi umum, anda dapat berhenti di terminal bus menuju arah Cijulang. Selanjutnya dapat anda lanjutkan dengan menggunakan jasa ojek untuk dapat sampai ke lokasi Curug Taringgul.

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Taringgul Pangandaran, anda dapat memanfaatkan paket adventure body rafting Green Coral Pangandaran.

Baca Juga: Kampung Bunga Matahari Cianjur, Obyek Wisata Baru yang Instagramable

Dengan harga paket Rp.150.000-Rp.200.000/orang serta total track 3 km perjalanan selama 3 hingga 4  jam. Biasanya paket ini sudah termasuk dengan perlengkapan seperti river guide, pelampung atau rompi, makan siang 1 kali, dan lain sebagainya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang