Dampak Bencana Tebing Longsor di Sukamantri Ciamis, Jalan Terputus

Dampak bencana longsor TPT di Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan akses jalan tak bisa dilewati kendaraan roda empat. Foto: Edji Darsono/HR.
Dampak bencana longsor TPT di Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan akses jalan tak bisa dilewati kendaraan roda empat. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dampak bencana tebing longsor di Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan akses jalan tak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Oman, warga setempat, mengatakan, longsornya tanah tebing yang terjadi pada 28 Desember 2020 lalu mengakibatkan akses jalan amblas.

“Jalan yang amblas itu bukan hanya sebagai akses menuju Tempat Pemakaman Umum Cimara. tapi juga merupakan akses warga beraktivitas sehari-hari. Sekarang hanya kendaraan roda dua saja yang bisa melewati jalan ini,” jelasnya, kepada HR Online, Sabtu (09/01/2020).

Baca Juga : Tembok Penahan Tebing Longsor Timpa Madrasah di Baregbeg Ciamis

Meski begitu, lanjut Oman, kendaraan roda dua atau sepeda motor yang melintas pun harus ekstra hati-hati. Sebab, selain badan jalan menjadi sempit, dampak bencana tebing longsor juga menyebabkan kondisi jalan mengalami rusak parah dan licin.

Agar akses jalan tersebut bisa kembali normal, warga setempat berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelontorkan anggaran untuk perbaikan, sebelum kerusakannya melebar.

“Kalau hal ini tidak segera mendapatkan perbaikan, warga setempat khawatir terjadi longsor susulan. Terlebih sekarang ini hampir setiap hari turun hujan,” ujarnya.

Omang menambahkan, apabila terjadi longsor susulan, dapat dipastikan bangunan madrasyah yang ada sekitar lokasi longsor akan tergerus. Sebelum hal itu terjadi, maka pemerintah terkait perlu segera melakukan perbaikan. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah