Dampak Pergerakan Tanah di Kawali Ciamis, Jalan Amblas, Rumah Rusak

Dampak pergerakan tanah di Kawali, Kabupaten Ciamis, jalan amblas dan rumah rusak. Foto: Edji Darsono/HR.
Dampak pergerakan tanah di Kawali, Kabupaten Ciamis, jalan amblas dan rumah rusak. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dampak pergerakan tanah yang terjadi dua pekan lalu di Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan amblasnya akses jalan dan rusaknya sejumlah rumah warga.

Meski tidak terjadi pergerakan tanah susulan, namun untuk mengantisipasi hal yang tidak diharapkan, aparat pemerintah desa setempat serta masyarakat tetap siaga pada sejumlah pos penjagaan.

Lili, Kepala Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengatakan, dampak pergerakan tanah juga mengakibatkan kerusakan pada bangunan mushola.

“Meski tidak ada pergerakan tanah baru, tapi aparat pemerintah desa dan masyarakat tetap melakukan pengawasan serta penjagaan,” terangnya, kepada HR Online, Kamis (21/01/2021).

Baca Juga : 73 KK di Talagasari Ciamis Mengungsi Akibat Pergerakan Tanah

Lili juga menjelaskan, keberadaan pos penjagaan terbagi menjadi dua, yakni pos penjagaan bagian Timur dan bagian Barat. Ia berharap, dengan adanya pos penjagaan tersebut akan lebih ketat. Sehingga, tidak bisa sembarang orang masuk lokasi pergerakan tanah, terkecuali para petugas.

Lili menambahkan, akhir-akhir ini hujan turun setiap hari. Pihaknya pun bersyukur karena tidak ada pergerakan tanah susulan. Kalaupun terjadi, ada mitigasi lambat yang bisa masyarakat ketahui sekitar pukul 05.00 WIB.

“Hingga hari ini setelah saya cek ke setiap titik pergerakan, tidak menunjukan adanya pergerakan tanah susulan. Meski demikian, warga yang tinggal sekitar lokasi pergerakan tanah semuanya mengungsi, dan harus tetap waspada,” tandasnya. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah