Dapat Ikan Mas 8,5 Kg, Pemancing di Situwangi Ciamis Malah Melepasnya

Ikan Mas di Situwangi
Ikan mas seberat 8,5 Kg hasil pancingan di Situwangi, Kabupaten Ciamis dilepasliarkan kembali. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Induk ikan mas seberat 8,5 Kg hasil pancingan warga di Situwangi, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, kembali dilepas liarkan, Senin (25/1/2021).

Iyus Yusman, kepala Dusun Hayawang, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, mengatakan, induk ikan mas seberat 8,5 Kg tersebut didapat oleh warga bernama Dede Nono dengan cara dipancing.

“Ikan dengan bobot seberat 8,5 Kg bisa dipastikan keberadaannya memang  banyak. Namun, pemancing jarang mendapatkannya. Sebab, kalaupun umpan dimakan dapat dipastikan tali kailnya putus,” katanya, Senin (25/1/2021).

Iyus, mengatakan, begitu juga dengan Dede Nono, ikan sebesar itu baru kali pertama didapatnya. 

“Ikan mas yang didapat oleh Dede Nono saat memancing di Situwangi tersebut, disarankan untuk dilepas liarkan kembali dengan maksud agar kelestariannya terjaga,” katanya.

Dari penelusuran HR Online, ikan mas dengan ukuran besar memang kerap dikaitkan dengan cerita mistis.

Karena itu, orang yang mendapatkan ikan mas ini terkadang dihantui rasa takut. Maka banyak para pemancing yang kembali melepaskan ikan mas tersebut saat terkena kail pancingnya.

Meskipun tidak ada yang menyuruh untuk melepas liarkan kembali ikan mas jumbo tersebut, pemancing biasanya langsung melepaskannya kembali ke Situ. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu