Diguyur Hujan Deras, Satu Rumah di Kota Banjar Ambruk

Diguyur Hujan Deras Satu Rumah di Kota Banjar Ambruk
Rumah milik Halimah warga Pangadegan, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, yang ambruk akibat diguyur hujan deras. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Satu rumah milik warga RT 8/18, Lingkungan Pangadegan, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, ambruk setelah diguyur hujan deras, Sabtu (9/1/2021).

Menurut keterangan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Johan Wijaya, ambruknya rumah permanen milik Dede Siti Halimah tersebut terjadi sekitar pukul 17.15 WIB.

Saat itu, kata Johan, hujan turun sangat deras. Beruntung, saat salah seorang tetangga melihat rumah milik Halimah ambruk pada bagian atap rumah, pemilik rumah sedang melakukan aktivitas di luar.

“Kejadiannya kemarin sore, ketika hujan deras. Warga kemudian melapor ke BPBD,” kata Johan kepada HR Online, Minggu (10/1/2021).

Setelah mendapatkan laporan tersebut, tim BPBD tadi pagi langsung menuju ke lokasi, dan melakukan pendataan kerusakan.

Pihaknya menduga, penyebab ambruknya rumah milik Halimah tersebut selain karena diguyur hujan deras, juga karena faktor konstruksi bangunan yang sudah mulai lapuk.

“Tadi kami langsung asesmen ke lokasi. Kemungkinan karena konstruksi bangunan sudah mulai rapuh, dan ditambah diguyur hujan deras,” ujar Johan.

Lebih lanjut Johan menuturkan, kondisi rumah korban mengalami rusak berat. Terutama pada bagian atap rumah yang ambruk. Dan, sebagian tembok rumah juga jebol serta mengalami retak-retak.

Sementara untuk mengantisipasi bahaya lainnya, pemilik rumah mengungsi sementara waktu ke rumah anaknya, yang lokasinya masih satu lingkungan dengan korban.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Karena kebetulan saat kejadian pemilik rumah dan anggota keluarganya sedang tidak berada di rumahnya. Hanya kerugian material saja,” jelasnya.

Bukan Hanya Rumah Ambruk akibat Diguyur Hujan Deras, Namun Musibah Lain di Kota Banjar

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Kebencanaan BPBD Kota Banjar, Firmansyah, menambahkan, bukan hanya musibah rumah ambruk akibat hujan deras saja yang terjadi pada hari kemarin.

Akan tetapi juga ada musibah bencana tanah longsor yang terjadi di area Situs Singaperbangsa. Tepatnya, di Jalan Nasional Jawa Barat-Jawa Tengah wilayah Kecamatan Purwaharja.

Namun demikian, sampai saat ini musibah tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya kerugian material akibat rumah ambruk dan arus lalu lintas kemarin sempat terhambat, untuk proses evakuasi material longsoran tanah.

“Dari hujan deras yang terjadi hari kemarin, ada dua laporan bencana daerah yang masuk ke BPBD. Sampai saat ini dua kejadian bencana itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” katanya kepada HR Online, Minggu (10/1/2021).

Pihaknya pun mengingatkan kepada warga masyarakat dan semua pihak, untuk selalu waspada akan datangnya musibah bencana daerah. Terlebih saat ini yang masih terjadi hujan deras dan angin kencang.

“Semua harus tetap siaga. Apalagi saat ini masih dalam musim penghujan. Intensitas curah hujan juga mulai meningkat,” ujarnya. (Muhlisin/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto