Dinas PUPRKP Kota Banjar; PJU Panatasan akan Ada Relokasi Jalur

Dinas PUPRKP Kota Banjar akan merelokasi jalur PJU Panatasan. Foto: Muhlisin/HR.
Dinas PUPRKP Kota Banjar akan merelokasi jalur PJU Panatasan. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Dinas PUPRKP Kota Banjar, Jawa Barat, melalui Kasubag. UPTD Laboratorium Bahan Konstruksi dan Kelistrikan, Asep Bunyamin, menanggapi, perihal lampu penerang jalan umum (PJU) di Jalan Raya Banjar-Langensari wilayah Panatasan, Kelurahan Pataruman. Yang mana belum lama ini warga mengeluhkan matinya sejumlah fasilitas tersebut.

Asep mengatakan, pada tahun ini pihaknya akan melakukan perbaikan lampu PJU Panatasan. Namun, sebelum melakukan perbaikan, pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan pihak RT/RW lingkungan setempat.

Hal itu karena pihaknya akan mencopot untuk sementara waktu tiang lampu PJU yang sebelumnya sudah terpasang. Mengingat lokasi tiang PJU berada pada titik pemasangan pipa jalur Pertamina.

“Ada sembilan titik PJU di sana yang akan kami perbaiki. Nanti kami akan koordinasi dengan warga setempat, terkait perbaikan itu,” kata Asep, kepada HR Online, Jum’at (15/01/2021).

Koordinasi tersebut selain untuk perbaikan, juga untuk menentukan 9 titik lokasi pemasangan tiang lampu PJU yang sebelumnya sudah terpasang. Rencananya akan direlokasi ke sebelah kanan Jalan Raya Banjar-Langensari.

Menurut Asep, pemindahan tersebut karena lokasi tanah pemasangan tiang PJU yang sebelumnya berada sebelah kiri jalan masih labil, dan masuk jalur pipa Pertamina.

Baca Juga : Warga Panatasan Kota Banjar Minta PJU Segera Diperbaiki

“Kemarin kan ada sebelah kiri. Nanti akan kita pindah ke sebelah kanan agar lebih aman. Makannya perlu ada koordinasi,” terangnya.

PJU Rusak Tersambar Petir

Selain itu, Asep juga menanggapi matinya lampu PJU di sejumlah titik pusat kota, seperti PJU wilayah Jelat, area pasar, stasiun, dan wilayah Gardu. Ia menyebutkan bahwa kerusakan tersebut karena ada Gardu PLN yang tersambar petir. Sehingga menyebabkan lampu PJU tidak berfungsi.

Saat ini petugas lapangan dari Dinas PUPRKP Kota Banjar sudah melakukan pengecekan dan perbaikan lampu PJU yang sempat tidak berfungsi akibat tersambar petir.

Apabila ada lampu PJU mati pada titik lokasi yang lain, lanjutnya Asep, masyarakat bisa langsung menghubungi petugas teknis lapangan dengan nomor handphone 085223202616 atas nama Supriadi.

“Untuk yang kemarin tidak berfungsi sudah kami perbaiki. Jadi jika ada PJU yang mati dan menjadi kewenangan kami, silahkan bisa menghubungi petugas teknis lapangan,” katanya.

Asep menambahkan, adapun rencana penambahan tiang lampu PJU pada sejumlah titik lokasi. Tahun ini rencananya akan ada penambahan sebanyak 50 titik lokasi baru yang sudah pihaknya siapkan.

“Tapi itu juga melihat dulu ketersediaan anggaran yang ada tentunya,” pungkas Asep. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah