Dinkes Ungkap Kasus Positif Covid-19 di Ciamis Rata-rata Per Hari 20 Orang

Kasus Positif Covid-19
Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Ciamis, Dr.Eni Rochaeni. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinkes Ciamis mengungkap rata-rata kasus positif covid-19 di Ciamis mencapai angka 20 orang per hari.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Ciamis, Dr.Eni Rochaeni, menyebut jumlah kasus covid-19 terus meningkat, terlebih penyebarannya sudah terjadi transmisi lokal

“Bahkan pernah per hari orang yang terkonfirmasi positif 20 orang,”ucapnya kepada HR Online, Senin (11//01/2020) . 

Menurut Eni , hingga hari ini kasus yang terkonfirmasi positif mencapai 1367 orang dengan rincian 463 positif aktif, 849 sembuh dan 55 orang meninggal Dunia . 

“Untuk yang meninggal dunia rata-rata pasien yang mempunyai penyakit bawaan. Ini harus menjadi perhatian kita semua dalam menerapkan prokes,” kata Eni.

Baca juga: Anggota PPNI di Ciamis Siap Jadi yang Pertama Divaksin Covid-19

Sementara untuk penanganan covid, pihaknya menerapkan alur sesuai zona warna, yakni merah, abu-abu, kuning dan hijau.

Abu-abu, kata Eni, merupakan kasus suspek ketika masuk RS dan hasil pemeriksaan fisiknya menunjukkan dan mengarah ke covid. Sambil menunggu hasil swab, maka kategori tersebut masuk dalam warna ini.

Sementara untuk kuning, khusus kasus pasien yang bergejala dan mendapatkan penanganan di ruang isolasi RS swasta. Hal ini karena semua RS ini memiliki tempat isolasi tersendiri bagi pasien positif.

“Sedangkan ruang hijau itu untuk pasien yang terkonfirmasi positif dengan gejala ringan atau OTG. Dalam hal ini kita pakai Islamic Center (IC). Namun banyak dari mereka memiliki isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Adapun zona merah, kata Eni lagi, merupakan penanganan bagi pasien yang bergejala berat dan harus menggunakan ventilator yang mana perlu mendapatkan perawatan di RSUD Ciamis.

“Jadi kita sudah buatkan alurnya, ketika ada yang positif semua layanan kesehatan  harus menelpon dulu ke PSC Cinta 119 supaya nanti kita rujuk sesuai kriteria di atas,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

Aegis Boost Pro