DKUKMP Ciamis: Pembukaan Banpres UMKM Tahap 3 Hoaks

banpres UMKM tahap 3
Kabid Koperasi dan UMKM, pada DKUKMP Ciamis, Ida Widiawati. Foto: Feri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati terkait beredarnya informasi tentang pendaftaran bantuan presiden (Banpres) UMKM tahap 3 di media sosial.

“Beberapa waktu lalu pernah ada salah satu warga yang datang ke kantor, untuk mengajukan pendaftaran bantuan UMKM tahap 3, katanya di medsos sudah ada pembukaan. Padahal, kami tidak membuka pendaftaran,” kata Kabid Koperasi dan UMKM, pada DKUKMP Ciamis, Ida Widiawati, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: DKUKMP Ciamis Imbau Banpres UKM Jangan Dipakai Foya-foya

Ida mengatakan, sampai saat ini belum ada surat resmi dari kementerian tentang adanya pembukaan pendaftaran bantuan untuk UMKM. Jika memang ada, pasti Dinas langsung menyosialisasikannya kepada seluruh kecamatan untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

“Dari pusat dan provinsinya juga belum ada, kalau benar ada kami juga langsung mengabari masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dari informasi kementerian dan perbankan saat ini baru melakukan realisasi pencairan tahap sebelumnya sampai nanti akhir bulan Januari. Namun, untuk Banpres UMKM tahap 3 sampai saat ini belum ada informasi.

“Saya belum bisa pastikan, tahap 3 itu akan ada atau tidak. Karena, saya juga belum ada pemberitahuan resmi dari provinsi maupun kementerian,” tuturnya.

Ida mengimbau masyarakat agar berhati-hati menyikapi informasi di media sosial, Sebaiknya, kata Ida, cari tahu kebenarannya jangan langsung bertindak. Apalagi jika ada yang mengirimkan link terkait pendaftaran UMKM ke masyarakat, itu jangan ditanggapi.

“Jangan terbawa hoaks, nanti juga kalau benar adanya kita langsung sebar informasinya kepada warga. Jadi, jika ada informasi seputar pembukaan bantuan umkm tahap 3 di medsos mohon kroscek terlebih dahulu kepada kami,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online)

Editor: Ndu