Doa Naik Kendaraan, Baca Agar Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Doa Naik Kendaraan, Baca Agar Mendapatkan Perlindungan Allah SWT
Ilustrasi doa naik kendaraan. Foto: doaharianislami.com

Doa naik kendaraan menjadi hal wajib yang perlu anda lakukan ketika hendak bepergian dengan alat transportasi. Begitu juga saat anda akan menaiki pesawat maupun armada yang lain.

Melakukan perjalanan mungkin sudah bukan hal yang aneh lagi. Bahkan setiap orang melakukannya setiap saat, entah untuk urusan pekerjaan maupun yang lainnya.

Hal ini perlu anda lakukan agar bisa terhindar dari bahaya dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Sehingga meski anda menaiki pesawat, kapal, mobil, kereta, maupun armada lainnya tetap dalam lindungan Allah SWT.

Sebagai umat Islam, anda perlu tahu apa sebenarnya doa yang harus dipanjatkan dalam perjalanan. Kekuatan doa yang ada tersebut mampu melindungi diri ketika berada dalam perjalanan.

Selain itu, dengan membacanya, membuat anda tetap merasa nyaman selama dalam perjalanan. Tidak hanya itu, saja dengan membacanya membuat hati tenang dan tidak gelisah karena sudah berserah kepada Allah SWT.

Dengan membaca doa naik kendaraan, semua sudah menjadi kehendak Allah SWT. Sebagaimana yang telah terjadi pada peristiwa belum lama ini.

Terjadi kecelakaan pesawat di beberapa negara, termasuk Indonesia. Bahkan beberapa hari yang lalu, musibah tersebut terjadi di Indonesia.

Dengan adanya musibah yang terjadi, membuat umat muslim kembali diingatkan. Sehingga senantiasa untuk selalu berdoa dan meminta perlindungan Allah SWT. 

Baca juga: Arti Muhasabah Diri, Hakikat dan Manfaat Menurut Ajaran Islam

Kumpulan Doa Naik Kendaraan

Saat anda ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi apa saja, baik pesawat, kereta, maupun yang lainnya, sebaiknya selalu membaca doa.

Dengan adanya musibah pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Sesuai dengan ajaran agama, melakukan perjalanan pun juga ada doanya.

Doa tersebut mulai dari keluar rumah hingga sampai tujuan. Berdoa memberikan perlindungan anda selama perjalanan sehingga akan tetap nyaman dan tenang.

Bagi anda yang sedang akan melakukan perjalanan dengan transportasi, tidak ada salahnya untuk membacanya terlebih dulu. Ada beberapa kumpulan doa yang harus dibaca, yaitu:

Doa Keluar Rumah

Bacaan doa naik kendaraan juga harus diawali ketika keluar dari rumah. Hal ini sudah ada dalam ajaran agama Islam yang menganjurkan untuk umat Islam amalkan.

Bacaan yang anda baca setelah keluar dari rumah dengan tujuan memperoleh keselamatan. Berikut ini bacaan ketika keluar rumah.

Doa Bepergian Jauh

Setelah membaca doa keluar rumah tentu ada bacaan lain yang bisa anda panjatkan. Ketika bepergian jauh pun ada doanya agar perasaan tidak cemas dan takut.

Sehingga meski anda melakukan perjalanan dengan transportasi apapun, akan tetap tenang. Bahkan saat anda berada dalam perjalanan jauh maupun dekat. Adapun doa yang bisa anda panjatkan yaitu:

Doa Ketika Naik Pesawat

Doa naik kendaraan yang wajib anda amalkan yaitu saat hendak naik pesawat. Sama seperti musibah yang terjadi, hal ini dilakukan agar bisa menenangkan hati dan pikiran.

Doa yang bisa anda panjatkan menjadi bukti permintaan tolong agar tetap dalam lindungan Allah SWT, baik untuk menaiki kendaraan apapun, termasuk pesawat.

Bahkan amalan tersebut menjadi permintaan mohon ampun dan meminta keselamatan. Sehingga semua urusan saat berada dalam perjalanan sudah diserahkan kepada Allah SWT.

Doa Setelah Sampai Tujuan

Memanjatkan doa saat keluar rumah dan dalam perjalanan memang mampu membuat hati tidak cemas kembali. Apalagi jika mendengar musibah pesawat jatuh yang telah merenggut banyak nyawa.

Maka dari itu, ketika sampai ke tempat tujuan pun, anda juga perlu mengamalkan doa yang lain. Setelah sampai tujuan, jangan lupa untuk mengucapkan:

baca juga: Makan Halal dan Haram, Penjelasan dan Contohnya Menurut Agama

Dengan terus mengamalkan doa yang tepat, insyaAllah semua akan baik-baik saja. Namun, itu semua sudah Allah yang mengaturnya.

Maka dari itu, sebaiknya baca doa naik kendaraan saat anda akan melakukan perjalanan dengan transportasi. Hal ini bertujuan agar tetap mendapat keselamatan dari Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid