Doa Penenang Hati dan Pikiran, untuk Minta Pertolongan Allah SWT

Doa Penenang Hati dan Pikiran, untuk Minta Pertolongan Allah SWT
Ilustrasi Doa Penenang Hati dan Pikiran. Foto: inspiradata.com

Doa penenang hati dan pikiran bisa anda baca ketika sedang sedih atau galau. Ada beberapa bacaan yang bisa anda ucapkan sebagai doa.

Setiap manusia bisa merasakan berbagai perasaan, baik gelisah, susah, senang, sedih, dan yang lainnya. Hal tersebut sangat mengganggu pikiran dan hati.

Mungkin bisa karena masalah atau pikiran lain. Agar anda tidak salah jalan dan merasa penat, ada beberapa doa yang biasa dipanjatkan ketika sedang mengalami rasa-rasa tersebut.

Sebagai umat Islam, ada ajaran Rasulullah SAW untuk terus berdoa agar bisa mengingat Allah SWT. Perasaan gelisah menjadi salah satu hal yang sering terjadi dan bahkan semua orang alami.

Sebab, hati bisa dibolak-balikan oleh kondisi dan keadaan. Salah satu cara untuk mengusir rasa gelisah dan membuat hati tenang yaitu dengan cara berdoa.

Doa merupakan bacaan permohonan yang ditunjukkan kepada Allah SWT. Dalam ajaran agama Islam, banyak sekali macam-macam doa yang bisa anda panjatkan.

Dengan membacanya, tentu Allah SWT akan membalas dan mendengar semua permintaan. Salah satunya yang bisa anda lantunkan yaitu doa penenang hati dan pikiran.

Dengan membacanya, membuat hati merasa senang dan nyaman. Sehingga anda akan merasa senang dan tidak merasa gelisah lagi.

baca juga: Doa Naik Kendaraan, Baca Agar Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Doa Penenang Hati dan Pikiran

Setiap manusia memiliki hati dan perasaan masing-masing yang bisa bolak-balik berbeda. Bahkan terkadang ada yang merasa sedih berkepanjangan dan senang selalu.

Ketika pikiran sedih, tentu perasaan pun sedih dan tidak karuan. Bahkan ada banyak orang yang merasa sedih hingga berlarut-larut. Perasaan ini memang kurang stabil.

Sebagai umat Islam, anda perlu tahu apa yang perlu dilakukan ketika masalah ini anda alami. Sebagai umat manusia yang memiliki agama, tentu akan berserah diri hanya kepada Allah SWT.

Kesedihan yang terjadi secara terus-menerus akan berpengaruh pada kondisi pikiran. Sebaiknya anda mengucapkan doa tersebut agar tidak merusak pikiran.

Bagi anda yang sedang gundah, bisa lantunkan bacaan doa berserah diri pada Allah SWT. Berikut ini ada beberapa kumpulan bacaan yang bisa anda lakukan

Doa Pertama

Saat anda merasa gundah atau pikiran sedang kacau, bisa lantunkan bacaan berikut ini. Dengan membacanya agar terhindar dari perasaan khawatir dan cemas. Saat kondisinya seperti itu, jangan menjauh dari Allah SWT.

Sebaiknya baca doa penenang hati dan pikiran. Apalagi bacaan ini ampuh untuk menenangkan hati. Dengan membacanya, perasaan cemas dan menghindari diri dari perasaan gelisah.

Adapun bacaan yang bisa membuat hati tenang yang artinya yaitu:

Bacaan ini juga sudah tertulis jelas pada hadist dan dalil. Sehingga sebagai umat Islam, anda bisa membacanya agar hati lebih tenang.

Kedua

Doa penenang hati dan pikiran yang selanjutnya yaitu mengucap:

Doa ini terletak pada QS Ali Imran ayat 137 yang bisa melindungi anda dengan baik. Maka dari itu, ketika hati gelisah. lebih baik mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga: Nama Malaikat Beserta Tugasnya, Wajib Diketahui dan Diimani

Doa Ketiga

Dalam menenangkan hati, setiap umat Islam memiliki caranya sendiri-sendiri. Namun, sebaiknya bagi yang sedang gelisah, berikut ini ada bacaan yang bisa anda lakukan.

Doa penenang hati dan pikiran yang terakhir terletak pada firman Allah SWT surat Al Baqoroh ayat 250.

Semua ucapan doa dan bacaan yang digunakan itu benar. Maka dari itu, sebaiknya berpedomanlah pada agama ketika sedang mengalami kegelisahan agar tenang dan mendapat pahala.

Sebab, kini anda bisa memilih antara ketiga bacaan tersebut. Bahkan rasa gelisah tersebut bisa hilang. Sebagai umat Islam, sebaiknya tahu apa saja doa penenang hati dan pikiran yang bisa anda lakukan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid