Doa untuk Orang Meninggal, Mampu Meringankan Beban Jenazah

Doa untuk Orang Meninggal, Mampu Meringankan Beban Jenazah
Ilustrasi Doa untuk Orang Meninggal. Foto: fimadani.com

Doa untuk orang meninggal merupakan bacaan yang dipanjatkan khusus untuk seseorang yang telah tiada. Ada beberapa jenis bacaan yang bisa dipanjatkan sesuai dengan ketentuan dalam agama Islam.

Membacakannya pada yang telah meninggal menjadi kewajiban bagi semua orang muslim yang masih hidup. Apalagi jika seseorang yang telah tiada itu merupakan anggota keluarga atau orang tua.

Sebab, doa anak yang sholih dan sholehah menjadi penolong bagi orang tua yang berada di akhirat. Bahkan pahala keduanya akan terus mengalir.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda yang isinya jika seseorang yang telah meninggal terputus amalannya. Namun, ada 3 hal yang tidak terputus yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.

Itulah alasannya mengapa wajib bagi umat muslim yang masih hidup untuk terus mendoakan orang yang telah tiada. Sebab, hanya doalah yang diharapkan oleh orang yang telah meninggal.

Kiriman bacaan untuk orang yang sudah meninggal lebih berarti daripada dunia dan seisinya. Orang yang telah meninggal tersebut akan menjadi bahagia. Hal ini juga tidak terlepas dari kekuatan doa yang sungguh luar biasa.

Baca juga: Doa Naik Kendaraan, Baca Agar Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Macam-Macam Doa untuk Orang Meninggal

Ketika mendengar seseorang yang telah meninggal dunia, biasanya mengucapkan “inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun”. Selain itu, sebagai umat muslim juga dianjurkan untuk melantunkan bacaan kepada orang yang telah meninggal tersebut.

Hal ini bertujuan agar meringankan segala urusan setelah meninggal. Bahkan hal ini menjadi kewajiban dalam anjuran agama Islam.

Ada hadits yang menyebutkan jika seseorang telah melihat orang yang sakit atau meninggal, maka berkatalah yang baik. Sebab, sesungguhnya malaikat mengamini terhadap perkataan yang anda katakan.

Ada lafal yang bisa anda bacakan terhadap orang yang telah meninggal. Ada beberapa macam bacaan yang bisa anda panjatkan ketika ingin mendoakan orang yang telah meninggal.

Doa tersebut biasanya dibaca ketika melaksanakan sholat jenazah takbir ke-3. Namun, bacaan tersebut juga bisa anda lakukan di luar sholat, terutama ketika takziah.

Doa untuk Jenazah Laki-Laki

Doa untuk orang meninggal khusus jenazah pria. Bacaan ini mendoakan jenazah ketika anda sedang takziah atau ketika sholat jenazah, berikut ini lafal doanya:

Doa untuk Jenazah Perempuan

Doa untuk orang meninggal perempuan juga ada bacaannya sendiri. Sebenarnya bacaannya sama hanya saja ada beberapa bagian yang ganti. Sehingga menandakan untuk perempuan. Berikut ini lafal doanya, yaitu:

Lafal untuk Orang Tua yang Sudah Tiada

Selain bacaan kedua sebelumnya, ada juga lafal lain untuk orang tua yang telah meninggal. Bacaan tersebut yang anak lakukan kepada orang tua akan sampai meski telah meninggal.

Baca juga: Doa Penenang Hati dan Pikiran, untuk Minta Pertolongan Allah SWT

Maka dari itu, sebaiknya selalu bacakan untuk orang tua meski saat hidup atau sudah meninggal. Bacaan doa untuk kedua orang tua lafalnya yaitu:

Bacaan ini untuk orang tua yang sudah meninggal atau masih hidup. Itulah beberapa macam bacaan yang bisa anda panjatkan untuk orang yang telah meninggal. Sebab, hanya itulah yang diharapkan oleh semua orang meninggal.

Ada berbagai macam doa untuk orang meninggal, baik laki-laki maupun perempuan. Anda bisa membacanya baik ketika sholat jenazah atau saat takziah. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid