Doni Monardo Belum Divaksin, Keburu Terpapar Corona

Doni Monardo belum divaksin
Doni Monardo, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB saat kunjungan ke lokasi bencana di Mamuju, Sulawesi Barat, bersama Presiden Jokowi, Selasa (19/1/2021). Foto: BNPB

Doni Monardo belum divaksin, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 ini sebenarnya sudah memiliki jadwal vaksinasi awal pekan depan. Namun ia malah keburu terpapar virus Corona.

Egy Massadiah, Tenaga Ahli BNPB, membantah informasi menyesatkan yang tersebar terkait Doni Monardo terinfeksi Covid-19, padahal sudah menerima vaksin.

Menurut Egy, Doni Monardo belum divaksin. “Untuk meluruskan informasi Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari. Padahal Pak Doni Monardo baru akan divaksinas pada pekan depan bersama anggota Satgas Penanganan Covid-19 lainnya,” tutur Egy, dalam siaran pers yang diterima HR Online, Sabtu (23/1/2021). 

Baca Juga: Doni Monardo Positif Covid-19, Ini Riwayat Perjalanannya

Sebelumnya, Doni Monardo mengumumkan dirinya positif Covid-19 pada Sabtu (23/1/2021) pagi. Hasil tes PCR yang ia jalani menunjukkan Doni Monardo positif Covid-19 dengan CT value 25. Sebagai informasi, orang yang negatif Covid-19 memiliki CT Value di atas 40.

“Saya sama sekali tidak merasakan gejala apapun,” ujar Doni.

Meskipun begitu, dalam seminggu ini Doni yang juga Kepala BNPB tersebut melakukan beberapa kunjungan ke berbagai lokasi bencana di Indonesia, yakni ke Sulawesi Barat dan Kalimantan Barat.

Baru pada Jum’at (22/1/2021) kemarin, Doni bersama staf lain yang mendampinginya kembali ke Jakarta. Saat menjalani tes PCR, bukan hanya Doni yang terpapar Covid-19, namun juga salah satu stafnya juga mendapatkan hasil tes PCR positif Covid-19.

“Covid-19 begitu dekat dengan kita, selama ini saya sekuat tenaga patuh dan disiplin menjalani protokol kesehatan, tapi tetap bisa tertular,” katanya.

Baca Juga: Hanya Lepas Masker Saat Makan, Doni Monardo Terinfeksi Covid-19

Doni juga menduga, ia terpapar saat melepas masker ketika makan. Karena hanya saat makan bersama ketika kunjungan ke lokasi bencana Doni melepas masker.

“Saya yakin saat makan bersama dan melepas masker itulah saya tertular,” katanya.

Karena itu, Doni mengimbau masyarakat agar tidak kendor memakai masker, jaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Saat ini Ketua Satgas Penanganan Covid-19 tersebut sedang menjalani isolasi mandiri, sambil tetap memantau perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia. (Ndu/R7/HR-Online)

Editor: Ndu