Donor Darah Keliling PMI Kota Banjar di Sukamukti dapat 18 Labu

Donor darah keliling dilakukan PMI Kota Banjar di Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Jum’at (22/01/2021). Tampak Bhabinkamtibmas Desa Sukamukti, Bripka. Asep Mulyadi, saat melakukan donor darah. Foto: Muhlisin/HR.
Donor darah keliling dilakukan PMI Kota Banjar di Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Jum’at (22/01/2021). Tampak Bhabinkamtibmas Desa Sukamukti, Bripka. Asep Mulyadi, saat melakukan donor darah. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Donor darah keliling dilakukan PMI Kota Banjar, Jawa Barat, sebagai upaya untuk mencukupi stok ketersediaan darah di UDD PMI hingga bulan depan.

Humas PMI Kota Banjar, Alfan Nur Rohman, mengatakan, donor darah keliling salah satunya berlangsung di Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jum’at (22/01/2021).

Menurutnya, saat donor darah keliling di desa tersebut, antusias masyarakat cukup bagus. PMI mendapatkan 18 labu dari para pendonor yang menyumbangkan darahnya.

“Hasil 18 labu dari para pendonor tersebut memang belum bisa mencukupi stok kebutuhan persediaan darah di UDD PMI sampai bulan depan. Karena, stok yang tersedia saat ini cukup minim,” kata Alfan.

Ia menyebutkan, stok ketersediaan darah yang ada saat ini hanya 36 labu darah. Rinciannya, untuk golongan darah O sebanyak 17 labu, golongan darah A tersedia 4 labu. Kemudian, golongan darah B ada 12 labu, dan golongan darah AB tersedia 3 labu.

“Stok yang tersedia jumlahnya ada 36 labu. Itu pun hampir semua sudah ada yang pesan oleh pasien yang membutuhkan. Jadi kondisinya saat ini memang menipis,” terang Alfan.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Jumlah Pendonor di Kantor PMI Kota Banjar Turun Drastis

Polsek Pataruman Ajak Warga Donor Darah

Sementara itu, Polsek Pataruman melalui Bhabinkamtibmas Desa Sukamukti, Bripka. Asep Mulyadi, mengajak warga masyarakat meningkatkan kepedulian sosial dan kemanusiaan dengan cara donor darah.

Ajakan itu ia sampaikan saat acara donor darah keliling PMI Kota Banjar, bertempat di halaman Masjid Jami Al-Huda, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman.

Kapolsek Pataruman, Iptu. Achmad Daryanto, menambahkan, dalam menjalankan tugasnya, Bhabinkamtibmas dan Babinsa mempunyai peran penting menjadi garda terdepan melakukan pembinaan kepada masyarakat.

Pembinaaan tersebut bisa melalui aktivitas menjaga keamanan lingkungan, mengajak kepedulian sosial, atau kegiatan lainnya. Seperti halnya memberikan edukasi warga agar mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi ini.

“Pembinaaan itu merupakan bagian kewajiban dan tugas kita sebagai anggota Polri, untuk selalu membantu warga masyarakat. Terutama mereka yang membutuhkan,” kata Iptu. Achmad Daryanto. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah