DPRKPLH Ciamis Usulkan 1.015 Rumah dapat Bantuan Rutilahu 2021

Rutilahu Ciamis 2021
Kabid Permukiman dan Perumahan DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, telah mengusulkan 1.015 unit rumah untuk mendapatkan bantuan rutilahu tahun 2021.

“Kemungkinan besar akan terlaksana pertengahan atau akhir tahun ini. Yang 1.015 itu dari Provinsi, ada penambahan dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan saja yang kita usulkan itu sesuai yang kita harapkan nanti hasilnya,” ucap Kabid Permukiman dan Perumahan DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi, Rabu (27/1/2021) Kepada HR Online.

Aris mengatakan, program rutilahu di Ciamis yang saat ini sedang berjalan baru program tahun 2020, sedangkan untuk program tahun 2021 saat ini baru diajukan. Karena, sebelumnya ada refocusing data.

Untuk tahun 2020, lanjutnya, ada sekitar 1.458 unit rutilahu yang dibangun dengan rincian anggaran dari Provinsi 780 unit, BSPS 476 unit, dan APBD sebanyak 46 unit.

“Kalau dari BSPS dan APBD itu semuanya sudah selesai. Sekarang yang belum selesai itu dari Provinsi yang 780 unit,” katanya.

Aris juga mengajak masyarakat agar melakukan swadaya atau gotong royong dalam pembangunan rutilahu warga yang tidak mampu.

Baca Juga: BSPS dan Rutilahu di Ciamis Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

Menurutnya, nilai gotong royong swadaya masyarakat terhadap program rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada warga yang kurang mampu sangatlah penting bagi suksesnya program tersebut.

“Dalam program rutilahu ini bantuannya berbentuk langsung barang bukan uang. Jadi gotong royong dengan sesama masyarakat harus terjalin dengan baik,” tuturnya.

Rutilahu Ciamis Tahun 2021 untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Aris menjelaskan, program rutilahu ini untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) kemudian mempunyai lahan atau tanah milik sendiri.

“Dalam rutilahu ini dana yang dapat untuk pembangunan yakni Rp. 17,5 juta. Itu berbentuk barang material bangunan. Maka dari itu, kita telah bekerjasama dengan toko material di Ciamis untuk menyuplai barang bagi warga yang dapat rutilahu,” jelasnya.

Aris menambahkan, program rutilahu ini sangat bagus. Karena banyak membantu masyarakat yang kurang mampu dalam mengatasi kebutuhan hunian bagi warga kurang mampu.

“Kita harus jaga program ini karena banyak masyarakat yang membutuhkannya. Maka dari itu, saya harap program ini terus berlanjut kedepannya,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online)

Editor: Ndu