Fungsi dari Alveolus Sebagai Tempat Perpindahan Udara dalam Tubuh

Fungsi dari Alveolus Sebagai Tempat Perpindahan Udara dalam Tubuh
Ilustrasi fungsi dari alveolus. Foto: bobo.grid.id

Fungsi dari alveolus cukup penting pada sistem pernafasan. Tidak hanya satu manfaat dari adanya organ tersebut. Alveolus merupakan dinding tipis dengan ukuran mencapai 200-300 mikrometer.

Sehingga adanya organ tersebut membuat paru-paru memiliki ruang yang cukup luas. Bahkan luas paru-paru memiliki perkiraan mencapai sekitar 100x lebih luas dari permukaan tubuh.

Pada paru-paru manusia terdapat gelembung yang berisikan udara dengan jumlah yang banyak. Itulah yang bisa dikenal dengan alveolus atau alveoli.

Organ pada paru-paru tersebut memiliki dinding tipis yang mengandung kapiler darah. Dalam dinding tersebut akan terjadi pertukaran gas O2 atau oksigen dengan CO2 atau karbondioksida.

Pertukaran tersebut terjadi dari sel-sel darah dalam tubuh manusia ke udara bebas. Fungsi dari alveolus pada sistem pernafasan cukup besar.

Meski ukurannya kecil, namun tidak sebanding dengan fungsinya yang sangat penting. Setiap makhluk yang hidup tentu bisa bernafas.

Dalam sistem pernafasan manusia melibatkan banyak organ penting dalam tubuh. Bahkan semua organ yang ada di dalamnya memiliki fungsi masing-masing.

Hal ini juga berlaku pada alveolus yang ada dalam paru-paru. Sehingga anda perlu tahu apa fungsi dan peranan dalam proses pernafasan.

Baca Juga: Ciri Jaringan Ikat, Sel Penyusun dan Fungsi Umum dalam Tubuh Kita

Fungsi dari Alveolus pada Sistem Pernafasan

Dalam sistem pernafasan manusia terdiri dari berbagai organ yang memiliki peranan penting. Salah satunya yaitu alveolus. Organ yang satu ini memiliki ukuran kecil bulat dan lembab pada permukaan luarnya.

Bahkan fungsinya juga bisa dirasakan oleh hewan mamalia. Manusia itu sendiri memiliki banyak organ tersebut dalam tubuh. Terdapat 170 alveolus pada setiap kubik milimeter jaringan paru-paru.

Semua organ tersebut terletak pada ujung tabung bronkiolus. Sebenarnya fungsi utama dari organ tersebut yaitu untuk tempat pertukaran udara yang masuk O2 dan udara keluar atau CO2.

Bagi anda yang masih kurang jelas akan fungsi organ tersebut, ini penjelasannya. Berikut ini ulasan selengkapnya, antara lain:

1. Tempat Terjadinya Pertukaran Gas

Fungsi dari alveolus yang pertama sudah cukup jelas. Jika organ tersebut sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida.

Hal ini terjadi pada dinding yang terlapisi oleh sel-sel tipis datar yang memiliki banyak kandungan kapiler. Pertukaran tersebut bersifat difusi pasif sehingga sel-sel pada organ tidak membutuhkan energi untuk dibakar.

Selanjutnya oksigen berdifusi ke dalam darah yang berada dalam gradien oksigen dengan konsentrasi rendah. Itulah fungsi utama organ tersebut dalam pernafasan.

2. Tempat Pertukaran Gas Alveolus Menuju Kapiler Darah

Fungsi dari alveolus yang kedua yaitu tempat pertukaran gas dari alveolus menuju kapiler darah. Proses pertukarannya yaitu O2 yang ada pada alveolus melakukan difusi.

Selanjutnya menembus dinding kapiler darah yang menyelubung alveolus, kemudian masuk dalam pembuluh darah. Darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan dalam sel tubuh O2 berfungsi untuk proses oksidasi.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Hormon dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

3. Tempat Pertukaran Darah dari Kapiler Darah Menuju Alveolus

Fungsi dari alveolus dalam pernafasan manusia juga berlaku pada sistem sebaliknya. CO2 merupakan hasil dari proses pembentukan energi yang dilakukan oleh O2 yang masuk dalam tubuh.

Jadi, selain energi, proses tersebut juga menghasilkan CO2. Ketika manusia dalam kondisi normal, akan menghasilkan CO2 sekitar 200cc per hari.

Sedangkan yang terlarut hanya sekitar 4,3 cc saja. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya H2CO2 mengakibatkan darah menjadi asam. Agar keasaman tersebut bisa netral kembali, maka dibutuhkan ion Na+ dan ion K+.

Selanjutnya CO2 akan lepas kembali ke paru-paru melalui aliran darah. Dalam proses tersebut CO2 dan H2CO@ akan terurai dimana asam karbonat menjadi air dan CO2 kembali.

4. Tempat Penyimpanan Udara dalam Tubuh

Selain sebagai tempat pertukaran gas, alveolus juga bisa bermanfaat sebagai tempat penyimpanan udara. Namun, sifatnya sementara waktu saja.

Proses ini menjadi satu kesatuan dalam sistem respirasi manusia. Sehingga membuat manusia bisa bernafas dengan baik setiap hari. Itu termasuk peranan alveolus.

Setiap manusia yang bernafas tentu menggunakan organ yang memiliki peranan penting. Salah satu yang bisa anda temui yaitu adanya berbagai organ penting dalam tubuh.

Proses  pernafasan menggunakan komponen penting yaitu alveolus. Ada banyak fungsi dari alveolus yang membantu sistem pernafasan berlangsung. (R10/HR Online)

Editor: Jujang