Fungsi DLNA di HP Oppo, Akses File Multimedia ke Perangkat Lain Mudah

Fungsi DLNA di HP Oppo
Ilsutrasi Fungsi DLNA di HP Oppo. Foto: m.youtube.com

Fungsi DLNA di HP Oppo cukup bermanfaat bagi para penggunanya. DLNA adalah adalah salah satu fitur yang bermanfaat untuk mengakses berkas multimedia seperti gambar, video, hingga musik.

Berkas tersebut tersimpan pada satu perangkat yang dapat anda akses melalui perangkat lain tanpa adanya sambungan kabel. Dengan hadirnya fitur canggih ini, maka berkas multimedia yang terdapat pada smartphone dapat anda akses langsung dengan berbagai perangkat digital lain seperti laptop, komputer, TV, tablet, maupun smartphone.

Maka berkas tersebut tidak perlu berpindah tempat untuk dapat anda nikmati pada perangkat lain. Hal ini berlaku pada perangkat yang support Digital Living Network Alliance atau DLNA. Salah satunya pada beberapa smartphone dari Oppo.

Fungsi DLNA di HP Oppo

Pada awalnya Digital Living Network Alliance (DLNA) bernama Digital Home Working Group (DHWG). Yang merupakan organisasi nirlaba perdagangan kolaboratif yang terdiri dari 250 lebih perusahaan.

Dengan hadirnya DLNA dapat memudahkan para pengguna untuk bisa mengakses, berbagi, serta menikmati beragam multimedia antar perangkat yang terhubung.

Pada umumnya, DLNA dapat anda operasikan dengan menggunakan jaringan nirkabel, Wifi, satelit, hingga penyedia layanan telekomunikasi. Menariknya lagi, DLNA dapat anda jalankan tanpa harus menggunakan jaringan internet atau offline.

Pengertian DLNA

Sesuai dengan fungsi DLNA di HP Oppo, pengertian dari DLNA itu sendiri adalah salah satu fitur yang dapat anda gunakan untuk mengakses berbagai jenis dokumen multimedia yang tersimpan pada satu perangkat lain dengan menggunakan koneksi Wifi atau router.

Dengan menggunakan fitur ini, dokumen multimedia yang tersimpan pada smartphone dapat anda nikmati melalui perangkat digital lain tanpa harus memindahkannya.

Baca Juga : Fungsi Panorama di Kamera HP untuk Foto Pemandangan, Ini Tipsnya!

Hal penting yang harus anda perhatikan dalam mengakses dokumen multimedia tersebut adalah perangkat digital yang akan anda hubungkan support fitur DLNA.

Fungsi DLNA di HP Oppo juga dapat bermanfaat untuk pemersatu berbagai alat elektronik agar dapat terhubung satu sama lain. Lalu melakukan kegiatan konten meskipun berbeda produsen. Dalam hal ini, tentu para produsen akan memberikan nama tersendiri dalam menyebut fitur DLNA.

Syarat Memanfaatkan Fitur DLNA

Agar fungsi DLNA di HP Oppo dapat maksimal, terdapat beberapa persyaratan yang harus anda penuhi yang antara lain tersedia jaringan dalam rumah, baik menggunakan kabel (LAN) atau tanpa menggunakan kabel (Wifi atau Wireless).

Syarat selanjutnya perangkat-perangkat elektronik yang anda gunakan memperoleh dukungan fitur DLNA. Semua perangkat yang terdapat fitur DLNA harus terhubung dengan modem router, baik secara wireles atau dengan kabel LAN.

Baca Juga : Fungsi Sensor Accelerometer pada Android dan Cara Pengunaannya

Selanjutnya setelah semua perangkat terhubung dengan modem router, maka kita dapat saling berbagi konten antara perangkat yang anda gunakan.

Semua perangkat yang terhubung pada jaringan dalam rumah akan bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing. Berdasarkan fungsi masing-masing, maka perangkat tersebut terdiri dari beberapa bagian yang terdiri dari media server, medialengsung player, media renderer, hingga media controller.

Cara Menggunakan Fitur DLNA pada HP Oppo

Untuk dapat mengaktifkan fungsi DLNA di HP Oppo, maka pengguna dapat mengakses layanan pengolah berkas bawaan pada smartphone tersebut.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat memilih langsung menu yang berlambang titik yang selanjutnya akan hadir tombol DLNA. Setelah masuk pada halaman DLNA, maka pengguna dapat langsung aktifkan fitur DLNA dengan tekan tombol Start Service.

Akan tetapi, dalam hal ini, pastikan terlebih dahulu HP Oppo beserta perangkat komputer yang akan gunakan terhubung dengan koneksi WiFi atau router yang sama.

Langkah berikutnya setelah DLNA hidup, pengguna dapat melihat smartphone yang sudah terhubung pada komputer Windows pada perangkat lunak Windows Explorer.

Smartphone akan tampak pada Media Device yang terdapat pada Network. Pada umumnya, nama smartphone bawaan akan berupa kode R8106.

Baca Juga : Memanfaatkan Android Rusak, Daur Ulang Hingga Jadi Remote Control

Akan tetapi, pengguna dapat mengganti namanya langsung pada perangkat HP yang anda gunakan tersebut. Pada saat membuka smartphone pada Windows Explorer, maka secara otomatis Windows Media Player pun berjalan.

Yang kemudian pengguna dapat langsung memainkan berkas multimedia yang ada. Setelah mengetahui fungsi DLNA di HP Oppo secara rinci tersebut, maka anda pun dapat dengan mudah untuk mengakses file multimedia anda dengan perangkat lain yang anda miliki. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto