Fungsi Fitur Hibernasi Android 12, Sebagai Alternatif Menghemat Memori

Fungsi Fitur Hibernasi Android 12, Sebagai Alternartif Menghemat Memori
Ilustrasi Fungsi Fitur Hibernasi Android 12. Foto: gizchina

Fungsi fitur hibernasi Android 12 salah satunya adalah dapat membantu mengurangi ukuran aplikasi. Para tim Android Open Source Project dinyatakan tengah mengembangkan adanya fitur yang bertajuk hibernasi.

Menurut informasi yang beredar, fitur canggih ini memiliki kemampuan untuk mengurangi jejak memori dari aplikasinya yang sedang atau tidak digunakan oleh para pengguna.

Hingga saat ini, fitur hibernasi masih dalam tahap awal pengembangan. Akan tetapi, kemungkinan fitur ini akan hadir pada sistem operasi Android versi terbaru, yakni Android 12. Sesuai laporan GSM Arena, hingga saat ini belum terdapat informasi resmi mengenai tanggal perilisan Android 12 tersebut.

Pengertian dan Cara Kerja Fungsi Fitur Hibernasi Android 12

Android 12 yang merupakan operation system terbaru akan dirilis oleh Android setelah kehadiran Android 11 pada Februari 2020 lalu.

Sistem operasi ini akan memperoleh bekalan adanya fitur hibernasi yang dapat memungkinkan perangkat untuk mengurangi pemakaian ruang penyimpanan.

Menurut Android Authority, XDA Developers menyatakan bahwa terdapat beberapa perubahan kode yang dikirim oleh pihaknya kepada Android Open Source Project (AOSP).

Hadirnya kode-kode tersebut merujuk pada fitur dengan sebutan “Hibernasi Aplikasi”. Menurut pendapat dari Tech Radat yang menyatakan bahwa perubahan tersebut hadir pada proyek Android secara real-time.

Baca Juga : Mengubah Ukuran Font pada Android, Mudah dan Efektif

Lalu menunjukkan bahwa Google akan berencana untuk memperkenalkan fitur hibernasi sebagai cara dalam pengoptimalan ruang penyimpanan.

Pengertian Fitur Hibernasi

Sebelum mengulas mengenai fungsi fitur hibernasi Android 12, ada baiknya kita mengetahui secara pasti pengertian dari fitur hibernasi.

Kata hibernasi sebenarnya berasal dari proses penghematan makanan oleh hewan pada saat terjadi kelangkaan makanan. Begitu pula mengenai Hibernasi Aplikasi yang terdapat pada perangkat Android.

Fitur hibernasi merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna pada perangkat Android melakukan hibernasi dalam sebuah aplikasi. Hibernasi Aplikasi merupakan suatu bentuk upaya penghematan energi pada saat daya baterai mulai menipis.

Hal ini bertujuan untuk menghentikan atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan secara diam-diam pada latar belakang atau background. Atau penghematan ruang penyimpanan dalam perangkat Android terkait dengan penggunaan suatu aplikasi.

Mengetahui Fungsi Fitur Hibernasi Android 12

Dengan adanya pemantauan mengenai ukuran aplikasi berat, terutama pada game, hal ini selalu meningkat secara massif selama penggunaannya.

Lalu dapat berpotensi untuk menyebabkan fitur hibernasi menjadi alternatif terakhir dalam membantu pengguna dalam mengoptimalkan kapasitas memori.

Para pengguna perangkat Android seringkali kehabisan tempat penyimpanan data aplikasi baru. Pasalnya, banyaknya data yang tersimpan dalam perangkat. Dengan hadirnya fungsi fitur hibernasi Android 12, tentunya para pengguna dapat bernafas lega.

Menurut pernyataan 9to5Google, perubahan AOSP telah memberikan adanya isyarat nyata mengenai sistem yang dapat menyegarkan ponsel serta mengoptimalkan memorinya.

Sesuai dengan kutipan Antaranews, menyatakan bahwa pada saat pengguna perangkat menggunakan fitur hibernasi pada sebuah aplikasi, maka cache yang telah mengisi penyimpanan serta terkait dengan aplikasi yang sudah terpilih akan terhapus.

Hingga saat ini tidak terdapat informasi mengenai pembersihan penyimpanan lain. Seperti aplikasi yang sudah tidak aktif, apakah hal tersebut termasuk dalam fitur hibernasi atau tidak.

Baca Juga : Fungsi DLNA di HP Oppo, Akses File Multimedia ke Perangkat Lain Mudah

Akan tetapi, mengenai cara kerja mulai dari langkah awal dengan membersihkan cache telah terulas dengan baik. Pasalnya, cache dari aplikasi yang aktif akan dapat beranak pinak dan hal ini terjadi tanpa kita sadari.

Dengan adanya fungsi fitur hibernasi Android 12, harapannya dapat membantu pengguna untuk memperluas ruang memori penyimpanan yang tadinya penuh oleh cache.  Dari nama fitur tersebut, kemungkinan bahwa aplikasi tidak akan terinstall secara permanen.

Cara Kerja Fitur Hibernasi Android 12

Nantinya akan ada sejumlah cara guna membuatnya menjadi lebih kecil agar menghemat ruangan pada kapasitas memori, yang bersama dengan layanan pembersihan cache sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mengganti Device ID Android dengan Mudah dan Aman

Selanjutnya aplikasi kemungkinan akan kembali pada ukuran sebelumnya atau ukuran aslinya ketika pengguna ingin membangunkan aplikasi dari hibernasi.

Perlu anda ketahui, hadirnya fitur hibernasi tersebut tidak berhubungan dengan fungsi hibernasi yang muncul pada sejumlah aplikasi serta modul Xposed meskipun mengusung nama yang serupa.

Meskipun secara sepintas telah terungkap fungsi fitur hibernasi Android 12, akan tetapi hingga saat ini belum terdapat informasi mengenai sistem kerja dari fitur ini. Apakah akan bekerja secara otomatis atau pengguna dapat memiliki aplikasi yang akan memperoleh proses hibernasi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto