Fungsi Kolagen untuk Tubuh, Atasi Nyeri Sendi dan Bikin Awet Muda

fungsi kolagen untuk tubuh
Kenali fungsi kolagen untuk tubuh. Foto: Ist/Net

Tahukah Anda jika fungsi kolagen untuk tubuh sangat penting khususnya Anda yang mulai beranjak dewasa. Manfaat dan fungsi kolagen sangat baik untuk perawatan kulit, mengatasi nyeri sendi, dan mengoptimalkan kerja organ tubuh.

Dalam perawatan kulit tubuh tak bisa lepas dari kolagen. Bahan ini berguna dalam memberikan berbagai manfaat seperti mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Karena itu kebanyakan wanita umumnya mengenal bahan ini.

Bentuk kolagen berupa protein yang banyak kita temukan dalam kulit, tulang, ligamen, otot, dan tendon. Kolagen sebetulnya sudah ada dalam tubuh secara alami dan berperan penting untuk kesehatan kulit, sendi, dan metabolisme tubuh.

Namun seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen juga akan menurun. Akibatnya, tubuh harus mendapatkan asupan makanan yang merangsang produksi kolagen.

Salah satu fungsi kolagen untuk tubuh adalah mengencangkan kulit. Kekurangan senyawa ini akan membuat kulit menjadi keriput. Jika kita perhatikan, sejak kita kecil maka kulit terlihat kencang.

Baca juga: Makanan Penghasil Kolagen Terbaik Bikin Kulit Sehat dan Awet Muda

Saat memasuki usia dewasa dan makin bertambahnya usia akan membuat kulit semakin kendur secara alami. Namun selain untuk kulit masih banyak manfaat kolagen lainnya yang tak kalah pentingnya.

Beragam Fungsi Kolagen untuk Tubuh

Kolagen terkenal sebagai senyawa yang penting untuk tubuh. Meskipun kebutuhan tubuh relatif kecil, kekurangan unsur ini akan memicu berbagai gangguan. Untuk mengetahui apa saja fungsi kolagen untuk tubuh, yuk simak ulasan berikut ini.

Mengencangkan dan Menyehatkan Kulit

Seperti telah disebutkan, manfaat paling berarti dan dapat kita rasakan langsung dari kolagen adalah kulit yang sehat dan kencang. Kulit wajah juga akan terlihat lebih cantik dan terhindar dari munculnya garis penuaan dini.

Banyak studi menemukan manfaat kolagen dalam tubuh. Antara lain kemampuannya membuat kulit lebih kencang, mencegah penuaan dini, dan kelembapan kulit yang lebih terjaga.

Karena itu kadar kolagen dalam tubuh penting untuk kita ketahui. Hal itu supaya kulit tetap cerah dan sehat. Cara alami memperoleh kolagen adalah dengan mengonsumsi makanan seperti ikan, sayuran hijau, susu, daging, dan telur.

Membantu Mengurangi Selulit Perut

Fungsi kolagen untuk tubuh juga kemampuannya dalam membantu mengurangi risiko selulit dalam tubuh. Selulit adalah benjolan lemak yang berada pada area perut, paha, pinggul, dan pantat.

Ciri-ciri dari tonjolan selulit akan menampilkan bentuk kulit yang mengombak seperti kulit jeruk dengan permukaan tidak rata. Faktor yang membuat adanya selulit terutama karena berat badan turun secara drastis.

Begitu juga faktor jumlah minyak dalam tubuh terlalu banyak maupun karena perubahan hormon juga bisa menyebabkan selulit. Untuk mengatasi selulit pada perut, kita bisa mengonsumsi makanan atau suplemen dengan kandungan kolagen tinggi.

Mengatasi Nyeri Sendi

Fungsi kolagen untuk tubuh juga penting bagi orang lanjut usia. Karena berada pada tulang dan otot, kolagen juga bisa memberikan manfaat untuk mengurangi rasa nyeri sendi.

Kolagen yang makin berkurang seiring bertambahnya usia akan berdampak pada kesehatan tulang. Ini akan meningkatkan risiko terserang penyakit nyeri sendi atau populer dengan sebutan osteoarthritis.

Mengonsumsi makanan atau suplemen kolagen bisa mengatasi gangguan ini. Tercukupinya kolagen dalam tulang dan otot penting untuk membantu tubuh terhindar dari nyeri sendi atau osteoarthritis.

Meningkatkan Kerja Organ

Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya kolagen dalam tubuh. Fungsi kolagen untuk tubuh lainnya yang tak kalah penting adalah meningkatkan kinerja organ dalam.

Kolagen dapat membantu pembuluh darah bekerja secara optimal. Kalau tidak ada kolagen dalam pembuluh darah bisa berakibat fatal. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku, lemas, dan rapuh.

Baca juga: 9 Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi untuk Kulit dan Tulang

Manfaat lain kolagen terhadap organ dalam tubuh antara lain untuk membantu kerja sistem pencernaan, lebih tepatnya usus. Jika usus kehilangan senyawa kolagen maka dapat memicu timbulnya penyakit seperti peradangan usus.

Sebab kolagen berperan penting sebagai senyawa yang membantu sistem pencernaan dengan membuat jaringan saluran cerna. Hal ini akan membuat usus tetap sehat.

Itulah berbagai fungsi kolagen untuk tubuh yang sangat penting. Mengenal kondisi tubuh sangat penting dengan mengonsumsi berbagai makanan kaya kolagen. Sehingga tubuh lebih sehat, kulit wajah lebih cantik, dan terhindar dari gangguan sendi. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara