Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi Mata Kaki, Tumit dan Telapak kaki yang Jarang Diketahui

Fungsi Mata Kaki, Tumit dan Telapak kaki yang Jarang Diketahui

Fungsi mata kaki mungkin belum banyak yang mengetahui. Padahal, setiap bagian tubuh manusia mempunyai peran atau fungsi yang sangat penting.

Seperti yang telah kita ketahui, jika kaki kita pakai untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berjalan, berdiri, hingga bergerak dari tempat yang satu ke tempat lainnya.

Lalu, pada kaki kita terdapat beberapa bagian, salah satunya adalah mata kaki. Bagian yang menonjol pada pergelangan kaki kita tersebut terdiri atas sejumlah otot yang kokoh.

Fungsi Mata Kaki

Perlu kita akui, jika tubuh kita memang lengkap dengan anggota-anggota yang berfungsi penting dan tidak dapat kita sepelekan. Walaupun terkadang, terdapat beberapa bagian yang seringkali kita sepelekan, bahkan kita anggap tidak penting. 

Salah satunya adalah bagian mata kaki. Pernahkah anda memiliki pertanyaan tentang apa sebenarnya fungsi dari bagian tersebut?

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh manusia. Selain melengkapi serta memperindah anatomi tubuh, juga memiliki fungsi untuk berjalan. Walaupun hampir sama, akan tetapi bentuk dari kaki setiap orang dengan orang yang lain berbeda-beda.

Inilah mengapa menjadi hal cukup penting dari fungsi salah satu bagian menonjol pada kaki. Berhubungan dengan bagian-bagian dalam mata kaki tersebut merupakan tulang dan otot, maka wajib untuk kita semua ketahui mengenai fungsi mata kaki.

Baca Juga: Fungsi Tulang Kering dan Resiko Gangguan yang Perlu Kita Ketahui

Tulang Menonjol pada Kaki

Melansir Wikipedia, mata kaki atau pergelangan kaki (ankle) atau sering kita dengar dengan istilah daerah talocrural merupakan wilayah yang mana bertemunya kaki bagian atas dan kaki bagian bawah.

Pada saat kita berjalan, daerah atau wilayah ini berperan sangat penting agar pergerakan kita dapat dengan leluasa dan tanpa kendala.

Pada pergelangan kaki inilah fungsi mata kaki berada dan bentuknya menonjol pada bagian kanan dan juga kiri serta terdapat otot yang kuat.

Mata kaki juga terdiri atas ujung-ujung dari tulang kering, betis, dan tumit. Seperti yang telah kita ketahui jika pergelangan kaki memiliki fungsi sebagai penyangga dari berat tubuh kita.

Bahkan juga pada saat kita sedang bergerak dan berjalan atau berlari. Jadi, fungsi dari mata kaki memiliki arti sebagai bagian pergelangan kaki yang melindungi sendi engsel pada kaki kita.

Tak hanya itu saja, fungsi mata kaki untuk poros penggerak pada area telapak kaki dan juga otot betis. Dengan demikian, tanpa adanya mata kaki, maka kita tidak dapat berjalan dan berdiri dengan cara yang seimbang dan kokoh.

Fungsi Tumit

Sementara itu, tumit juga merupakan salah satu bagian dari tulang kaki dan bagian dari sistem tulang. Letaknya ada pada bagian belakang dan akan mengalihkan bobot tubuh di atas tanah ke bagian belakang. Lalu, pada tumit juga terselimuti banyak serabut saraf serta otot.

Jika mengalami rasa nyeri, maka hal tersebut dapat berasa dari salah satu atau kombinasi dari saraf, otot, atau tulang tumit. Sementara itu, fungsi tumit berbeda dengan fungsi mata kaki. Ini merupakan penyangga berat tubuh, khususnya saat sedang untuk berjalan serta berlari.

Baca Juga: Jenis Tulang Rawan dan Fungsinya Untuk Melindungi Organ Manusia

Fungsi Telapak Kaki

Salah satu bagian dari tubuh yang berguna dalam pergerakan adalah telapak kaki. Bagian tubuh ini mempunyai lapisan kulit paling tebal yang tubuh miliki.

Bagian telapak kaki ini tidak terdapat bulu dan juga pigmen. Akan tetapi, mempunyai konsentrasi pori-pori keringat yang cukup tinggi. Fakta yang satu ini penting untuk anda tahu dan juga pahami secara baik.

Kemudian, bentuk dari kaki orang dewasa biasanya melengkung. Persarafan dari telapak kaki ini terdiri atas ujung saraf, maka akan sangat sensitif terhadap sentuhan serta pada permukaan yang mereka langkahi.

Fungsi telapak kaki merupakan sebagai pijakan ketika tubuh dalam keadaan berdiri atau sedang dalam keadaan berjalan Hal ini tak lain supaya menjadi seimbang dan tidak goyah.

Inilah mengapa fungsi mata kaki, tumit, serta telapak kaki menjadi sangat penting untuk kita ketahui. Tentu saja agar semakin mengerti mengenai apa yang menjadi fungsi dari bagian-bagian tubuh manusia. Dengan demikian, kita akan senantiasa menjaga kesehatannya agar aktivitas tetap berjalan dengan lancar. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img