Fungsi Pupil pada Mata dan Faktor Penyebab Perubahan Ukurannya

0
1
Fungsi Pupil pada Mata
Ilustrasi Fungsi Pupil pada Mata. Foto: Ist/Net

Fungsi pupil pada mata yang utama yaitu untuk memungkinkan cahaya dapat memasuki mata. Sehingga bisa fokus pada retina dalam memulai proses penglihatan. 

Bagian dari mata ini terletak pada tengah iris mata, yakni bagian yang memberikan warna untuk mata. Untuk bekerja sesuai dengan fungsinya, pupil akan melebar pada saat berada dalam tempat yang gelap. 

Hal tersebut berguna untuk menangkap cahaya lebih banyak. Namun juga sebaliknya, akan mengecil saat berada pada kondisi tempat yang lebih terang. Mengecilnya pupil juga terpengaruh karena fokus penglihatan terhadap suatu objek.

Ukuran dan Fungsi Pupil pada Mata

Mengutip Wikipedia, mata manusia merupakan sebuah organ yang mana dapat bereaksi dengan cahaya serta mempunyai sejumlah kegunaan. Mata juga sebagai indera penglihatan yang mana terdapat beberapa bagian yang fungsional dan saling berkaitan.

Terdapat sel batang dan juga kerucut retina yang nantinya akan menyesuaikan persepsi cahaya sadar serta penglihatan. Hal ini layaknya diferensiasi warna dan juga persepsi kedalaman. Dalam organ mata terdapat salah satu bagian yang sangat penting, yaitu pupil.

Pupil adalah salah satu bagian organ mata. Yang mana fungsi pupil pada mata secara umum sebagai tempat yang menerima cahaya masuk menuju retina.

Biasanya, pupil memiliki atau terlihat bulat sempurna dengan ukuran yang sama dan warnanya hitam. Warna hitam yang ada tersebut merupakan hasil cahaya yang melaluinya terserap oleh retina dimana tidak kembali memantul, dalam pencahayaan yang normal.

Jika pupil memiliki warna yang keruh maupun pucat, hal tersebut terjadi karena pada lensa mata (yang ada pada bagian belakang pupil), menjadi lebih buram atau keruh.

Hal ini terjadi karena pembentukan katarak. Saat lensa keruh tersebut berganti dengan lensa intraokular yang bening (IOL) sepanjang operasi katarak, maka penampakan pupil yang normal akan kembali pulih seperti sedia kala.

Baca Juga: Fungsi dari Alveolus Sebagai Tempat Perpindahan Udara dalam Tubuh

Pupil Bisa Mengalami Perubahan Warna

Dalam kondisi tertentu, pupil dapat mengalami perubahan warna. Seperti ketika seseorang tengah melakukan foto dengan lampu flash, maka pupil akan tampak merah terang.

Hal ini terjadi karena cahaya yang cukup kuat dari lampu kilat yang memantul dari warna merah pada retina. Fungsi pupil pada mata sendiri bersama dengan iris, yakni mengontrol kuantitas cahaya yang masuk ke dalam mata.

Hal ini dapat kita ketahui cara kerjanya, ibarat kamera, maka pupil adalah bukaan kamera. Sedangkan iris adalah diafragma yang mengontrol ukurannya. Ukuran dari organ mata ini pun terpengaruh dari otot-otot yang mengendalikan dalam iris.

Terdapat satu otot yang melakukan konstruksi pembukaan oleh pupil yang mana menyebabkan lebih kecil. Lalu, otot iris yang lain akan melebarkan pupil, yang mana menjadikannya lebih besar.

Baca Juga: Enzim pada Mulut dan Fungsinya yang Penting Dalam Sistem Pencernaan

Ukuran Pupil

Ukuran yang berbeda, bisa membesar dan mengecil, dapat terpengaruh dari cahaya yang masuk. Pada kondisi yang minim akan cahaya, maka pupil mengalami pembesaran ukuran.

Hal tersebut untuk mengambil cahaya agar dapat masuk dan mencapai pada retina lebih banyak, sehingga penglihatan pun menjadi lebih maksimal.

Lalu, untuk kondisi yang lebih terang, fungsi pupil pada mata akan mengalami pengecilan atau menyempit untuk menghalangi cahaya yang masuk lebih banyak.

Terlalu banyak cahaya yang masuk akan mengakibatkan silau dan ketidaknyamanan. Bahkan, hal tersebut juga dapat membahayakan retina dan lensa mata. Untuk ukuran pupil tiap orang pun berbeda-beda.

Terdapat sejumlah orang mempunyai ukuran pupil yang lebih besar dari yang lain. Lalu sebaliknya, juga ada pula yang ukurannya lebih kecil dari yang lainnya.

Selain itu, ukuran pupil juga akan berubah seiring bertambahnya usia seseorang. Ketika seseorang menginjak dewasa, biasanya ukuran pupilnya besar. Sebaliknya, untuk usia lansia akan mempunyai pupil dengan ukuran yang lebih kecil. Namun fungsi pupil pada mata tidak akan berubah.

Pada umumnya, ukuran pupil yang normal untuk orang dewasa sekitar diameter 2-4 mm pada cahaya terang dan mencapai diameter 4-8 mm dalam cahaya gelap.

Selain faktor cahaya, perubahan ukuran dan fungsi pupil pada mata juga terpengaruh karena mata sedang fokus terhadap objek. Hal ini juga dapat kita kenal dengan sebutan respons pupil akomodatif. (R10/HR Online)

Editor: Jujang