Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi Rantai Sepeda Motor, Memahami Bagian dan Jenisnya

Fungsi Rantai Sepeda Motor, Memahami Bagian dan Jenisnya

Fungsi rantai sepeda motor memiliki peranan penting yaitu sebagai penggerak kendaraan. Ada beberapa manfaat yang bisa terjadi dengan adanya komponen tersebut.

Rantai dan gear menjadi salah satu paket komponen penting yang ada pada sepeda motor. Sebab, komponen tersebut bekerja sebagai sistem pemindah tenaga pada kendaraan tersebut.

Pada sepeda motor akan menghasilkan energi panas yang akan diubah menjadi energi gerak. Selanjutnya ke sistem pemindah tenaga dan terakhir untuk menggerakkan roda belakang kendaraan. Dari sinilah baru diketahui jika rantai sepeda motor memiliki peranan penting.

Baca Juga : Fungsi Kampas Ganda dan Cara Kerjanya pada Sepeda Motor

Fungsi rantai sepeda motor memang penting, bahkan cukup vital. Rantai hanya ada pada tipe motor bebek dan sport. Komponen tersebut tersusun atas beberapa mata rantai.

Setiap mata rantai tersebut terdiri dari beberapa bagian. Sebaiknya anda mengenal komponen tersebut lebih jauh. Dengan mengetahuinya, maka anda juga bisa mengenal kondisi motor. Sehingga memahami bagaimana karakteristik sepeda motor yang anda miliki.

Apa Saja Fungsi Rantai Sepeda Motor?

Kendaraan sepeda motor bisa berjalan karena ada beberapa fungsi penting di dalamnya. Bahkan peranannya cukup penting pada kinerjanya.

Seperti kita ketahui, bahwa keberadaan sepeda motor kini semakin maju saja. Bahkan sebagian besar orang memilih menggunakan alat transportasi tersebut, karena anti macet dan mudah dikendarai.

Motor bisa bergerak dengan adanya mesin yang mampu menghasilkan tenaga gerak. Sehingga tenaga gerak pada mesin tersebut bisa tersalurkan ke roda agar kendaraan bisa berjalan.

Maka dari itu, adanya rantai motor yang bisa melakukan hal tersebut. Sehingga ban bisa bergerak. Energi gerak pada transmisi akan memutar gear depan beserta rantainya.

Sehingga bisa menghasilkan energi gerak ke bagian gear belakang. Perputaran roda belakang itulah yang mampu menggerakkan sepeda motor karena roda depan berputar.

Jika rantai putus, maka kendaraan pun tidak bisa digunakan. Maka dari itu, sebaiknya berikan perawatan dengan tepat pada komponen tersebut.

Sehingga bisa berfungsi dengan baik dan sempurna. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika fungsi rantai sepeda motor yaitu menyalurkan energi gerak ke bagian gear belakang.

Sehingga bisa membuat sepeda motor berjalan. Itulah fungsi komponen tersebut sehingga tidak bisa anda abaikan begitu saja.

Bagian-Bagian Rantai Motor

Setelah anda tahu fungsi rantai sepeda motor, tidak ada salahnya mengetahui juga bagian-bagiannya. Komponen tersebut terdiri dari beberapa komponen.

Ada banyak susunan rantai yang ada pada kendaraan dan terdiri dari beberapa bagian juga. Susunan yang ada pada komponen tersebut terdiri atas gear depan, belakang, dan rantai roda.

Gear depan memiliki peranan sebagai drive atau penggerak. Komponen tersebut memiliki ukuran lebih kecil. Gear belakang berperan sebagai driven atau yang bergerak.

Bagian tersebut pada umumnya juga memiliki nama sebutan sering. Pada bagian komponen rantai roda itu sendiri memiliki fungsi sebagai penerus putaran mesin melalui gear.

Baca Juga : Suspensi Sepeda Motor, Cara Cek Kondisinya Tanpa ke Bengkel

Sehingga bisa membuat roda bagian belakang berputar dan bisa menjalankan laju kendaraan. Itulah beberapa komponen yang ada pada rantai motor dan fungsinya.

Jenis Rantai Sepeda Motor

Rantai pada kendaraan roda dua ini memiliki desain yang berbeda-beda. Meski bentuknya sama, namun jika anda lihat secara jelas akan tahu perbedaannya. Akan tetapi, fungsi rantai sepeda motor sama.

Rantai dengan ring sepeda motor terdiri dari dua jenis, yaitu O-ring dan X-ring. Adanya komponen tersebut, memiliki fungsi menjaga pelumas agar tetap pada posisi dua lempengan mata rantai.

Untuk jenis yang pertama, rantai O-ring memiliki bentuk O dan pipih. Sedangkan rantai X-ring memiliki bentuk berpilin berfungsi mencegah logam rantai saling bergesekan.

Pada jenis rantai biasa atau tanpa ring terbentuk dari logam-logam yang umumnya bisa anda jumpai. Jenis yang satu ini memang lebih mudah dibersihkan.

Baca Juga : Gear Belakang Motor, Jangan Sembarangan Mengganti Ukurannya

Namun, sayangnya jika anda memilih jenis yang satu ini akan melakukan penggantian dalam waktu dekat. Sebab, akan terjadi gesekan antar mata rantai.

Setiap komponen sepeda motor memiliki fungsi yang cukup penting dan perlu perawatan secara berkala. Seperti halnya dengan rantai sepeda motor.

Anda perlu tahu fungsi rantai sepeda motor yang cukup vital. Selain itu, anda juga bisa lebih mengenal bagian dan jenis komponen tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -