Gangguan Sendi Rahang, Cari Tahu Penyebabnya Sebelum Mengobati

Gangguan Sendi Rahang, Cari Tahu Penyebabnya Sebelum Mengobati
Ilustrasi Gangguan Sendi Rahang. Foto: Ist/Net

Gangguan sendi rahang menjadi salah satu jenis penyakit yang berada pada area telinga. Gangguan ini memiliki gejala dan penyebab masing-masing.

Kedua rahang atas dan bawah bertemu sehingga menimbulkan penyakit yang satu ini. Kondisi tersebut cukup kompleks karena kedua sendi kanan dan kiri sama-sama tidak dapat bergerak.

Sehingga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Karena itulah masalah ini akan terasa sakit dan mengganggu. Sehingga ketika terjadi aktivitas mengunyah, anda akan sangat terganggu.

Nyeri sendi akan terjadi pada semua anggota tubuh, termasuk rahang. Ketika hal ini terjadi, tentu akan mengganggu aktivitas makan dan berbicara.

Agar hal ini bisa anda atasi, sebaiknya cari tahu apa sebenarnya penyakit tersebut mulai dari penyebab, gejala, hingga cara mengatasinya. Gangguan sendi rahang bisa terjadi pada siapa saja dan anda perlu mengatasinya dengan cepat.

Ada banyak hal yang bisa terjadi ketika masalah ini anda derita. Sebaiknya anda bisa mengatasinya dengan tepat sesuai penyebab yang ditimbulkan.

Baca Juga : Penyakit Tulang Belakang, Jenis dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gangguan Sendi Rahang

Manusia memang sering mengalami masalah yang namanya terserang penyakit. Banyak jenis penyakit yang bisa terjadi mulai dari ringan hingga kronis.

Salah satu penyakit atau gangguan yang bisa terjadi yaitu nyeri rahang. Gangguan ini sering terjadi ketika sedang mengunyah atau menggigit makanan.

Penyebabnya pun cukup beragam, namun salah satunya karena anda membuka mulut terlalu lebar. Namun, masih banyak penyebab timbulnya gangguan tersebut.

Saat anda mengalami gangguan ini, akan merasakan sakit pada bagian rahang karena tidak bisa membuka bahkan menutup mulut.

Namun, jangan khawatir karena anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara sesuai penyebabnya. Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan gangguan tersebut, antara lain:

Temporomandibular Joint Disorder (TMD)

Penyebab gangguan sendi rahang yang pertama ini merupakan nama lain dari persendian rahang. Persendian itu memiliki sebutan yaitu temporomandibular (TMJ).

Organ tersebut merupakan engsel yang menghubungkan antara rahang dengan tulang temporal. Letaknya berada di dekat telinga sehingga membuat anda bisa menggerakkan rahang ke beberapa arah.

Baca Juga : Kelainan Tulang Kifosis dengan Beragam Faktor Penyebab dan Obatnya

Kebiasaan yang dapat memicu timbulnya nyeri yaitu menekan organ tersebut ketika merasa cemas atau stres. Selain itu, menguap terlalu lebar, cedera sendi, dan masih ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Sakit Gigi

Gangguan rahang sendi juga bisa terjadi karena sakit gigi, apalagi yang berpengaruh pada tulang penyangga. Sehingga sakit tersebut akan menjalar ke rahang dan menimbulkan gangguan.

Salah satu jenis penyakit gigi yang memicu terjadinya gangguan tersebut yaitu abses gigi. Maka dari itu, sebagian besar orang yang mengidap gangguan ini karena sedang sakit gigi.

Osteoarthritis

Penyebab gangguan sendi rahang berikutnya yaitu osteoarthritis. Penyebab yang satu ini merupakan pengapuran pada persendian terdampak.

Sehingga membuat sendi terasa nyeri dan kaku, bahkan sulit bergerak. Hal ini membuat anda akan kesulitan dalam menggerakkan mulut, bahkan saat membukanya.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Anosmia dan Cara Tepat Mengobatinya

Selain itu, penyebab yang satu ini juga membuat rahang berbunyi saat bergerak. Kondisi ini sering terjadi pada tulang rawan dan umumnya menyerang satu sisi saja.

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster merupakan jenis nyeri pada bagian kepala yang sangat menyakitkan. Ketika seseorang terserang penyakit ini, akan timbul rasa sakit pada area bagian belakang salah satu mata.

Bahkan rasa sakit tersebut juga akan menyerang bagian rahang. Sehingga memicu timbulnya gangguan sendi rahang yang cukup mengganggu.

Rheumatoid Arthritis

Penyebab gangguan yang lain yaitu rematik atau biasa dikenal dengan rheumatoid arthritis. Jenis gangguan ini akan membuat persendian merasa nyeri, kaku, bahkan bengkak.

Pada umumnya, masalah ini sering terjadi pada orang yang berumur lanjut. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, dan dewasa. 

Saat gangguan ini terjadi, anda akan merasakan nyeri ketika mengunyah dan menjadi kaku. Selain itu, tidak menutup kemungkinan sendi rahang akan berbunyi.

Masih banyak penyebab yang bisa membuat nyeri rahang dan mengganggu aktivitas anda. Sebaiknya cari tahu apa saja penyebab gangguan sendi rahang terlebih dulu sehingga akan lebih berhati-hati untuk mengatasinya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah