Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita JabarGubernur dan Wakil Gubernur Jabar Pakai Mobil Listrik di 2021

Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Pakai Mobil Listrik di 2021

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar siap beralih pakai mobil listrik pada awal Januari 2021 sebagai kendaraan dinas. 

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum pun telah memakai mobil listrik itu pada Sabtu (2/1/2021). Menggunakan mobil listrik ini bisa menempuh jarak ratusan kilometer hanya dengan mengisi baterai 30 menit.

Uu menyebut mobil listrik ini ramah lingkungan serta dapat menghemat pengeluaran APBD Pemprov Jabar dalam hal belanja bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan dinas. Serta dapat mengurangi pemakaian BBM sebagai energi yang tak dapat diperbaharui. 

Pemakaian mobil listrik pada awal 2021 ini setelah Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Presdir PT Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha serah terima tiga mobil listrik, pada 29 Desember 2020. Jabar merupakan provinsi pertama se-Indonesia yang memiliki kendaraan mobil listrik untuk kedinasan.  

Tiga mobil listrik berjenis IONIQ Electrik dan KONA Electric tersebut untuk Patwal, Gubernur Jabar dan Wakil Gubernur Jabar.  Mobil listrik ini masing-masing memiliki kapasitas yakni 38,3 KWh dan 39,2 KWh. Harganya sekitar Rp 600 juta.

“Memakai mobil listrik tentunya nyaman karena tidak bising, harga terjangkau dan ramah lingkungan karena bebas emisi,” ucapnya.

Dengan banyaknya keunggulan, Pemprov Jabar bertahap akan beralih menggunakan mobil listrik untuk kendaraan kedinasan mulai tahun 2021 ini.

Uu pun mengajak para kepala daerah untuk menganggarkan pengadaan mobil listrik dan sama sama beralih. Uu juga mengajak masyarakat Jabar beralih menggunakan mobil listrik yang kini sudah tersedia pada dealer-dealer yang ada,” jelasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang 

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img