Gubernur Jabar Minta Pemkab Tasikmalaya Rutin Razia Masker

Rutin Razia Masker
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Minta Pemkab Tasikmalaya Rutin Razia Masker saat rapat penanganan Covid-19 di Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya rutin menggelar razia masker dan melakukan tindakan tegas terhadap pelanggar. Hal tersebut disampaikan ketika memberikan arahan saat rapat penanganan Covid-19, di Pendopo Bupati, Rabu (20/1/2021).

Ridwan Kamil menjelaskan menurut hasil survei, tingkat kedisiplinan warga Kabupaten Tasikmalaya dalam memakai masker paling rendah. Untuk itu, Pemkab Tasikmalaya harus meningkatkan kedisiplinan warga agar senantiasa menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

“Alasan kami kesini karena memang Kabupaten Tasikmalaya tingkat kedisiplinan prokesnya masih rendah,” ujar Ridwan Kamil.

Satpol PP dan TNI-Polri agar lebih intens melakukan pengawasan pada ruang publik dengan rutin razia masker dan patroli. Sehingga bisa terus mengingatkan dan menyadarkan warga pentingnya memakai masker saat beraktivitas dalam masa Pandemi Covid-19.

“Menurut pengamatan saya, warga tak pakai masker itu karena tidak ada yang menegur. Sehingga mereka abai protokol kesehatan,” tegasnya.

Ridwan Kamil pun meminta kepala daerah dan pejabat turun ke tengah masyarakat untuk memberikan edukasi. Hal ini juga dapat mendorong dan memotivasi warga agar menerapkan prokes. Selain rutin melakukan razia masker oleh para petugas lapangan.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen menyatakan para petugas lapangan secara rutin telah melaksanakan razia masker. Termasuk dengan menegakan kedisiplinan prokes bagi yang melanggar.

“Evaluasi ini tentunya menjadi pelecut untuk kami agar lebih maksimal lagi dalam bergerak untuk memberikan edukasi masyarakat pentingnya protokol kesehatan. sehingga kedisiplinan masyarakat pakai masker meningkat,” katanya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang