Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita JabarGubernur Jabar Resmikan Teknologi Smart Greenhouse di Garut

Gubernur Jabar Resmikan Teknologi Smart Greenhouse di Garut

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan teknologi Smart Greenhouse di Kabupaten Garut, Rabu (27/1/2021). Dengan metode smart farming sistem infus. bisa membantu meningkatkan produktivitas tanaman jagung.

Pemprov Jabar memilih Kabupaten Garut karena merupakan daerah yang hebat dalam menanam jagung. Sehingga produksi tanaman jagung bisa meningkat melalui metode sistem infus.

Smart Greenhouse ini dibangun pada lahan seluas 3.000 meter di Desa Wanareja Garut.

Teknologi Smart Greenhouse ini tujuannya untuk mengoptimalkan perkembangan tanaman dengan cara memanipulasi kondisi lingkungan. Dengan metode infus melalui komputerisasi bisa mengatur dalam pemberian pupuk dengan cara otomatis.

Ridwan Kamil menyatakan pada masa depan sistem pertanian konvensional bisa beralih menggunakan metode pertanian berbasis teknologi. Menurutnya, sistem konvensional memerlukan waktu cukup lama untuk memetik hasil panen seperti Jagung.

“Kami resmikan teknologi Smart Greenhouse ini, supaya petani bisa menghemat air, tidak menggunakan konvensional lagi. Para petani juga dapat meningkatkan produksi setahun penuh,” ucapnya.

Pemprov Jabar pun kini tengah memaksimalkan sejumlah lahan milik Jabar untuk menanam komoditas pangan. Salah satunya melalui program Petani Milenial. Program ini akan launching pada bulan Februari 2021. Nantinya para pemuda bisa memanfaatkan lahan Pemprov Jabar untuk menanam sejumlah komoditas pangan pilihan.

“Tentunya kita harus memiliki tekad bersama untuk menjadikan pangan sebagai sumber pendapatan utama ekonomi di Jawa Barat. Untuk mewujudkannya beberapa program siap diluncurkan. Seperti Petani Milenial dan kini meresmikan teknologi Smart Greenhouse,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang