Gubernur Jabar Terpukau dengan Puskesmas Tinawati Tasikmalaya, Ada Apa?

Puskesmas Tinawati Tasikmalaya
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengapresiasi Puskesmas Tinawati, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku terpukau dengan Puskesmas Tinawati yang berada di Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Puskesmas tersebut berhasil menjadi percontohan untuk semua puskesmas yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, karena kebersihannya. Selain itu, Puskesmas Tinawati juga merawat pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

“Saya tadi mengunjungi satu Puskesmas, namanya Puskesmas Tinawati, kami monitor sangat baik dalam perencanaan, Puskesmas-nya juga bersih dan berhasil menjadi percontohan,” ujar Ridwan Kamil saat kunjungan kerja ke Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Gubernur Jabar di Tasikmalaya, Razia Warga Tak Pakai Masker

Menurut Ridwan Kamil, jika semua Puskesmas bisa seperti Puskesmas Tinawati, yang merawat pasien Covid-19 gejala ringan, maka beban di rumah sakit akan surut.

“Rumah Sakit menjadi penuh, sehingga yang Covid gejala sedang sampai berat akhirnya banyak tidak mendapat tempat. Termasuk di Depok kejadian meninggal di Taksi Online, yah karena penuh,” ungkapnya.

Adanya pasien Covid-19 yang meninggal di Taksi Online, menurut Ridwan Kamil, menjadi pelajaran bagi semua pihak.

“Memang tidak terjadi di Kabupaten Tasikmalaya dengan konsep memindahkan Covid gejala ringan ke tempat tempat non rumah sakit. Bisa di Puskesmas, gedung negara, atau lain-lainnya,” katanya.

Selain mengapresiasi Puskesmas Tinawati Tasikmalaya, Gubernur Jabar tersebut juga berjanji akan menambah fasilitas Puskesmas.

“Kita do’akan dan kita ikhtiarkan agar fasilitas Puskesmas seperti paripurnanya Tinawati bisa didekatkan di seluruh Kabupaten Tasikmalaya. Mudah-mudahan dengan kunjungan kami perbaikan dalam evaluasi 7 hari ke depan, Kabupaten Tasikmalaya bisa meningkat kedisiplinannya,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu