Gunung Angker di Jawa, Ada yang Mau Coba Mendaki?

Gunung Angker di Jawa
Salah satu Gunung Angker di Jawa. Foto: Ist/Net

Gunung angker di Jawa menjadi tempat yang cocok untuk uji nyali. Tak lepas dengan hal-hal gaib, mistis dan penuh misteri. Namun selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta uji nyali.

Indonesia memiliki banyak gunung yang aktif maupun pasif. Terutama daerah Jawa, ada beberapa gunung yang terkenal dan angker. Bukan membuat orang takut dan tidak ingin datang melainkan menjadikan ajang uji nyali.

Gunung Angker di Jawa

Gunung angker pun tak kalah populer dengan gunung dengan panorama indah. Karena perasaan angker dan mistis tidak terasa ketika sudah melihat pemandangan yang indah.

Beberapa gunung angker ini dapat dijadikan sebagai tempat berkemah selanjutnya.

Gunung Lawu

Gunung angker yang pertama adalah Gunung Lawu. Terletak di kawasan perbatasan antara Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur.

Gunung yang satu ini terkenal angker oleh para pendaki. Banyak pendaki yang tiba-tiba menghilang saat mendaki gunung ini. Kejadian mistis serta diluar akal pun sering terjadi disini.

Para pendaki sering mengalami beberapa kejadian mistis saat mendaki gunung angker ini. Seorang pendaki menceritakan pengalamannya bersama seorang temannya dalam channel youtube. Pada saat pendakian tas gendong milik temannya terasa berat, hingga akhirnya bertukar tas. Namun setelah bertukar yang berat bukanlah tasnya melainkan ada hal lain.

Baca Juga: Gua Paling Angker di Pulau Jawa untuk Menguji Adrenalin

Pendaki dan temannya tersebut pun sempat kaget oleh suara hembusan nafas. Tepat pada telinga yang membuat mereka berhenti sebentar. Keanehan pun terjadi setelah mereka mendirikan tenda. Mendadak terjadi perubahan suhu yang signifikan.

Selanjutnya pendaki itu merasa ada yang mengelilingi tendanya dan kemudian tersandung salah satu tali tendanya. Kemudian mereka mendengar suara delman dari sebelah kiri tenda. Mitosnya, orang yang ke Gunung Lawu jangan memakai baju berwarna hijau.

Gunung Arjuno

Selanjutnya gunung angker di Jawa adalah Gunung Arjuno. Gunung ini terletak pada perbatasan kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Memiliki ketinggian 3.339 mdpl merupakan gunung tertinggi kedua setelah Semeru.

Gunung yang cantik ini memiliki beberapa kisah angker. Salah satunya munculnya sosok tinggi besar yang pernah  terlihat oleh beberapa pendaki. Selain itu juga tersesatnya pendaki sampai sembilan jam lamanya. Gunung yang satu ini memiliki pantangan yaitu untuk tidak boleh menggunakan baju yang berwarna merah.

Gunung Salak

Siapa yang belum mengenal Gunung Salak? Yup, Gunung yang berada di Bogor, Jawa Barat. Memiliki ketinggian 2.211 mdpl berada pada Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Gunung angker di Jawa Barat ini memiliki sejarah yang mengerikan. Salah satunya kejadian kecelakaan pesawat sukhoi superjet 100 yang menewaskan semua penumpangnya pada tahun 2012. Semenjak saat itu sering terdengar suara orang yang minta tolong ketika dekat lokasi kecelakaan.

Banyak pula kisah horor yang tersebar, seperti adanya sosok nenek renta. Bahkan kadang terdengar suara gamelan yang membuat bulu kuduk berdiri. Banyak yang menyebut Gunung Salak sebagai gunung suci. Karena menurut kepercayaan, Gunung  Salak merupakan tempat Prabu Siliwangi menghilang.

Gunung Merapi

Siapa yang belum mengetahui gunung yang satu ini? Gunung Eksotis ini berada pada perbatasan Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten. Namun gunung angker di Jawa ini satu sisi sebelah selatan berada pada Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Memiliki ketinggian 2.968 mdpl dengan julukan gunung teraktif di Indonesia. Untuk mendaki gunung ini ada beberapa jalur yang sudah tersedia. Setiap jalur mempunyai karakteristik tersendiri untuk pendaki.

Meskipun gunung ini sangat eksotis tapi tidak lepas dari kisah horornya. Gunung angker di Jawa ini memiliki kisah yang terkenal yaitu adanya Pasar Bubrah. Pasar Bubrah merupakan pasar gaib yang ada pada sekitar puncak Gunung Merapi bagian bawah. Banyak pendaki yang mendengar keramaian ketika tengah malam.

Karena lokasi tersebut merupakan tempat para pendaki mendirikan tenda. Pendaki harus bisa menjaga kesopanan dan tutur kata. Karena hal buruk dapat terjadi ketika mereka tidak menjaga kesopanan.

Baca Juga: Wisata Angker di Jawa Barat yang Menyeramkan dan Wajib Dikunjungi

Untuk kalian yang ingin merasakan betapa indah dan bersejarahnya gunung angker yang satu ini. Tidak perlu melakukan pendakian menuju puncak. Karena dapat mengikuti Lava Tour Merapi Kaliurang. Tour ini akan berhenti pada tempat bersejarah Gunung Merapi.

Nah, itu beberapa Gunung angker di Jawa untuk menambah kisah mistis kalian. Semua gunung memiliki karakteristik tersendiri juga pantangan yang harus diperhatikan. Kita boleh tidak mempercayai suatu tradisi namun harus tetap menghormati. (Dadang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang