Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TasikmalayaGunung Galunggung Tasikmalaya Destinasi Liburan Keluarga

Gunung Galunggung Tasikmalaya Destinasi Liburan Keluarga

Berita Tasikmalaya, (HarapanRakyat.com).- Gunung Galunggung satu dari deretan gunung di Tasikmalaya yang memiliki ketinggian 2,167 meter dari permukaan laut. 

Kawasan pegunungan ini masih aktif berkembang menjadi destinasi wisata yang cocok bagi keluarga.

Galunggung juga merupakan rumah bagi ribuan hektar hutan tropis, ribuan flora, fauna dan juga rumah bagi kawah dan danau yang indah. 

Di kalangan wisatawan, Gunung Galunggung terkenal dengan kawahnya dan danau yang  berwarna hijau. 

Tidak salah bila kemudian Galunggung menjadi destinasi wisata favorit di Tasikmalaya. 

Akses untuk melihat kawah hijau ini berupa anak tangga berjumlah 620, sekaligus ciri khas lain dari Galunggung.

Potensi Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Potensi wisata alam lain yang tidak kalah menarik yaitu pemandian air panas, curug agung,  sampai gardu pandang. 

Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya memiliki potensi wisata edukasi, ekowisata, hingga wisata alam.

Potensi destinasi wisata Gunung Galunggung terus berkembang, salah satunya yaitu wisata edukasi. 

Hal ini berdasarkan sejarah, kekayaan flora dan fauna yang mendukung wisata Galunggung berbasis konservasi.

Wisata Edukasi

Potensi wisata edukasi yang Galunggung miliki ada dari berbagai sisi. Misalnya dari sejarah letusan maupun cerita lain yang berkaitan dengan peristiwa penting Gunung Galunggung.

Edukasi wisata seperti ini membuat suasana saat traveling di kawasan Galunggung tidak cepat jenuh dan membosankan. Petualangan seru selama perjalanan wisata juga menjadi tambahan pengalaman dan pengetahuan.

Ekowisata salah satu potensi lain yang Galunggung miliki. Ekowisata berupa kegiatan pariwisata berwawasan lingkungan. Dengan kata lain, kegiatan pariwisata yang berorientasi pada konservasi alam.

Geopark

Potensi wisata Galunggung menarik lainnya yaitu wisata geopark. Potensi wisata berbasis geopark cukup menarik, karena fokus pada budaya sampai kulinernya.

Selain itu, tidak hanya budaya, wisata geopark juga bisa ditentukan wilayahnya. Setidaknya ada 14 dari 39 kecamatan di Tasikmalaya bisa menjadi bagian dari Geopark Galunggung, mulai wilayah Singaparna sampai Bendungan Leuwi Keris. 

Langkah cepat untuk merealisasikan program ini, pemerintah setempat bekerjasama dengan empat negara membangun geopark Galunggung skala global.

Menjelajah kawasan Gunung Galunggung menjadi pengalaman yang mengasyikan dan seru. Ada banyak destinasi wisata alam yang kawasan ini tawarkan. 

Dan sudah pasti, menelusuri daerah ini menjadi perjalanan yang mengasyikan karena udaranya yang sejuk.

Udara Sejuk Khas Pegunungan

Karena lokasi Galunggung di atas ketinggian 2.167 meter dari atas permukaan laut, tentu cuaca dan kondisi udaranya sejuk khas pegunungan. 

Hutan yang ada masih asli atau alami, belum lagi rimbunan pepohonan pinus dan kaliandra yang menghiasi penjuru kawasan ini.

Kawah Hijau Galunggung

Kawah hijau Galunggung memiliki pesona tersendiri dan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Keindahan kawah dengan danau dan airnya hijau menantang Anda untuk menjelajahinya.

Tidak mudah sampai ke puncak Galunggung, Anda perlu nyali kuat untuk mencapai puncaknya. Setidaknya 623 tangga harus Anda lewati. 

Awalnya memang berat, sampai ke puncak dengan naik anak tangga yang jumlahnya ratusan hanya untuk melihat kawah hijau lengkap dengan danau berwarna hijau.

Perjalanan mendaki Galunggung begitu seru dan mengasyikan. Tidak hanya medannya sulit dan terjal, tetapi perlu stamina prima untuk sampai ke puncak.

Rasa lelah maupun letih sepanjang menuju puncak sedikit hilang saat melihat panorama alam yang tersaji indah. 

Flora dan Fauna

Anda bisa bisa menikmati deretan pepohonan Ericaceous dan Montane sembari merasakan hembusan angin yang menyejukan.

Binatang atau satwa liar monyet ekor panjang menemani Anda di sepanjang perjalanan menuju puncak. 

Tingkah polah, lucu monyet yang sering bermain di tengah jalan, hanya untuk mencari makan, memang menyenangkan

Perjalanan panjang belum berakhir sesampainya di kawasan bibir kawah. Anda mendapatkan uji nyali saat menaiki tangga berjumlah 623 anak tangga sejauh 315 meter menuju puncak.

Angin kencang, tingginya anak tangga menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Ekstra kuat, dan sabar menaiki anak tangga satu persatu hingga sampai ke puncak kawah.

Perjuangan berat terbayarkan oleh panorama alam tersaji indah memanjakan mata. Dari puncak, Anda dapat melihat keindahan alam sekitar Galunggung yang menawan. 

Tidak hanya sampai itu, pemandangan kawahnya pun menakjubkan. Anda juga dapat melihat air terjun berasal dari dinding kawah kemudian udara segar dan sejuk, menyambut ketika sampai di puncak.

Indahnya pulau kecil yang letaknya di tengah kawah dan danau, dengan airnya berwarna hijau, dihiasi ikan warna-warni. 

Serunya menjelajah Gunung Galunggung Tasikmalaya makin lengkap saat tiba di puncak kawah. 

Dari puncak kawah Anda dapat melakukan kegiatan memancing ikan di danau yang ada di dalam kawah, sampai aktivitas berkemah di sekitar kawah. 

Kegiatan camping mendirikan kemah di sekitar kawah sembari menikmati panorama alam dari atas ketinggian. Atau melihat matahari terbit dan terbenamnya mentari dari Kawah Galunggung.

Berburu kuliner khas Tasikmalaya di warung-warung makan yang menyajikan aneka masakan. Lokasinya sekitar kawasan kawah Galunggung menjadi perjalanan wisata begitu berkesan.

Pemandian Cipanas Galunggung

Cipanas Galunggung, sebuah wisata air berupa pemandian air panas yang berada di kawasan Gunung Galunggung tidak kalah indah dengan tempat wisata lain di kawasan ini

Setelah melakukan kegiatan traveling di puncak Galunggung. Anda turun dari puncak menuju wisata pemandian air panas Cipanas Galunggung.

Pemandian air panas Cipanas terbagi menjadi dua lokasi  yang tiket masuknya berbeda. Lokasi pertama harga tiket Rp 5000, sedang lokasi kedua harga tiketnya Rp 7000.

Dari harga itu Anda sudah bisa bermain air  sepuasnya di pemandian air panas seperti  mandi, berenang atau sekedar cuci muka.

Sekitar lokasi pemandian sekelilingnya terdapat rimbunan pepohonan nan hijau membuat suasana menjadi sejuk dan asri

Curug Agung

Ketika menjelajah Galunggung, Anda akan menemukan destinasi wisata yang eksotis, Curug Agung. 

Curug ini lokasinya masih berada di kawasan Galunggung di ketinggian 80 meter dari permukaan laut. 

Curug ini berbeda dengan curug pada umumnya, warna-warni airnya yang menjadi ciri khas Curug agung. 

Warna-warni air terjun curug Galunggung terlihat jelas saat jelang fajar dan senja hari matahari akan terbenam.

Akses menuju curug cukup mudah, setelah masuk area Gunung Galunggung perjalanan kemudian sampai persimpangan. 

Dari persimpangan itu, nanti akan menjumpai poster ke arah lokasi air terjun. Tiket masuk Rp  5.000 sudah menikmati panorama curug Galunggung.

Gardu Pandang

Setelah lelah berwisata di Curug Galunggung, Anda bisa beristirahat dan bermain di Gardu Pandang yang letaknya tidak jauh dari lokasi curug. 

Spot wisata gardu pandang berbeda dari biasanya, kini terdapat hiasan lampu dan properti lainnya. Lampu- lampu hias tersebut nyala pada gardu pandang, baik siang maupun malam hari.

Tidak lain agar bisa untuk istirahat atau  berfoto dengan latar belakang lampu warna-warni. 

Itulah serunya menjelajah Gunung Galunggung Tasikmalaya yang dapat anda jadikan rekomendasi saat berkunjung ke Tasikmalaya. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

- Advertisment -