Gyroscope Tidak Berfungsi pada HP, Berikut Tips Praktis Mengatasinya

Gyroscope Tidak berfungsi
Ilustrasi Gyroscope Tidak Berfungsi. Foto: youtube.com

Gyroscope tidak berfungsi terkadang menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna HP. Pada awalnya, mungkin fitur ini kurang diperhatikan oleh para pengguna HP.

Namun lain untuk saat ini, dengan maraknya games yang memanfaatkan Gyroscope untuk gameplay, menjadi fitur yang bermanfaat.

Salah satunya pada game yang cukup populer PUBG Mobile. Dalam permainan ini menerapkan kegunaan Gyroscope untuk menggerakkan arah.

Untuk mengaktifkan Gyroscope pun cukup mudah. Fitur ini secara otomatis akan aktif tanpa perlu anda setting terlebih dahulu. Lalu bagaimanakah jika ponsel anda tidak dapat berotasi layar serta fitur Gyroscope-nya tidak berfungsi?

Gyroscope Tidak Berfungsi

Baca Juga : Fitur HP Oppo Reno 4 Terbaik yang Jarang Dimiliki Smartphone Lain

Gryroscope merupakan salah satu sensor yang terdapat dalam perangkat HP yang dapat membuat simulasi gerakan pada smartphone.

Sebagai contoh jika menggerakkan HP ke atas, maka sistem HP akan mendeteksi HP tersebut ke arah atas. Bagi anda penggemar game smartphone, tentu sudah tidak asing dengan fitur satu ini.

Awalnya Gyroscope hanya digunakan sebagai kompas atau petunjuk arah pada sebuah perangkat HP. Akan tetapi, dengan seiring berjalannya waktu, fitur ini dapat anda manfaatkan pada beberapa game.

Dalam penggunaan fitur ini, sering terjadi kendala Gyroscope tidak berfungsi. Hal ini apabila tidak anda atasi, tentu dapat mengganggu aktivitas game anda.

Untuk dapat mengetahui apakah ponsel yang anda gunakan sudah mendukung Gyroscope adalah dengan mengeceknya terlebih dahulu. 

Dengan menginstal CPU-Z, kemudian buka aplikasinya. Lanjut ke tab sensor, maka dari sini anda akan nampak apakah ada kolom Gyroscope atau tidak.

Melalui kolom ini, anda juga akan mengetahui apakah Gyroscope masih normal atau tidak. Dalam kolom tersebut terdapat angka yang akan berubah-ubah mengikuti posisi HP.

Pada umumnya, penyebab Gyroscope tidak berfungsi karena adanya sistem HP yang error, baik bug atau yang lainnya. Adanya masalah pada kinerja Gyroscope dapat terjadi pada semua jenis smartphone.

Baca Juga : HP Xiaomi Layar 5 inch, Layar Luas dengan Beragam Teknologi Canggih

Nah, untuk mengatasinya, anda dapat melakukan beberapa langkah penting berikut ini:

Restart HP Terlebih Dahulu

Ketika perangkat HP dalam keadaan aktif, maka sistem akan menjalankan banyak sekali aplikasi. Hal inilah yang terkadang membuat perangkat tidak stabil.

Ini juga dapat menjadi salah satu penyebab fitur Gyroscope tidak dapat bekerja atau error. Maka solusi pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan restart HP. Dengan langkah ini, seringkali dapat mengatasi fitur Gyroscope yang tidak bekerja.

Melakukan Kalibrasi Gyroscope

Cara mengatasi Gyroscope tidak berfungsi pada perangkat anda adalah dengan melakukan Kalibrasi Gyroscope. Untuk melakukan cara ini, anda perlu mengeceknya sendiri pada hardware anda.

Berikut ini cara mengecek sekaligus melakukan kalibrasi Gyroscope melalui kode rahasia yang terdapat pada ponsel anda adalah:

Masuk Dalam Numpad HP dan Masukkan Kode Rahasia

Dengan memasukkan kode rahasia sesuai dengan jenis HP yang anda gunakan pada numpad HP.

Tekan Sensor pada Menu yang Tersedia

Baca Juga : HP Vivo X Series dengan Teknologi Kamera Tercanggih yang Rilis 2020

Selanjutnya setelah menginput kode rahasia, maka anda akan masuk pada menu baru. Pada menu tersebut anda akan melihat banyak pilihan test yang dapat anda lakukan. Untuk mengetes sensor Gyroscope pada ponsel anda, maka tekan “Sensor”

Tekan Gyroscope Selftest pada Bagian Gyroscope Sensor

Selanjutnya anda akan menemukan beberapa pilihan kalibrasi sensor HP dengan angka yang terus bergerak. Untuk mengetes sensor Gyroscope pada perangkat anda, maka anda perlu menekan Fyri Selftest pada bagian Gyroscope Sensor.

Untuk melakukan ini, anda harus meletakkan HP anda pada bidang datar. Hal ini bertujuan agar HP tidak error. Berikutnya dalam mengatasi Gyroscope tidak berfungsi pada HP dengan langkah ini, anda dapat menunggu hingga keluar hasilnya.

Jika nampak tulisan PASS, maka artinya sensor Gyroscope sudah dapat berjalan dengan baik. Namun jika muncul tulisan FAIL, maka solusinya adalah dengan mereset pabrik perangkat Android anda atau membawanya ke service center.

Cara mengatasi Gyroscope tidak berfungsi pada HP dengan mereset HP, maka bug yang membuat fitur tersebut tidak berfungsi dapat anda hilangkan.

Pasalnya, dengan metode ini terbukti dapat mengembalikan ponsel HP pada setelan pabriknya lagi. Akan tetapi jika cara ini tidak berhasil juga, maka anda harus membawanya ke service center. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah