Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruHapus Thumbnail Android Amankah Untuk Perangkat? Ini Penjelasannya

Hapus Thumbnail Android Amankah Untuk Perangkat? Ini Penjelasannya

Hapus thumbnail Android, amankah untuk perangkat? Perlu anda ketahui, data thumbnail dapat menjadi sangat besar dan banyak.

Yang akhirnya hal tersebut dapat berpengaruh terhadap memori internal menjadi penuh. Sehingga dapat membuat performa sistem melambat secara keseluruhan. Baik pada aplikasi ataupun proses yang lainnya.

Oleh karena itu, apabila data thumbnail dihapus cukup aman bagi perangkat. Pasalnya, hal ini tidak mengakibatkan efek sama sekali pada sistem smartphone anda.

Terutama jika perangkat telah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Kemungkinan efek yang tidak terlalu berasa saat anda membuka galeri, maka proses loading awal akan menjadi sedikit melambat karena harus loading ulang.

Amankah Hapus Thumbnail Android?

Thumbnail merupakan data review media foto atau video yang tersimpan dalam perangkat. Manfaat dari adanya thumbnail adalah agar Android tidak perlu memperlihatkan file asli dari video atau foto tersebut.

Atau dengan kata lain, thumbnail adalah gambar dengan ukuran kecil yang memberikan gambaran media secara visual.

Data thumbnail secara otomatis akan tampil ketika file-file media anda tersimpan. Lebih tepatnya pada saat user sedang melihat file-file media tersebut.

Beberapa manfaat dari data thumbnail adalah supaya proses loading jadi semakin cepat. Hapus thumbnail Android dapat anda lakukan dengan aman. Hal ini juga dapat membuat ruang penyimpanan sedikit lega.

Baca Juga : App Permission Android, Simak dan Pahami Cara Mengaturnya

Meskipun pada akhirnya nanti akan tercipta file thumbnail data yang baru pada saat kita akan melihat-lihat deretan dari foto yang tersimpan dalam galeri.

Pada dasarnya, file thumbnail memiliki ukuran yang tidak besar, sebab memang hanya untuk penampil dengan ukuran petaknya kecil.

Akan tetapi, jika file foto anda terlalu banyak hingga sampai ribuan, tentunya kalkulasi total file thumbnail juga akan semakin besar pada memori HP.

Cara Hapus Thumbnail Android

Berikut ini beberapa langkah dalam menghapus data thumbnail pada Android yang dapat anda lakukan dengan aman yaitu:

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan membuka file manager pada smartphone anda. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan yang bawaan atau anda juga dapat instal dari Google Playstore. Yang penting file manager tersebut memiliki fitur untuk menampilkan file yang tersembunyi.
  2. Langkah kedua hapus thumbnail Android adalah, ketika anda telah membuka file manager, maka selanjutnya buka menu setelan. Lalu cari serta aktifkan pengaturan “Tampilan Berkas Tersembunyi”.
  3. Kemudian pada memori internal, kalian menu ke DCIM, klik tombol Thumbnail. Lalu hapus file-file thumbnail yang anda inginkan. Atau anda dapat hapus semua data thumbnail apabila anda merasa tidak penting untuk anda.

Setelah mengikut langkah di atas, maka semua data thumbnail yang terdapat pada perangkat anda pun telah terhapus. Memori internal smartphone anda akan menjadi lebih lega kembali.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Vulkan di Android Nougat dan Oreo, Simak Ulasannya!

Sebagai tambahan, agar efek dari penghapusan thumbnail lebih efektif, maka anda dapat juga menghapus cache galeri yang caranya adalah:

  1. Buka “Setelan” Android, selanjutnya geser pada bagian bawah. Lalu anda dapat buka pada menu “Aplikasi Terinstal”.
  2. Langkah berikutnya anda dapat cari dan buka aplikasi “Galeri”, kemudian klik tombol “Hapus Data”.
  3. Jika sudah, tutup semua jendela yang terbuka, selanjutnya baru anda dapat mencoba membuka galeri lagi.

Efek Hapus Thumbnail Android

Perlu anda ketahui bahwa satu file thumbnail dapat berukuran besar sama persis pada file dari foto atau gambar aslinya. Maka dapat anda bayangkan apabila perangkat Android anda menyimpan file duplikat dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, menghapus thumbnail pada ponsel dapat dilakukan.

Tepatnya penghapusan file pada folder thumbnail yang tepat pada Folder utama DCIM. Hal ini bertujuan supaya penyimpanan ponsel tidak mudah habis.

Baca Juga : Mengubah Sistem Android Menjadi Windows Praktis, Berikut Ulasannya

Karena data thumbnail bukanlah file asli. Hanya sekedar file duplikat guna menampilkan preview gambar, maka dapat anda hapus. Hal ini tentunya bersifat aman dan ruang penyimpanan ponsel akan semakin lega.

Setelah mengetahui ulasan di atas, ternyata cara hapus thumbnail Android cukup mudah. Bahkan anda dapat melakukannya langsung melalui file manager, tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi tambahan apapun. Cara ini dapat anda terapkan pada semua merk serta tipe HP Android. (R10/HR-Online)