Harga Udang di Pangandaran Tinggi, Hasil Tangkapan Nelayan Turun

Harga udang di Pangandaran, Jawa Barat, tinggi, terutama harga udang dogol yang per kilogramnya mencapai Rp 150 ribu. Foto: Entang SR/HR.
Harga udang di Pangandaran, Jawa Barat, tinggi, terutama harga udang dogol yang per kilogramnya mencapai Rp 150 ribu. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Harga udang di Pangandaran, Jawa Barat, tinggi. Terutama harga udang dogol yang per kilogramnya mencapai Rp 150 ribu. Begitupun dengan jenis udang lainnya seperti jerebung dan udang tiger saat ini mengalami kenaikan harga.

Agus, salah seorang petugas di TPI Minasari, Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran, mengatakan, harga udang cukup bagus, namun sayangnya hasil tangkapan para nelayan akhir-akhir ini menurun.

“Biasanya para nelayan yang hendak melelangkan hasil tangkapan dari laut selalu memenuhi area TPI Minasari, bahkan sampai mengantri. Tapi kali ini hanya ada beberapa nelayan saja, itu pun hasil tangkapan udangnya sedikit,” terang Agus, kepada HR Online, Jum’at (15/01/2021).

Baca Juga : Cuaca Buruk, Nelayan Pangandaran Berlayar di Pinggir Laut

Sementara itu, salah seorang nelayan, Rasmin, mengaku bahwa saat ini para nelayan lebih banyak rehat. Mengingat udang di laut juga sedang langka.

“Selain itu, kondisi cuaca yang mana saat ini anginnya cukup besar, juga berpengaruh pada hasil tangkapan para nelayan,” tuturnya.

Rasmin juga mengakui bahwa sekarang ini harga udang di Pangandaran sedang bagus, terutama untuk udang dogol. Namun, keberadaannya di laut untuk jenis udang laut tersebut sedang sepi, sehingga hasil tangkapan nelayan minim.

“Karena itu tidak sedikit nelayan lebih memilih untuk rehat terlebih dulu. Jika kondisi cuaca sudah normal kembali, para nelayan pasti kembali berlayar ke tengah laut untuk menangkap ikan, terutama jenis udang,” kata Rasmin. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah