Herbal untuk Ginjal yang Berkhasiat, dari Lemon hingga Kacang Merah

herbal untuk ginjal
Manfaat herbal untuk ginjal. Foto: Ist/Net

Mengkonsumsi herbal untuk ginjal memiliki manfaat yang baik dalam menjaga kesehatan ginjal. Setiap orang selalu berupaya untuk menghindari penyakit, salah satunya adalah penyakit ginjal yang disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat.

Ginjal merupakan sepasang organ yang letaknya dalam bagian bawah area punggung. Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting. Karena penyakit-penyakit yang menyerang ginjal sangat berbahaya bagi tubuh.

Namun bagi orang yang menderita penyakit ginjal, pemilihan obat herbal yang tepat juga bisa menjadi salah satu solusi darurat untuk upaya penyembuhan. Ada beberapa jenis penyakit ginjal yang sering terjadi, seperti:

Batu Ginjal

Penyebab penyakit ini karena penumpukan zat dan mineral yang membentuk kristal-kristal. Kristal inilah yang populer dengan sebutan batu ginjal. Kondisi ini biasanya berawal dengan infeksi saluran kemih.

Infeksi ini terjadi karena sering menahan buang air kecil, sering mengalami dehidrasi karena kurangnya minum air putih. Minum herbal untuk ginjal bisa menjadi solusi untuk mengatasinya.

Infeksi Ginjal

Penyebab dari penyakit berbahaya ini adalah virus, bakteri, dan jamur. Namun infeksi pada saluran kemih ke ginjal juga bisa menjadi penyebab dari infeksi ginjal ini.

Baca Juga: 13 Minuman dan Makanan Penyebab Batu Ginjal Ini Ternyata Favorit Banyak Orang

Gagal Ginjal Akut

Fungsi ginjal yang tiba-tiba mengalami penurunan merupakan gagal ginjal akut yang membutuhkan penanganan khusus. Penyakit ini karena cedera pada ginjal atau sumbatan yang membuat cairan kembali ke ginjal.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Penyakit memang sudah selayaknya harus kita hindari. Namun jika ada yang mengalami penyakit ginjal, khususnya batu ginjal, bisa memilih mengkonsumsi obat herbal untuk ginjal.

Jenis Obat Herbal untuk Ginjal yang Berkhasiat

Penyakit yang sering menyerang ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal biasanya terjadi karena kurangnya konsumsi air putih atau sering menahan buang air kecil. Kebiasaan buruk ini memicu terbentuknya kristal dari urine yang menjadi batu ginjal.

Oleh karena itu selain mengonsumsi air yang cukup, ada beberapa jenis herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit ini. Berikut ini beberapa pilihan obat herbal untuk ginjal yang berkhasiat.

Jus Lemon

Kandungan sitrat dalam lemon dapat mencegah terjadinya pembentukan batu kalsium pada ginjal. Selain itu sitrat juga disebut bisa memecah batu ginjal menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk memudahkan proses pembuangannya.

Kaldu Kacang Merah

Memasak kaldu dari kacang merah juga dapat membersihkan dan melarutkan batu ginjal. Selain itu kaldu kacang merah juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

Cuka Sari Apel

Alternatif lain obat herbal untuk ginjal adalah cuka sari apel. Kandungan asam asetat-nya memudahkan proses pelarutan batu ginjal. Mengonsumsi cuka sari apel juga berguna meringankan nyeri atau rasa sakit akibat penyakit ginjal ini.

Namun mengonsumsi cuka sari apel tidak boleh berlebihan. Karena dapat menyebabkan kadar kalium yang rendah serta osteoporosis. Sebaiknya takaran minumnya kurang dari satu gelas dengan 8 ons campuran jus cuka sari apel.

Bagi penderita batu ginjal yang disertai dengan penyakit diabetes, sebaiknya lebih berhati-hati saat mengonsumsi cuka sari apel. Hindarkan herbal ini bagi orang yang sedang mengonsumsi insulin, diuretik, atau digox.

Baca Juga: Obat Alami Batu Ginjal yang Mudah Kita Temukan

Jus Gandum

Gandum juga merupakan pilihan herbal untuk ginjal yang efektif. Hal ini karena makanan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk membersihkan batu ginjal. Saran konsumsinya adalah 2 sampai 8 ons jus gandum setiap harinya.

Jus Tanaman Ekor Kuda

Jus ekor kuda mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun herbal ini memiliki sifat antioksidan dan anti bakteri sehingga dapat membantu menjaga kesehatan urine secara keseluruhan.

Selain itu, minuman ekor kuda juga dapat meningkatkan aliran urine. Ini berguna karena bisa membuat batu ginjal menjadi larut, meredakan peradangan dan pembengkakan.

Namun perlu Anda perhatikan untuk tidak mengonsumsi ekor kuda secara berlebihan. Konsumsi herbal ini selama lebih dari enam minggu dapat menyebabkan kehilangan kalium, risiko kejang, dan penurunan kadar vitamin B.

Itulah beberapa alternatif herbal untuk ginjal yang bisa Anda manfaatkan. Namun karena ada beberapa jenis penyakit ginjal yang berlainan, sebaiknya kenali penyebabnya dan konsultasikan dengan dokter agar lebih efektif. (R11/HR Online)

Editor: Jujang