Herbal untuk Jantung Terbaik, dari Kedelai hingga Paprika

herbal untuk jantung
Pilihan obat herbal untuk jantung. Foto: Ist/Net

Mengonsumsi herbal untuk jantung dapat menjadi alternatif bagi orang yang mengidap gangguan penyakit jantung. Seperti Kacang kedelai, paprika, atau teh hijau. Herbal ini juga berguna untuk menguatkan jantung agar kerjanya tidak terganggu.

Penyakit jantung merupakan jenis penyakit mematikan nomor satu di dunia. Tidak hanya menyerang lansia, penyakit ini juga dapat menyerang orang-orang dengan berbagai usia. Gangguan ini bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak.

Berbagai gangguan jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Hal ini karena jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh.

Pada dasarnya ada berbagai gangguan yang terjadi pada jantung. Mengenal jenis penyakit jantung juga penting untuk pencegahan sejak dini dengan herbal untuk jantung. Berikut ini beberapa gangguan jantung yang paling sering terjadi.

Aritmia

Kelainan irama jantung atau yang populer sebagai aritmia merupakan kondisi karena adanya gangguan sistem kelistrikan pada jantung. Hal ini menyebabkan terjadinya ketidak-normalan pada irama jantung.

Irama jantung bisa berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan tidak beraturan sama sekali. Kondisi ini terjadi karena terganggunya rangsangan listrik yang mengatur detak jantung. Akibatnya jantung tidak bisa bekerja dengan baik.

Penyakit Jantung Koroner

Penumpukan kolesterol dari asupan makanan bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah arteri. Hal ini merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung koroner.

Penyumbatan tersebut membuat oksigen tidak mampu mencapai jantung, sehingga fungsi jantung menjadi terganggu. Bagi Anda yang menderita penyakit jantung dapat mencoba mengonsumsi herbal untuk jantung sebagai pencegahan.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung juga bisa merupakan bawaan sejak lahir. Jika saat masih dalam kandungan terjadi gangguan saat pembentukan janin juga bisa berisiko memiliki kelainan pada struktur dan fungsi jantung.

Bayi yang mewarisi gen dari orang tuanya yang memiliki riwayat gangguan jantung cenderung akan memiliki jantung yang lemah. Tak sedikit kasus bayi yang mengalami gagal jantung karena faktor genetika.

Obat Herbal untuk Jantung

Pengobatan herbal dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi tanaman yang berkhasiat obat juga berguna meringankan gejala yang muncul.

Sebelum penyakit ini semakin parah menyerang tubuh, sebaiknya antisipasi dengan mengonsumsi asupan yang baik untuk jantung. Berikut ini beberapa obat herbal untuk jantung yang dapat menjadi solusi untuk mencegah dan mengatasi penyakit berbahaya ini.

Paprika

Paprika kaya akan antioksidan, dan berkhasiat untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada organ jantung. Kandungan Vitamin C, magnesium, fosfor, zat besi, serta kalium  yang ada dalam paprika juga efektif untuk memelihara kesehatan jantung.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa mengonsumsi paprika secara berlebihan dapat memicu alergi bagi sebagian orang yang tidak terbiasa. Sehingga hal ini dapat menyebabkan diare atau sakit perut.

Cara mengonsumsi paprika sebagai herbal untuk jantung tentunya harus secukupnya. Anda perlu mengolahnya bersamaan dengan berbagai jenis sayuran lain dengan porsi yang tidak berlebihan.

Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi penyakit jantung. Selain untuk menyembuhkan penyakit jantung, bawang putih juga memiliki manfaat lain, seperti membersihkan plak pada arteri, agar tidak menghambat aliran darah menuju jantung.

Teh Hijau

Serupa dengan paprika, teh hijau juga kaya dengan kandungan antioksidan. Hal ini karena adanya kandungan senyawa Epigallocatechin gallate (EGCG) yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung. 

Senyawa antioksidan juga sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan jantung. Apalagi minuman ini juga kaya dengan nutrisi lainnya yang berguna untuk menjaga sirkulasi darah.

Biji Anggur

Alternatif herbal untuk jantung lainnya yang juga berkhasiat adalah biji anggur. Biji buah anggur memiliki manfaat yang efektif dalam menekan oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh.

Seperti kita tahu, gaya hidup tak sehat seperti pola makan yang tidak terjaga bisa memicu penyakit. Penumpukan kolesterol jahat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh berpeluang besar menjadi awal terjadinya penyakit jantung.

Kedelai

Kandungan protein nabati tinggi dalam kacang kedelai memiliki efek untuk menurunkan risiko kolesterol jahat. Mengonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai berguna untuk menekan risiko penyakit jantung.

Akan tetapi mengonsumsi makanan tinggi nabati tidak sepenuhnya mengatasi penyakit jantung. Anda juga harus imbangi dengan olah raga yang teratur, pola makan sehat, dan istirahat yang cukup.

Itulah berbagai pilihan herbal untuk jantung yang berkhasiat. Selain untuk menjaga fungsi jantung, mengonsumsi tanaman yang berkhasiat obat juga berguna dalam mencegah risiko serangan jantung. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara