Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruHikmah Shalat Berjamaah, Bukti Ketaatan Kepada Allah SWT

Hikmah Shalat Berjamaah, Bukti Ketaatan Kepada Allah SWT

Hikmah shalat berjamaah cukup banyak. Hal ini menjadi alasan mengapa diutamakan pada ajaran agama Islam. Berjamaah memang tidak hanya memperoleh pahala saja, namun ada banyak hikmah yang bisa anda dapatkan.

Sebab, dengan cara ini secara langsung anda bisa menjalin hubungan baik atau kerjasama antara imam dan makmum. Shalat menjadi salah satu kewajiban umat Islam dan tidak boleh ditinggalkan.

Bahkan dengan menjalankannya, umat Islam akan memperoleh pahala yang besar. Namun, jika anda meninggalkannya, tentu dosa besar.

Maka dari itu, sebaiknya jangan sepelekan perintah Allah SWT tentang yang satu ini. Sebagai umat muslim laki-laki, shalat berjamaah ke masjid sangat dianjurkan.

Sehingga sebaiknya sebagai kaum muslim laki-laki bisa menjalankan ibadah fardhu ke masjid. Ibadah yang satu ini memiliki kedudukan yang tertinggi di mata Allah SWT.

Sebab, ibadah yang satu ini menjadi tiangnya agama. Bahkan sebagai muslim, anda juga perlu tahu apa sebenarnya hikmah shalat berjamaah.

Sebenarnya ibadah shalat memang bisa anda lakukan sendiri. Namun, anjuran untuk kaum laki-laki sangat memperbolehkan untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Bahkan hal ini juga anjuran untuk melakukannya dalam masjid. Bagi siapa saja yang menjalankan secara bersama-sama, pahalanya pun akan berlipat ganda.

Anda akan mendapatkan pahala besar yaitu 27 kali lipat daripada sholat sendiri. Itulah alasan mengapa anda perlu menjalankannya bersama-sama.

Baca juga: Macam Macam Sholat Sunnah, Bisa Menambah Pahala Jika Dilakukan

Hikmah Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah menjadi sebuah amalan yang sangat diutamakan. Hal ini akan memperoleh banyak pahala daripada sholat sendiri.

Padahal masih banyak orang yang menganggapnya enteng. Masih banyak umat Islam yang menjalankan ibadah sholat dari rumah.

Padahal anda kaum laki-laki dianjurkan berjamaah ke masjid. Dengan menjalankan secara bersama-sama, anda akan memperoleh banyak pahala, bahkan masuk surga.

Karena memang menjadi salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW, anda harus menjalankannya. Ada cerita dulu zaman Rasulullah SAW hampir membakar rumah warga yang tidak mau menjalankan sholat berjamaah.

Maka dari itu, sebaiknya anda memenuhinya seperti yang sudah diianjurkan sebelumnya. Semua ini juga sudah ada penjelasannya melalui hadist-hadist shohih.

Bagi anda yang belum melaksanakan sholat secara bersama-sama di masjid, berikut ini ada hikmahnya. Dengan mengetahui hikmah sholat berjamaah yang bisa anda dapatkan, sebaiknya segera menjalankannya.

Mudah Bersimpati dengan Orang Lain

Hikmah shalat berjamaah yang pertama yaitu membuat anda lebih memiliki rasa empati. Sehingga tidak akan mudah mencaci maki orang lain.

Jika anda bisa menjalankannya, maka akan terjadi penyatuan hati (ta’liful qulub) antar sesama. Selain itu, secara tidak langsung akan timbul rasa kasih sayang antar sesama. Sehingga bisa menyatukan kaum muslim dengan cara bertemu di masjid.

Memiliki Tujuan yang Sama

Hikmah shalat berjamaah yang lainnya yaitu menimbulkan kesamaan pikiran dan penyatuan visi misi (ta’liful fikri). Sehingga jalankan ibadah secara bersama-sama.

Maka dari itu, sebagai umat muslim, anda perlu tahu keutamaan dalam menjalankannya. Terutama yang perlu anda lakukan yaitu shalat fardhu dan akan timbul akselerasi kemajuan masyarakat. Bahkan agama Islam memberikan cara paling ampuh ketika ingin menyatukan umatnya yaitu dengan shalat jamaah.

Penghalang Tindakan Kemunkaran

Ada banyak hikmah shalat berjamaah yang bisa anda dapatkan yaitu sebagai penghalang tindakan kemunkaran. Hal ini sudah jelas pada potongan ayat QS Al Ankabut: 45.

Isi dari ayat tersebut menyebutkan jika dengan mendirikan shalat berarti mampu mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dengan menjalankan sholat lebih khusyuk, tentu anda bisa menemukan semuanya. 

Baca juga: Amalan Penghapus Dosa, Lakukan untuk Mengurangi Kesalahan

Sebagai Wujud Ketaatan Terhadap Allah SWT

Selain yang sudah tampak jelas dari sebelumnya anda juga bisa mendapatkan yang lain. Hal ini membantu anda untuk membuktikan ketaatan terhadap Allah SWT.

Saat terdengar suara adzan, maka segeralah untuk datang ke masjid. Segala urusan dunia, hilangkan dan tinggalkan. Sebab, cara ini menjadi salah satu bukti anda menghormati Allah SWT melalui hikmah sholat bersama-sama.

Mengutamakan ibadah ke masjid adalah salah satu kewajiban yang bisa anda lakukan. Selain hadir dengan berbagai manfaat, banyak hikmah yang anda dapatkan.

Salah satu yang bisa anda lakukan yaitu dengan menjalankan shalat berjamaah. Selain itu, anda juga bisa merasakan apa sebenarnya hikmah shalat berjamaah. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid