HP Honor V40 Resmi Dipasarkan, Ini Spek dan Harganya

HP Honor V40 Resmi Dipasarkan
HP Honor V40 yang baru dirilis setelah berpisah dari Huawei. Foto : GSM Arena

Honor resmi merilis produk terbarunya yakni HP Honor V40. Smartphone seri V40 sendiri merupakan produk pertama setelah pisah dengan Huawei, yang sebelumnya menjadi induk dari Honor.

Sebagai informasi, produsen smartphone asal China ini ‘cerai’ dari induknya yaitu Huawei, pada bulan November 2020 lalu.

Sementara kehadiran dari seri V40 ini, membuktikan bahwa vendor ponsel pintar Honor bisa menciptakan produk dengan spesifikasi yang mumpuni namun ramah kantong.

Spesifikasi HP Honor V40 Setelah Pisah dari Huawei

Sebelum berpisah dengan Huawei, Honor sudah mengeluarkan puluhan seri atau produk, yang pemasarannya ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Seperti seri C10 Max 5G yang meluncur pada bulan Juli 2020, seri 30 Youth sama rilis Juli 2020, Honor 8S 2020 rilis Mei 2020 dan lain sebagainya.

Sementara peluncuran dari Honor V40 sendiri pertama kali di negara asalnya, China belum lama ini.

Lantas bagaimana dengan spesifikasi yang V40 ini bawa? Berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari GSM Arena.

Layar

HP Honor V40 atau nama lainnya View40 ini memiliki layar dengan ukuran yang sangat lega atau lebar, yakni mencapai 6,72 inci. Sedangkan pada resolusinya, mencapai 1236 x 2676 piksel (FHD+) dengan aspek rasio 19.5:9.

Untuk panel layarnya sendiri, varian terbaru dari vendor asal China ini mengusung AMOLED, dengan refresh rate 120Hz. Tentunya, hal itu bisa membuat layar dari V40 tersebut akan menjadi lebih jelas dan nyaman saat Anda pakai.

Sementara untuk fitur atau teknologi yang V40 bawa juga tidak kalah hebat. Seperti terdapat HDR10, Always on Display dan lain sebagainya.

Dapur Pacu

Beralih ke dapur pacu, HP Honor V40 membawa prosesor Dimensity 1000+ besutan Mediatek, dengan fabrikasi 7nm.

Sementara pada bagian CPU-nya memakai Octa-Core Cortex-A77 kecepatan 2.6 GHz dan Cortex-A55 kecepatan 2.0 GHz. Selain itu, pada hardware yang lain, terpasang GPU atau grafis Mali-G77 MC9.

Baca Juga : HP Xiaomi 90Hz, Dukung Aktivitas Gaming Lebih Optimal dan Smooth

Sedangkan sebagai pendukung performa, terpasang RAM berkapasitas 8 GB, yang dipadukan dengan penyimpanan internal 128 GB serta 256 GB.

Tentunya, dengan perpaduan antara otak atau prosesor dengan kapasitas RAM dan internal memori, maka performa dari HP Honor V40 ini bisa memuaskan.

Sehingga, ponsel terbaru vendor asal China tersebut sangat nyaman saat bermain multimedia atau game kelas berat.

Kamera

Sementara untuk bagian kamera tidak berbeda jauh dengan vendor smartphone lainnya, yang membawa lebih dari 2 lensa pada bagian belakang.

Pasalnya, selain prosesor, RAM dan layar, kamera juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen yang ingin membeli ponsel pintar baru.

Adapun HP Honor V40 ini membawa triple atau tiga kamera pada bagian belakang. Ketiganya antara lain berkekuatan 50 MP dengan bukaan f/1,9 sebagai lensa wide.

Kemudian, kamera beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.4 sebagai lensa ultrawide yang bisa mengambil sudut sampai 120 derajat. Dan kamera terakhir adalah 2 MP aperture f/2.4 sebagai lensa makro.

Kelebihan dari ponsel Honor ini bisa merekam video dengan kualitas 1080 piksel sampai 4K yang jarang smartphone miliki.

Baca Juga : HP Vivo Y20G Resmi Meluncur dengan Spesifikasi Unggul Helio G80

Adapun penempatan dari ketiga kamera belakangnya ini, terpasang di sudut kiri atas, dengan lensa utama di atas, dan lensa lainnya beserta LED flash di bawahnya.

Sedangkan pada bagian depan terpasang dua lensa dengan resolusi 16 MP, dengan bukaan f.2,0 (wide). Kedua lensa kamera selfie tersebut terpasang pada sudut kiri atas.

Baterai

Selain memiliki kelebihan pada sektor layar, dapur pacu dan kamera, HP Honor V40 ini juga handal pada bagian baterainya. Kapasitas daya baterai yang seri V40 bawa adalah sebesar 4000 mAh.

Sedangkan pada fitur pengisian tersedia fast charging atau pengisian cepat 66W. Honor mengklaim dengan fitur tersebut bisa mengisi daya dari 0 sampai 60 persen hanya dalam waktu 16 menit. Dan jika sampai 100 persen memakan waktu 35 menit.

Selain itu, tersedia juga fitur fast wireless charging 50W, yang bisa mengisi daya baterai sampai 50 persen dalam waktu 35 menit, serta fitur Reverse charging 5W.

Fitur dan Spesifikasi Lainnya

Sementara untuk fitur lainnya, pada bagian keamanan ponsel memakai fingerprint yang terpasang di dalam layar, serta pemindai wajah.

HP Honor V40 memiliki dimensi dengan ukuran secara keseluruhan 163.1 x 74.3 x 8 mm, dengan berat hanya 18 gram.

Baca Juga : HP Realme X9 Siap Rilis, Tampil Baru dengan Desain Ramping

Sedangkan pada bagian SIM Card tersedia dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). Untuk sistem operasi (OS) berbasis Android 10 dan menjalankan antarmuka Magic UI 4.0. Akan tetapi, tidak tersebut Google Play Services.

Pada bagian warna tersedia dalam tiga pilihan, antara lain warna Midnight Black, Rose Gold, dan Titanium Silver.

Harga

Masih mengutip dari GSM Arena, harga dari smartphone terbaru Honor ini untuk RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB berbanderol 3.599 yuan atau kisaran Rp 7,8 jutaan.

Sedangkan harga dari HP Honor V40 dengan RAM 8 GB dan internal memori 256 GB, harganya 3.999 yuan atau kurang lebih Rp 8,7 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto