HP Vivo Y20G Resmi Meluncur dengan Spesifikasi Unggul Helio G80

HP Vivo Y20G
HP Vivo Y20G. Foto: gizchina

HP Vivo Y20G telah hadir dan rilis resmi di India. Setelah meluncurkan Vivo Y12s pekan lalu, tampaknya Vivo seakan tidak akan berhenti dan puas meluncurkan satu produk baru untuk menyambut awal tahun 2021 ini. Peluncuran Vivo Y20G ini menghadirkan ponsel pintar sebagai deretan keenam pada jajaran lini HP Vivo Y20.

Seperti yang kita tahu, Vivo telah mengeluarkan lima seri seperti Vivo Y20, Vivo Y20i, Vivo Y20A, Vivo Y20s, dan Vivo Y20 2021. Kemudian, HP terbaru ini tampaknya juga berbeda dengan seri atau varian sebelumnya. Vivo Y20G ini akan mengusung chipset yang lebih powerfull.

Spesifikasi HP Vivo Y20G

Seperti yang telah kita ketahui bersama jika Vivo memang cukup inovatif dalam menghadirkan produk terbarunya dari masa-ke masa. Paling baru, Vivo Y2G ini akan meluncur dengan dukungan panel IPS yang berukuran 6,51 inci.

Lalu, juga akan hadir dengan dukungan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Dengan kerapatan piksel sebesar 270 ppi dan 16 juta warna. Untuk aspek rasionya adalah 20:9 dan juga lengkap dengan model dew drop.

Baca Juga : HP Vivo V2035 Terlacak Usung RAM 8GB, Intip Keunggulannya!

Sedangkan untuk dimensinya, Vivo terbaru untuk seri Y20 ini memiliki ukuran 164,41 x 76,3 x 8,4 mm dengan berat sekitar 192,3 gram. Lalu untuk material pendukungnya yaitu bagian depan adalah kaca. Sementara frame dan bodi plastik.

Performa Dapur Pacu

HP Vivo Y20G ini mendukung Operating System dari Android 10.0 dengan tampilan antarmuka Funtouch 11. Selanjutnya juga hadir dengan dukungan chipset yang lebih bertenaga daripada seri Y20 sebelumnya, yaitu dari MediaTek Helio G80.

Chipset canggih ini akan beradu performa dengan RAM 6GB serta penyimpanan atau memori internal sebesar 128GB. Ruang untuk memori internal tersebut dapat diperluas hingga 1TB dengan microSD.

Kamera dan Fitur

Untuk urusan bidikan gambar Vivo tidak dapat diremehkan. Karena HP ini hadir dengan pengaturan tiga kamera belakang dengan 13 MP kamera utama, 2 MP untuk kamera makro, sementara 2 MP untuk depth sensor.

Kemudian pada bagian depan terdapat kamera selfie atau kamera depan sebesar 8 MP yang tersemat dalam poni pada bagian atas layar.

Baca Juga : HP Vivo X60 Pro+, Terungkap Bocoran Chipset Snapdragon 888 SoC

Kemudian, untuk masalah konektivitas, HP Vivo Y20G terbaru ini telah hadir dengan dual SIM 4G Bluetooth 5.0 Wifi dual band, GPS, GLONASS, BeiDou, Galileo, jack audio 3.5 mm, serta port microUSB.

Selain itu, terdapat fitur canggih lainnya, seperti fingerprint atau sensor sidik jari yang terletak pada bagian samping, sensor cahaya sekitar, akselerator sensor jarak, giroskop, dan juga kompas. Lalu, untuk baterainya telah hadir dengan kapasitas yang besar yaitu 5000 mAh dengan fitur fast charging 18W.

Harga dan Warna

Untuk anda yang menginginkan HP canggih dari Vivo ini, maka mereka akan menawarkan pada anda dua pilihan warna, yakni Purist Blue dan juga Obsidian Black.

Lalu, untuk harga yang ditawarkan pada HP Vivo Y20G terbaru ini yakni RS 14.990 atau sekitar Rp 2,8 jutaan untuk RAM dan penyimpanan tunggal.

Helio G80, Chipset Terbaru MediaTek

MediaTek belum lama memperkenalkan chipset baru besutannya pada awal 2020 lalu. Chipset ini kembali meluncur setelah mengeluarkan Helio G90 pada 2019.

Pada chipset terbaru ini menjadi chipset canggih untuk perangkat gaming, namun pada kelas menengah dengan harga lebih dapat terjangkau.

Helio G80 ini pun mereka buat dengan node 12mm serta CPU Octa core 2x Cortex-A75. Chipset ini mempunyai kemampuan pada GPU 950MHz karena berbekal Mali-G52.

Selain itu, untuk chipset terbarunya ini, MediaTek menambahkan fitur HyperEngine Game untuk chipset high-end yang mana juga terdapat pada HP Vivo Y20G.

Salah satu keunggulan fitur ini adalah mampu mendeteksi koneksi internet pada saat bermain game. Sehingga, bisa secara otomatis dari perangkat seluler ke jaringan Wifi, namun tergantung pada kecepatan.

Baca Juga : HP Vivo RAM 12GB, Performa Terbaik untuk Gaming Hingga Multitasking

Tak hanya itu saja, chipset ini pun menawarkan saat bermain game pengalaman yang lebih stabil. Hal ini tentu karena pengaturan dari performa GPU dan CPU yang secara aktif. Jika mengingat pada saat tahun lalu atau awal peluncuran chipset Helio G80 ini.

Perusahaan tersebut menyampaikan jika dalam waktu dekat chipset canggih dan terbaru ini akan meluncur pada perangkat mobile di India.

Selanjutnya akan merambah ke pasar global. Pada saat itu memang belum mereka sebutkan perangkat apa yang dimaksud. Akan tetapi, meluncurnya HP Vivo Y20G di India ini menjawab setidaknya apa yang MediaTek maksud tahun lalu. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto