HP Xiaomi Black Shark 4 Bakal Didukung Chipset Snapdragon 888

HP Xiaomi Black Shark 4
HP Xiaomi Black Shark 4. Foto: techradar

HP Xiaomi Black Shark 4 meluncur pertama kali berupa teaser oleh vendor asal Tiongkok, Xiaomi. Mereka meluncurkan ponsel pintar untuk bermain game dan merupakan penerus seri terdahulunya, Black Shark 3. Lantas seperti apa spesifikasi yang produk terbaru Xiaomi tersebut tunjukkan?.

HP Xiaomi Black Shark 4

Luo Yu Zhou selaku CEO Xiaomi untuk Black Shark mengatakan jika pihaknya telah mengklaim HP gaming terbaru yakni Black Shark untuk generasi akan datang dan memiliki perangkat yang tidak dapat terkalahkan. Hal itu telah diprediksi dengan hadirnya chipset Snapdragon 888 untuk melengkapinya.

Berdasarkan kutipan dari laman Gizmochina, Black Shark 4 terbaru dari Xiaomi ini akan lengkap dengan fasilitas baterai berkapasitas 4.500 mAh. Dimana akan berbekal fitur fast charging atau pengisian daya yang super cepat sebesar 120 W.

Baca Juga : HP Xiaomi ROM 256GB, Penyimpanan Luas Dukung Kinerja Maksimal

Melalui teaser yang hadir tersebut, anda dan juga pengguna lainnya dapat melakukan pengisian daya baterai pada perangkat mobile terbaru asal China ini dengan waktu yang kurang dari 15 menit. Selanjutnya, pihak Xiaomi memberikan bocoran tentang detail spesifikasi HP Xiaomi Black Shark 4 ini alias masih menjadi rahasia.

Terdapat sebuah rumor lain yang mengungkapkan jika HP seri terbaru untuk gaming ini mengusung layar dengan resolusi 1080 piksel lengkap dengan refresh rate sebesar 144 Hz.

Terdapat pembaruan lain yang nantinya pengguna harapkan mengisi sektor pembuangan panas serta pada sistem pendingin yang penting pada sebuah perangkat gaming.

Teaser Seri Black Shark Pertama Setelah Satu Tahun

Seperti yang telah kita ketahui jika Xiaomi telah mengeluarkan seri HP Black Shark 3 pada bulan Februari 2020 lalu. Sehingga, hal tersebut menandakan jika sudah satu tahun yang lalu mereka merilis debut Black Shark untuk gaming.

Ponsel Black Shark 3S menghadirkan layar AMOLED 6,67 inci dengan hasil resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Kemudian, untuk dapur pacunya, HP seri 3 Black Shark lengkap dengan chipset Snapdragon 865. RAM LPDDR5 sebesar 12GB dengan penyimpanan UFS 3.1 128 GB/256 GB.

Baca Juga : HP Xiaomi 3 Kamera Belakang dengan Fitur Canggih, Harga Terjangkau

Lalu, berbeda dengan HP Xiaomi Black Shark 4 terbaru, Black Shark 3S juga mempunyai fitur kamera selfie 20 MP dengan kamera utamanya 64 MP serta kamera ultra wide sebesar 13 MP. Baterai HP seri 3 ini pun hadir dengan kapasitas sebesar 4.720 mAh dan fitur fast charging 65 W.

Keunggulan Chipset Snapdragon 888

Qualcomm selaku produsen chipset paling terkenal untuk HP, memamerkan produk tercanggihnya yakni Snapdragon 888. Chipset ini melengkapi komponen yang serba baru seperti CPU, GPU, pengolahan gambar terbaik, mendukung sistem machine learning, modern 5G, sampai pada komponen hub sensor.

Chipset yang Hemat Energi dan Terintegrasi dengan Modem 5G

Secara umum, chipset ini memberikan performa sangat cepat, akan tetapi tetap hemat energi. Lalu dengan teknologi jaringan 5G yang baru untuk HP Xiaomi Black Shark 4 akan mengintegrasikan modem Snapdragon X60 pada chip yang sama.

Qualcomm sebelumnya telah mengatakan jika tidak akan mungkin menghadirkan semua dari fitur 5G ke modem yang terintegrasi dengan chipset Snapdragon X55 karena konsumsi dan ukuran daya yang cukup besar.

Komponen yang sudah terintegrasi ini cenderung lebih menghemat daya. Karena akan lebih sedikit daya yang terbuang saat memindahkan data antara chipset eksternal ke memori.

Kemudian, Qualcomm memakai pabrikan chip 5nm. Sehingga, chipset yang biasanya bergabung dengan Apple, Samsung, dan juga Huawei ini pun hadir pada HP Xiaomi Black Shark 4.

Dengan chip yang mereka sematkan pada produk HP, akan memberikan peningkatan energi yang lebih efisien daripada chip 7nm generasi terakhir.

Tangguh untuk Gaming

Bahkan, chipset ini mereka kombinasikan dengan efisiensi peningkatan CPU Arm’s Cortex-A78 serta prosesor machine learning yang baru. Sehingga, Snapdragon 888 menjadi chipset andalan dari Qualcomm yang paling efisien sampai saat ini.

Snapdragon 888 juga telah mendukung fitur grafis dan permainan yang baru. Grafik HDR 10-bit, kecepatan refresh rate 144 fps serta rendering maju.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi 9T Akan Mengusung RAM 6GB dan Baterai 6000 mAh

Bahkan hadir dengan dukungan Variable Rate Shading yang baru. Sehingga, HP dengan dukungan chipset ini akan tanggung dalam bermain game serta tampilan gambar yang lebih halus.

Kemudian, hadirnya HP Xiaomi Black Shark 4 yang dikabarkan mengusung chipset ini, tentu mempunyai keunggulan dalam gaming. Chipset Snapdragon 888 akan memberikan kinerja grafis sekitar 35 persen lebih baik dengan 20 persen efisiensi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto