Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik dengan Platform Terbaru yang Canggih

Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik dengan Platform Terbaru yang Canggih
Hyundai Ioniq 5. Foto: daxstreet.com

Hyundai Ioniq 5 diperkenalkan sebagai mobil listrik terbaru yang masuk pasar otomotif. Hyundai sebagai perusahaan otomotif terbaik dan terlaris di pasar dunia.

Selain memberikan berbagai produksi kendaraan dengan bahan bakar, kini perusahaan ini mulai memproduksi motor listrik. Sama seperti perusahaan lainnya yang memberikan inovasi baru dan terbaik setiap saat.

Bahkan digadang-gadang kendaraan ini akan menggempur pasar otomotif. Ioniq 5 dibangun dengan mengusung konsep mobil 45 yang sudah ada sejak tahun 2019.

Kabarnya Hyundai akan memperkenalkan mobil listrik terbaru pada bulan Februari 2021 mendatang. Jika anda lihat dari potretnya, kendaraan ini hampir memiliki kemiripan dengan mobil 45 concept.

Semua bisa anda lihat dari spesifikasinya yang menarik dan cukup mengesankan. Hyundai Ioniq 5 memiliki tampilan menarik, terkesan modern, dan futuristik.

Apalagi ada banyak kelebihan yang mobil ini miliki, membuatnya pantas untuk jadi incaran kendaraan pribadi. Sama seperti produk sebelumnya, Hyundai mampu memberikan produk yang memiliki berbagai fitur menarik.

Baca Juga : Merek Mobil Paling Rewel, Dianggap Sering Bermasalah, Ini Daftarnya!

Hyundai membawa mobil listrik yang ramah lingkungan. Bahkan dijamin kendaraan ini mampu membuat pemiliknya merasa nyaman saat berada di perjalanan.

Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Hyundai merupakan perusahaan otomotif yang cukup populer dan tiada henti memberikan inovasi terbarunya. Produsen mobil asal Korea Selatan ini tidak pernah berhenti mengembangkan teknologi pada setiap produknya.

Sebenarnya Ioniq 5 yang menjadi produk terbaru ini sudah bisa anda pesan sebelum SUV. Bahkan mobil listrik yang satu ini hadir dengan spesifikasi sebagai kendaraan terbaru yang modern.

Ada beberapa detail bocoran dari Ioniq 5 yang akan rilis pada bulan depan. Bahkan tidak hanya menghadirkan kendaraan bertenaga listrik saja, namun hadir dengan harga yang cukup menarik.

Ada beberapa pilihan warna Hyundai yang bisa ditawarkan dan akan berlangsung pada bulan depan. Berikut ini ada beberapa bocoran spesifikasi kendaraan yang satu ini, antara lain:

Teknologi

Hyundai Ioniq 5 membawa bekal teknologi yang cukup menarik yaitu sistem Vehicle to Load. V2L memungkinkan kendaraan mobil sebagai sumber energi listrik lainnya.

Sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan listrik lainnya. Hyundai yang satu ini memiliki daya yang cukup bertenaga yaitu 3,5 kW, 110/220V.

Pengisian daya baterainya menggunakan dua arah dengan durasi pengisian cukup 5 menit saja. Dengan waktu tersebut, pengisian tenaga bisa berfungsi untuk menempuh jarak 99,7 km.

Baca Juga : Mobil Listrik Nio ET7, Sedan Mewah dengan Baterai Termahal di Dunia

Jika pengisian penuh, baterainya mampu menempuh jarak 450 km berdasarkan Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP). Tidak hanya itu saja, terdapat sistem atap bertenaga surya yang sama seperti milik Hyundai Sonata Hybrid.

Bodi

Dari segi bodinya, Hyundai Ioniq 5 sudah hadir dengan 2 varian, yaitu Ioniq Electric dan Kona Electric. Bodinya memiliki sebutan Electric-Global Modular Platform (E-GMP) bisa terpakai pada berbagai jenis kendaraan.

Mulai untuk mobil hatchback hingga SUV berukuran gambot. Dari desainnya yang terlihat pada bagian headlamp dengan inspirasi Concept 45. Sedangkan untuk desain bodinya berbentuk crossover mirip Concept 45.

Dimensi ukuran Ioniq 5 yaitu panjang 4630 mm dengan jarak sumbu roda 3000 mm. Berbeda dengan Hyundai Santa Fe yang memiliki panjang 4770 yang lebih besar.

Desain platform terbaru E-GMP dan posisi baterainya dekat tanah hadir dengan stabilitas baik. Hal ini akan terjadi ketika mobil berkendara pada kecepatan tinggi atau menikung.

Baca Juga : Tesla Model Y, Mobil Listrik Performa Tangguh Harga Terjangkau

Pemesanan

Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik dengan harga terjangkau. Bahkan kabarnya memiliki penawaran harga terbaik sesuai dengan bekal spesifikasinya.

Harga yang dibandrol berkisar sekitar Rp 17 juta untuk uang muka. Hal ini khusus bagi konsumen yang ingin memesan Ioniq 5 First Edition.

Waktu pemesanan terbatas mulai dari 18 Desember 2020 hingga 31 Januari 2021. Ada pilihan warna yang khusus bagi anda pemesan Ioniq 5.

Hal ini bisa anda dapatkan dari segi warnanya yang tersedia. Pemesanan kendaraan akan mulai kirim sekitar bulan Juli 2021 mendatang. 

Sistem Ganda

Mobil Hyundai bertenaga listrik ini hadir dalam sistem ganda dengan satu motor pada bagian depan. Sedangkan untuk yang satu lagi ada pada bagian poros belakang.

Sehingga tidak menutup kemungkinan, Ioniq 5 memperoleh sistem penggerak semua roda All-Wheel Drive. Bocoran spesifikasi ini memang belum tampak jelas.

Namun Hyundai Ioniq 5 memang sebagai mobil listrik bertenaga dengan spesifikasi terbaik. Banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah