Investasi Untuk Pemula, Ini Hal Mendasar yang Wajib Anda Tahu

Cara investasi untuk pemula yang menguntungkan
Cara investasi untuk pemula yang menguntungkan. Foto: Ist/Net

Investasi untuk pemula merupakan alternatif terbaik dan mudah dalam mendapatkan passive income. Namun potensi kerugian juga besar jika Anda tidak mengetahui cara investasi yang tepat dan menguntungkan.

Berinvestasi sejak dini memang penting. Tapi bukan berarti Anda harus berinvestasi sembarangan, karena hal itu akan berisiko menimbulkan kerugian bagi Anda. Terlebih jika Anda adalah seorang pemula yang awam dengan dunia keuangan ini.

Secara umum investasi adalah aktivitas menanamkan modal untuk mendapatkan keuntungan. Investasi bisa dengan menanamkan uang pada suatu proyek atau perusahaan maupun dengan membeli sesuatu.

Sebelum berinvestasi dalam bidang usaha atau bisnis tertentu, ada beberapa hal penting dan mendasar yang harus Anda tahu. Hanya dengan mengenal dan mempelajarinya barulah seorang pemula bisa menentukan jenis investasi yang tepat baginya.

Hal Penting dan Mendasar Cara Investasi untuk Pemula

Jika Anda ingin menanamkan uangnya untuk berinvestasi sebaiknya kenali dan rencanakan dengan baik. Penasaran untuk mengetahui apa saja hal-hal penting dan mendasar tentang cara investasi untuk pemula? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Reksadana, Rendah Risiko tapi Return Tinggi

Kenali Kebutuhan dan Tujuan Anda

Poin paling penting yang harus Anda perhatikan saat berinvestasi adalah menentukan sasaran keuangan Anda.  Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk memikirkan apa tujuan Anda dalam melakukan investasi.

Anda sebaiknya jangan mencampurkan antara tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Pisahkanlah antara kedua tujuan tersebut dengan membuat detail yang jelas.

Salah satu contoh tujuan jangka pendek adalah seperti investasi untuk mengikuti kursus tertentu. Adapun contoh tujuan investasi jangka panjang seperti perencanaan untuk membeli rumah, menikah atau pensiun.

Pisahkan Tabungan dan Investasi

Cara investasi untuk pemula yang juga penting adalah memastikan Anda memisahkan antara tabungan dengan investasi karena keduanya merupakan hal yang berbeda. Sebesar apapun tabungan Anda, tetap tidak akan memberikan tambahan yang besar.

Berbeda halnya dengan investasi yang potensi bertambahnya dana sangat besar. Tentunya sesuai dengan potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan dari hasil investasi.

Oleh karena itu jangan pernah menganggap tabungan Anda pada bank sebagai bentuk investasi. Sebab investasi sebenarnya adalah apa yang Anda tanamkan sebagai modal dalam sebuah usaha atau bisnis tertentu.

Sesuaikan Jenis Investasi dengan Gaji

Saat ini banyak sekali jenis investasi untuk pemula yang menguntungkan. Seperti investasi tanah, properti, kuliner, dan sebagainya. Setiap dari investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada sisi lain, investasi tentunya harus Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial yang Anda miliki saat ini. Apabila gaji bulanan Anda masih kurang dari 5 juta rupiah, sebaiknya pilih investasi yang memiliki risiko rendah.

Baca Juga: Cara Investasi Saham yang Mudah dan Aman untuk Tabungan Masa Depan

Pelajari Pasar Secara Seksama

Penyebab terbesar kerugian yang sering terjadi pada orang yang berinvestasi yaitu tidak mempelajari pasar secara seksama. Berbeda dengan tabungan, investasi ibarat dua sisi mata uang. Yaitu adanya kemungkinan meraih keberhasilan dan kemungkinan mengalami kerugian.

Cara investasi untuk pemula adalah dengan mencermati pasar yang ada. Contohnya saat Anda ingin berinvestasi pada sebuah usaha tertentu. Tentunya Anda tidak asal berinvestasi, tapi terlebih dahulu mempelajari potensi pasar dari usaha tersebut.

Jika potensi keuntungannya lebih besar dari potensi kerugian, tentu Anda bisa berinvestasi pada usaha tersebut. Tapi jika sebaliknya, tentu Anda harus menjauhinya jika tidak ingin mengalami kerugian.

Sebarkan Investasi pada Banyak Bidang

Hal mendasar lainnya cara berinvestasi untuk pemula yang harus Anda perhatikan adalah tidak membatasi investasi pada satu bidang tertentu. Semakin banyak bidang yang Anda pilih untuk berinvestasi, maka peluang kesuksesan juga semakin besar.

Meskipun berinvestasi pada bidang properti sangat menguntungkan, tetapi menggantungkan investasi pada satu bidang ini saja tentu sangat berisiko. Kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi pada masa depan.

Ada banyak hal-hal tidak terduga yang bisa menyebabkan kerugian. Jika Anda memiliki investasi pada banyak bidang, tentu Anda masih dalam zona aman meskipun mengalami kerugian pada satu bidang investasi tertentu.

Demikianlah informasi seputar hal-hal penting dan mendasar terkait cara berinvestasi untuk pemula yang perlu Anda tahu. Apalagi jika Anda sedang mencari dan ingin menanam investasi pada bidang usaha tertentu. (R11/HR Online)

Editor: Jujang