Jabar Siap Pakai Barak Secapa AD Bandung Jadi RS Darurat Covid-19

RS Darurat Covid-19
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan siap gunakan RS Darurat Covid-19. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan dengan dukungan TNI AD, barak-barak sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) siap jadi RS Darurat Covid-19. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas tempat perawatan pasien positif Corona.

RS ini untuk perawatan bagi ruang isolasi hijau yakni pasien dengan gejala ringan. Ada 4 barak yang disiapkan. Tiga barak menjadi ruang isolasi untuk pasien gejala ringan, kapasitasnya 60 orang pasien setiap barak. Semuanya telah siap mulai dari SDM hingga obat dan alat kesehatan.

“Sudah siap, minggu ini RS Darurat Covid-19 di Secapa AD, Hegarmanah, siap dipergunakan untuk perawatan yang positif dengan gejala ringan. Hal ini dapat mengurangi beban rumah sakit,” ujar Ridwan Kamil dalam konferensi pers usai rapat koordinasi, Senin (11/1/2021).

Ridwan Kamil menyatakan kehadiran RS Darurat Covid-19 ini sebagai bukti bahwa semua pihak kompak dalam menangani pandemi. Rencananya, Selasa (12/1/2021) ini Ridwan Kamil akan mengecek langsung rumah sakit darurat tersebut.

“Semoga semua berjalan lancar. Tentunya ini merupakan sebuah semangat kebersamaan, sebagai provinsi dengan Forkopimda kompak. Dukungan dari TNI-Polri sangat luar biasa, dengan semangat silih asah, asih dan asuh,” ucapnya.

Sampai dengan 10 Januari 2021, keterisian tempat perawatan isolasi Covid-19 Jabar sebesar 77,87 persen. Dengan rincian, ruang isolasi hijau 74,75 persen dan ruang isolasi kuning 86,58 persen, ruang isolasi merah 78,82 persen, ruang ICU 74,15 persen dan IGD 39,78 persen. Sehingga adanya RS Darurat Covid-19 ini akan meringankan tingkat keterisian tempat isolasi. (Dadang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

Aegis Boost Pro