Jadwal Hidup Mati HP, Simak Cara Membuat dan Ketahui Manfaatnya

Jadwal Hidup Mati HP
Ilustrasi Jadwal Hidup Mati HP. Foto: youtube.com

Jadwal hidup mati HP dapat anda aktifkan secara otomatis perangkat Android yang anda gunakan. Pada kenyataannya, banyak pengguna smartphone yang tetap mengaktifkan perangkat mereka pada saat dalam keadaan tidur.

Padahal hal perangkat tersebut sudah tidak digunakan lagi. Hal tepat yang perlu anda lakukan adalah mematikan ponsel pada saat tidak digunakan, terutama saat dalam keadaan tidur.

Saat ini banyak perangkat Android terbaru yang mempunyai fitur shutdown atau mematikan serta menyala secara otomatis.

Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna dapat memilih jadwal kapan ponsel dimatikan atau dinyalakan kembali. Para pengguna dapat mengatur pukul berapa HP dalam posisi mati dan pada pukul berapa HP dalam posisi menyala.

Membuat Jadwal Hidup Mati HP

Sama halnya manusia, sebuah smartphone juga memerlukan adanya waktu untuk beristirahat. Untuk melakukan hal ini, pada umumnya para pengguna akan mematikan serta menghidupkan smartphone Android dengan menggunakan tombol power secara manual.

Baca Juga : Cara Menghapus Fingerprint Samsung dengan Mudah, Simak Ulasannya 

Akan tetapi tahukah anda, terdapat cara lain yang lebih efektif untuk melakukan hal ini yakni dengan membuat jadwal hidup mati HP secara otomatis. Dengan memanfaatkan adanya fitur yang memungkinkan hal tersebut.

Hadir fitur yang memungkinkan perangkat Android dapat menonaktifkan atau power off (mati dan menyala) secara otomatis. Hal ini tentunya sangat membantu bagi para pengguna Android yang menginginkan perangkat yang mereka miliki dapat beristirahat dalam waktu berkala.

Lalu bagaimanakah menonaktifkan ponsel secara berkala setiap harinya agar membuat usia penggunaan perangkat menjadi jauh lebih lama?

Berikut ini akan kita bahas mengenai cara membuat jadwal hidup mati pada perangkat smartphone secara lebih rinci yang antara lain:

Cara Membuat Jadwal Hidup Mati HP Melalui Setelan

Pada beberapa perangkat HP ataupun tablet dengan merk tertentu, pada umumnya memiliki fitur bawaan yang memungkinkan perangkat dapat dijadwalkan untuk mati serta menyala.

Misalnya pada beberapa smartphone Vivo, Oppo, Advan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pada operating system Android 7.0 Nougat, maka fitur tersebut telah ada dari bawaan OSnya.

Maka apabila smartphone anda tidak mendukung fitur ini, anda dapat upgrade ke OS Android Nougat dengan menggunakan tautan berikut ini:

  • https://woiden.com/android-7-0-nougat/

Namun jika perangkat anda telah memperoleh dukungan fitur ini atau anda telah menggunakan Android 7.0 ke atas, maka anda dapat menggunakan cara berikut:

  1. Arahkan ke “Setting” atau “Setelan”
  2. Gulir pada bagian bawah hingga anda menemukan pilihan ” Schedule Power On/Off” atau “Pengatur Waktu Saklar Mesin”
  3. Melalui menu pilihan tersebut, anda dapat mengaktifkan tombol saklar untuk pilihan daya aktif/ power on atau daya mati alias power off.
  4. Selanjutnya atur sesuai jam yang anda inginkan
  5. Anda juga dapat menyetel untuk pilihan “ulangi atau repeat” pada hari tertentu ataupun untuk setiap hari.
  6. Setelah pengaturan waktu selesai anda lakukan, maka anda dapat mengaktifkan jadwal mati hidup HP dengan menghidupkan tombol on off perangkat tersebut.

Cara Membuat Jadwal Hidup Mati HP secara Otomatis Melalui Aplikasi Ketiga

Terdapat alternatif lainnya yang dapat anda lakukan pada saat smartphone atau tablet Android yang anda miliki tidak mendukung fitur hidup mati.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat anda unduh melalui layanan Google Play Store berikut:

  • Power Schedule: https://woiden.com/go/TCxo7L
  • Smart Screen On/Off Auto: https://woiden.com/go/fgzqF8
  • Power Schedule Basic: https://woiden.com/go/zoIWqx

Pasalnya, memperbaharui ataupun mengupgrade OS ke Android Nougat tersebut bukanlah hal yang mudah. Maka dengan menggunakan cara ini, merupakan solusi paling tepat dalam membuat jadwal hidup mati HP secara otomatis.

Manfaat Mengaktifkan Jadwal Hidup Mati HP

Mematikan dan menghidupkan HP sesuai dengan keinginan pengguna dapat membuat istirahat malam anda lebih lebih efektif. HP dengan keadaan mati saat waktu tidur malam, maka akan menghindarkan anda dari berbagai panggilan telepon dalam bentuk apapun.

Dengan mengatur jadwal on dan off pada perangkat Android anda, maka akan memudahkan anda dalam menonaktifkan ponsel saat anda sudah tertidur dan lupa melakukannya.

Baca Juga : Jenis Sensor Kamera HP dan Beragam Kelebihan, Cek Poin Pentingnya

Selain itu, membuat jadwal hidup mati HP juga dapat membuat perangkat smartphone yang anda miliki menjadi lebih hemat data internet ataupun baterai. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto