Jalan antar Destinasi Wisata, DPRD Pangandaran Minta Dibangun 2021

Jalan antar destinasi wisata, Ketua DPRD Pangandaran minta dibangun tahun ini. Foto: Madlani/HR.
Jalan antar destinasi wisata, Ketua DPRD Pangandaran minta dibangun tahun ini. Foto: Madlani/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Jalan antar destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, perlu segera dibangun oleh pemerintah daerah tahun 2021 ini.

Karena, Kabupaten Pangandaran memiliki potensi alam yang luar biasa, seperti Bukit Panenjoan di Desa Kersaratu, Kecamatan Sidamulih. Serta, sawah terasering di Desa Sukamulya, Kecamatan Langkaplancar yang saat ini tengah viral di media sosial.

Ketua DPRD Pangandaran, Asep Noordin, mengatakan, melihat potensi-potensi tersebut, pihaknya berharap pemerintah kabupaten segera membangun rute atau akses jalan antar destinasi wisata. Sehingga, kedepan rute tersebut bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ia menyebutkan, pengembangan seluruh destinasi wisata itu sudah ada dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Riparda). Karena itu, pemda harus membangun akses jalan penghubung antar zona kawasan destinasi wisata.

“Harapan kami konektivitas antar destinasi harus sudah dipikirkan, dan segera terbangun oleh pemda. Sehingga nantinya akan saling terhubung, tinggal pelaksanaanya saja arah kebijakannya seperti apa,” kata Asep Noordin, kepada HR Online, Jumat (29/01/2021).

Baca Juga : Sawah Terasering di Pangandaran Ini Keindahannya Lebih dari Ubud Bali

Dengan terbangunnya jalan penghubung antar destinasi wisata, maka kedepannya akan muncul kegiatan-kegiatan masyarakat pada sektor pariwisata.

3 A Kunci Wujudkan Kegiatan Sektor Wisata

Menurut Asep, untuk mewujudkan hal itu kuncinya 3 A, yakni Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas. Potensi alam Pangandaran sendiri sangat luar biasa dengan berbagai macam atraksi alam.

“Seperti yang sekarang lagi viral di medsos yaitu Bukit Panenjoan Kersaratu, dan Sawah Terasering Sukamulya Langkaplancar. Itu akses jalan penghubungnya harus baik,” ujarnya.

Asep Noordin mengatakan, untuk destinasi wisata Bukit Panenjoan potensinya sudah ada. Tinggal akses jalan penghubungnya yang perlu dibangun. Dari Kalijati-Panenjoan-Santirah bisa menjadi aktivitas kegiatan yang sekarang lagi tren, yakni bersepeda.

“Jelas itu akan menjadi daya tarik tersendiri, punya atraksi yakni destinasi alamnya yang menarik. Seperti untuk rute bersepeda dan lainnya, sehingga wisatawan akan betah lama tinggal di Pangandaran. dengan begitu, otomatis kesejahteraan warga sekitar pun akan kena dampaknya,” pungkas Asep Noordin. (Madlani/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah