Jenis Gigi Manusia Beserta Fungsinya yang Penting Untuk Diketahui

Jenis Gigi Manusia
Ilustrasi Jenis Gigi Manusia. Foto: smilesbyrkdental.com

Jenis gigi manusia penting untuk anda ketahui. Orang dewasa mempunyai 32 gigi permanen. Kemudian, dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Setiap jenis gigi tersebut pun memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Peran gigi yang sangat penting untuk tubuh, yakni untuk membantu dalam proses mengunyah makanan dan juga membantu seseorang dapat berbicara dengan artikulasi yang jelas.

Ketahui Jenis Gigi Manusia dan Fungsinya

Melansir Wikipedia, gigi merupakan salah satu struktur yang berklasifikasi serta mempunyai karakteristik keras yang mana terletak dalam rongga mulut, baik manusia atau hewan vertebrata.

Struktur masing-masing gigi yang bervariasi ini pun memungkinkan jika gigi dapat melakukan banyak fungsi. Yang utama dari fungsi gigi yakni sebagai alat merobek dan juga mengunyah makanan.

Untuk beberapa hewan, gigi dapat memiliki fungsi sebagai alat atau senjata dalam membunuh mangsa. Berbeda dengan manusia yang mempunyai fungsi organ lebih kompleks, gigi mempunyai berbagai fungsi berdasarkan dengan jenis gigi tersebut.

Dengan demikian, akan sangat penting untuk menjaga kesehatannya dengan membersihkan gigi setiap hari. Berikut ini adalah empat jenis gigi manusia dan juga fungsinya yang dapat anda ketahui secara lengkap.

Baca Juga: Perbedaan Gigi Susu dan Gigi Permanen Dari Berbagai Segi

Gigi Seri

Untuk gigi orang dewasa, gigi seri berjumlah 8 buah, yakni bagian atas 4 buah dan bagian bawah 4 buah. Bentuk dari jenis gigi ini seperti alat ukir kecil yang mana mempunyai ujung tajam.

Fungsinya adalah untuk membantu dalam menggigit makanan yang akan anda makan. Bagian gigi seri yang paling banyak atau seringkali dipakai untuk menggigit makanan adalah yang terletak pada bagian paling depan.

Kemudian, jenis gigi seri ini adalah jenis gigi yang pada umumnya merupakan gigi pertama kali muncul atau tumbuh. Mulai dari bayi hingga sekitar usia 6 bulan.

Untuk bayi, jenis gigi manusia ini masih berupa gigi susu yang nantinya akan tanggal serta berganti gigi permanen saat berusia 6-8 tahun.

Gigi Taring

Jenis gigi selanjutnya adalah gigi taring yang mana berjumlah 4 buah pada orang dewasa, yakni 2 buah bagian atas dan 2 buah untuk bagian bawah. Letak dari gigi taring ini adalah pada bagian dekat gigi seri atau persis di sebelahnya.

Bentuk dari jenis gigi ini seperti taring dengan fungsi yang pasti untuk merobek makanan. Untuk bayi, biasanya akan tumbuh dan muncul pertama kali sekitar usia 16-20 buah.

Pada umumnya, jenis gigi ini akan tumbuh terlebih dahulu, yakni pada bagian atas dan kemudian akan menyusul untuk gigi taring sebelah bawah.

Berbeda pada orang dewasa, untuk gigi taring permanen bagian bawah orang dewasa akan muncul pertama kali yaitu pada usia sekitar 9 tahun yang mana nantinya menyusul selanjutnya untuk gigi permanen atas pada umur 11-12 tahun.

Baca Juga: Fungsi Tulang Rahang Bawah Bantu Aktivitas Manusia

Gigi Premolar

Jenis gigi manusia selanjutnya adalah gigi premolar yang terletak bersebelahan dengan gigi taring dan sebelum gigi geraham. Pada orang dewasa, gigi premolar memiliki jumlah total 8 gigi, 4 untuk bagian atas dan 4 untuk bagian bawah.

Ukuran jenis gigi premolar adalah lebih besar daripada gigi taring dan juga gigi seri. Bentuk dari jenis gigi ini adalah rata dan memiliki fungsi menghancurkan makanan sehingga menjadi lebih kecil agar mudah dalam menelan.

Kemudian, untuk bayi dan juga anak-anak pada umumnya tidak mempunyai jenis gigi ini. Sehingga, mereka hanya memiliki gigi sejumlah 20 buah. Lalu, gigi premolar ini akan tumbuh seiring waktu yakni pada usia 10 tahun.

Gigi Geraham

Untuk orang dewasa, gigi geraham terdapat sejumlah 12 buah, yakni 6 bagian atas dan 6 bagian bawah. Jenis gigi manusia ini adalah jenis yang paling besar dan juga kuat.

Selain itu, permukaannya lebih besar daripada gigi-gigi lainnya. Permukaan yang besar inilah yang menjadikan gigi geraham berfungsi sebagai penghancur makanan.

Saat makanan masuk ke dalam mulut dan mengalami proses pengunyahan oleh gigi seri, maka lidah akan mendorongnya ke belakang. Setelah itu, akan melalui proses penghancuran makanan oleh gigi geraham.

Untuk 12 gigi geraham tersebut terdapat 4 diantaranya adalah geraham bungsu. Jenis gigi manusia ini tumbuh paling akhir daripada gigi lainnya. Dalam hal ini, yaitu pada usia 17 hingga 21 tahun. (R10/HR Online)

Editor: Jujang