Jenis Penyakit Degeneratif, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Jenis penyakit degeneratif
Ilustrasi jenis penyakit degeneratif. Foto: Ist/Net

Jenis penyakit degeneratif biasanya muncul karena dipengaruhi seiring bertambahnya usia. Kondisi kesehatan seseorang yang terus menurun membuat seseorang mudah terserang penyakit. Inilah mengapa orang yang sudah renta atau lansia sering mengalami penyakit degeneratif tersebut.

Penyakit degeneratif adalah kondisi dimana seseorang mengalami organ atau jaringan yang memburuk seiring waktu. Banyak berupa sistem saraf yang mulai rusak, atau pembuluh dan jantung yang mengalami masalah kerusakan.

Beberapa penyakit degeneratif dapat sembuh dengan pengobatan yang rutin dan tepat. Namun ada juga beberapa yang sulit sembuh. 

Pada awalnya penyakit degeneratif terjadi sebab adanya perubahan sel-sel tubuh sehingga mempengaruhi pula pada fungsi organ secara keseluruhan.

Penyakit ini tidak menular. Penyebab penyakit ini umumnya dikarenakan pola makan seseorang yang tidak sehat serta gaya hidup yang tidak sehat.

Baca Juga : Jenis Penyakit Menular yang Paling Umum Terjadi, Apa Saja?

Jenis Penyakit Degeneratif Dengan Gejala

Penyakit degeneratif terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kondisi organ atau jaringan yang rusak. Inilah penyakit degeneratif secara umum:

Osteoporosis

Merupakan jenis penyakit yang terjadi pada tulang seseorang. Biasanya penyakit degeneratif ini menyebabkan kerapuhan tulang karena jaringan tulang yang rusak lebih cepat daripada produksi sel-sel tulang yang baru.

Gejala dan penyebabnya sederhana yaitu kekurangan asupan kalsium, hormon estrogen, malas bergerak, merokok, konsumsi obat, dan pengaruh penyakit kronis.

Pengobatannya dapat dengan mengkonsumsi obat-obatan, terapi, dan suplemen kalsium. Seseorang dapat juga dengan rutin mengkonsumsi vitamin D.

Penyakit Jantung  

Merupakan jenis penyakit degeneratif yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia. Biasanya penyakit jantung karena penyumbatan pembuluh darah, gangguan irama jantung, cacat jantung bawaannya lahir, dan kelainan jantung lain.

Penyakit jantung ini tidak mengenal usia dan dapat terjadi pada siapa saja. Maka harus ada penanganan yang cepat dan tepat. Penyakit jantung umumnya dapat memicu penyakit lainnya, seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan kematian.

Ciri-ciri penyakit jantung ialah berupa nyeri dada, sesak nafas, mati rasa pada kaki, dan nyeri hebat. Seseorang merasakan sakit kepala, pusing, detak jantung tidak beraturan, dan pembengkakan pada kaki maupun tangan.

Baca Juga : Jenis Penyakit Meningitis, Berbahaya Bahkan Menimbulkan Kematian

Penyakit jantung merupakan jenis penyakit degeneratif yang tidak dapat sembuh, namun dapat dengan pencegahan dan penanganan dokter. Konsumsi obat secara teratur dari resep dokter akan membantu meringankan gejala yang muncul.

Hipertensi

Hipertensi ini biasanya terjadi ketika tekanan darah seseorang berada pada 140/90 milimeter merkuri ke atas. Tekanan darah merupakan kekuatan atau tingkat dorongan aliran dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah. Tekanan darah pada seseorang setiap waktu selalu berubah.

Pada umumnya dipengaruhi aktivitas yang dilakukan jantung. Seperti berolahraga atau tidur malam hari. Lalu dapat karena daya tahan darah seseorang pada saat itu. Normalnya tekanan darah di angka 120/80 mmHG.

Hipertensi ini merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif yang sangat mengancam nyawa. Maka harus mendapatkan penanganan yang tepat.

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 disebut juga kencing manis dimana kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Apabila tidak mendapatkan penanganan khusus, dapat menyebabkan komplikasi serius.

Komplikasi yang terjadi karena hipertensi seperti kerusakan sarafnya, kerusakan kaki, kerusakan matanya, masalah ginjal, gangguan kulit, serta disfungsi seksual pada pria.

Kanker atau Tumor

Pada umumnya, kanker timbul karena adanya sel-sel abnormal yang tidak terkendali dan membuat kerusakan pada jaringan tubuh.

Biasanya pemicunya karena mutasi gen. Pemicunya seperti paparan radiasi, merokok, virus, obesitas, peradangan kronis, dan jarang berolahraga.

Baca Juga : 5 Jenis Penyakit Peredaran Darah dari yang Ringan Hingga Mematikan

Penderita jenis penyakit degeneratif ini sangat sulit untuk sembuh. Bahkan apabila penderita ini sudah masuk stadium, maka akan berujung kematian. 

Multiple Sclerosis

Penyakit ini menyerang sistem saraf pusat dan biasanya bervariasi. Bahkan tidak dapat anda prediksi. Penyakit ini tidak ada obatnya, namun dengan perawatan yang tepat dapat mengurangi gejala dan memperlambat keparahan.

Penyakit Parkinson

Biasanya penyakit ini menyerang usia 60 tahun keatas. Tandanya dengan tremor kaku, gerakan yang lambat dan lesu, sampai gangguan tidur. Pengobatannya dengan terapi, pembedahan, dan semakin membuat penurunan kondisi .

Beberapa pola hidup yang tidak sehat tersebut seperti kebiasaan seseorang minum alkohol, merokok, obesitas, kurang bergerak, stress, dan faktor lain. 

Penyakit ini menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Kini penyakit ini menjadi epidemi global. Nah, itulah tadi jenis penyakit degeneratif yang perlu anda pahami. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah