Jenis Penyakit Kulit Eksim, Sesuai Gejala yang Ditimbulkan

Jenis Penyakit Kulit Eksim, Sesuai Gejala yang Ditimbulkan
Ilustrasi jenis penyakit kulit eksim. Foto: healthline.com

Jenis penyakit kulit eksim ada beberapa macam. Anda perlu tahu apa saja dan bagaimana cara mengobatinya dengan benar. Sebab, setiap jenis penyakit pada umumnya memiliki gejala, penyebab, hingga cara pengobatan yang berbeda-beda.

Begitu juga dengan jenis penyakit kulit yang satu ini. Mungkin sebagian besar orang merasakan gejala yang sama dengan adanya rasa gatal pada permukaan kulit.

Namun, kenyataannya penyakit tersebut tidaklah sama. Anda perlu mengetahuinya dengan tepat agar bisa memberikan pengobatan yang sesuai. Salah satu penyakit kulit atau alergi biasa disebut dengan eksim.

Penyakit yang satu ini membuat kulit meradang, gatal, hingga memiliki tampilan ruam. Sebenarnya ada banyak jenisnya yang mungkin masih belum banyak orang ketahui.

Penyakit yang satu ini memang tidak menular meski tidak diketahui apa penyebabnya. Ketika kulit mengalami alergi, maka sistem kekebalan dalam tubuh pun akan menimbulkan peradangan.

Hal inilah yang bisa menimbulkan gejala umum pada sebagian besar penyakit eksim. Peradangan kulit yang satu ini bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini muncul bukan karena faktor bawaan saja, namun bisa terjadi karena faktor eksternal.

Baca Juga : Obat Kurap di Apotik yang Paling Ampuh Atasi Penyakit Kulit

Misalnya udara maupun makanan yang bisa menimbulkannya. Anda bisa mengenali jenis penyakit kulit eksim jika dilihat dari gejala yang terjadi.

Sebaiknya ketika anda sudah merasakan peradangan pada permukaan kulit, sebaiknya berikan penanganan yang tepat. Salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan datang ke dokter.

Dari pemeriksaan itulah akan diketahui apa jenis eksim yang anda derita. Kemudian akan bisa memberikan pengobatan yang tepat.

Beberapa Jenis Penyakit Kulit Eksim yang Sering Terjadi

Ketika seseorang merasa ruam pada permukaan kulit dan gatal, hal inilah yang dinamakan jika terkena eksim. Alergi kulit atau peradangan ini akan menimbulkan warna kemerahan dan rasa gatal.

Kondisi inilah yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Tidak hanya orang dewasa yang bisa terserang penyakit yang satu ini, namun anak-anak pun juga rentan terhadap penyakit eksim.

Justru penyakit ini akan sering menyerang anak-anak dan remaja. Pada umumnya, penyakit ini akan menimbulkan bintik merah yang gatal, bahkan terjadi pembentukan lepuhan yang nantinya keluar air.

Baca Juga : Penyakit Kulit Karena Jamur yang Sering Bikin Stres dan Minder

Keluarnya air tersebut menjadi infeksi yang namanya dermatitis. Sebaiknya jika anda sudah merasakan gejala yang timbul, segeralah ke dokter. Sebab, ada beberapa jenis penyakit kulit eksim yang bisa anda alami, antara lain:

Dyshidrotic

Jenis penyakit kulit eksim yang pertama yaitu dyshidrotic. Pada umumnya, jenis yang satu ini akan membuat kulit memiliki lepuhan kecil yang berisikan cairan.

Lepuhan akan banyak muncul pada sisi jari, telapak tangan, dan kaki. Rasanya sangat gatal dan akan berlangsung selama 3 minggu, kemudian mengering.

Setelah mengering, kulit akan tampak bersisik, namun sayangnya akan terjadi secara berulang. Penyakit ini banyak menyerang orang yang setiap harinya tangannya basah.

Misalnya penata rambut, ahli kesehatan, dan masih banyak yang lainnya. Cara pengobatan penyakit eksim yang satu ini yaitu dengan menggunakan salep dan krim kortikosteroid.

Baca Juga : Penyakit Kulit pada Anak, Gejala, Cara Mencegah dan Mengobatinya

Atopik

Jenis penyakit kulit eksim yang selanjutnya yaitu atopik. Jenis yang satu ini memang umum terjadi, bahkan hal ini merupakan peradangan yang terjadi karena kontak langsung.

Yang mana akan terjadi alergi atau membuat kulit iritasi. Gejala yang bisa timbul yaitu kulit terasa kering, gatal, dan munculnya bercak merah pada kulit tubuh.

Ciri-ciri jenis yang satu ini terlihat kulit yang tebal, pecah-pecah, bersisik, serta benjolan kecil yang berisi cairan. Jika anda terkena penyakit atopik, akan terjadi infeksi kulit.

Maka dari itu, jangan anggap sepele, sebaiknya membawanya ke dokter segera. Selain itu, rawat kulit anda dengan pelembab.

Dermatitis Nummular

Tidak hanya kedua jenis penyakit kulit tersebut, masih ada banyak yang lain, yaitu dermatitis nummular. Eksim yang satu ini mirip dengan oval atau koin yang muncul ketika anda pernah terkena luka bakar atau gigitan serangga.

Pada umumnya, jenis penyakit yang satu ini berbentuk bintik-bintik merah dan terdapat lepuhan yang berisi cairan. Biasanya jenis penyakit kulit eksim menyerang orang yang hidup pada daerah dingin dan kering. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah