Jenis Penyakit Menular yang Paling Umum Terjadi, Apa Saja?

Jenis Penyakit Menular yang Paling Umum Terjadi, Apa Saja
Ilustrasi Jenis Penyakit Menular. Foto: Ist/Net

Jenis penyakit menular bisa disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur. Penyakit menular ini dapat anda cegah dengan memulai gaya hidup sehat dan pemberian vaksinasi.

Jenis Penyakit Menular

Penyakit tersebut dapat menular tidak langsung dan langsung. Penyakit menular secara tidak langsung seperti menyentuh tiang besi, kenop pintu, kran air, dan masih banyak lagi.

Apabila menyentuh benda tersebut kemudian anda menyentuh hidung, mata, dan mulut tanpa mencuci tangan, tentunya kuman tersebut akan menginfeksi anda secara tidak langsung.

Penyakit menular secara langsung terjadi ketika seseorang yang sakit, kemudian berpindah melalui kontak fisik seperti melalui udara ketika bersin, bersentuhan, melalui kontak dengan cairan, dan masih banyak lagi. Namun biasanya orang yang menularkan tidak melihat gejala seperti orang sakit, namun hanya pembawa penyakit.

Baca Juga : Jenis Penyakit Tidak Menular, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Selain itu, melalui gigitan hewan dan kontak fisik dengan cairan yang ada di tubuh hewan juga dapat menyebabkan penularan penyakit. Umumnya seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah lebih sering beresiko tertular penyakit.

Jenis penyakit menular bisa saja meningkat pada waktu yang berbeda seperti banjir atau ketika musim hujan tiba. Tanda penyakit dan gejala juga tergantung oleh jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi. Adapun penyakit menular yang paling umum yakni seperti berikut ini:

Diare

Penyakit diare adalah gangguan pada masalah buang air besar (BAB). Gejala yang timbul tandanya ketika buang air besar lebih dari empat kali dalam sehari serta rasa mulas, konsistensi tinja air, bahkan lendir atau darah.

Penyakit ini hanya sepele bagi sebagian orang. Padahal berpotensi tinggi pada kematian apabila tidak segera mendapat pengobatan. Diare bisa menular melalui tanah, air, makanan, atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri dan virus.

Baca Juga : Arti Swinger, Tukar Pasangan yang Berisiko Kena Penyakit Menular

ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Jenis penyakit menular ISPA yang satu ini bisa menyerang hidung, saluran napas, tenggorokan, dan juga paru-paru. Gejalanya seringkali mulai dari demam tinggi, tenggorokan sakit, batuk, serta pilek. Kondisi itu bakteri dan virus yang menyerang seseorang.

Penyakit ISPA biasanya akan membaik pada kurun waktu sampai dua minggu. Penyakit ini bisa anda cegah dengan cara pola hidup sehat, bersih, serta membiasakan untuk selalu mencuci tangan

Cacingan

Jenis penyakit menular selanjutnya adalah cacingan. Karena adanya cacing yaitu jenis pita, tambang, dan kremi yang menyerang atau menginfeksi usus. Penyakit ini bisa mengakibatkan lemas, anemia, mengantuk dan menyebabkan produktivitas menurun.

Hal tersebut karena cacing yang ada di dalam usus menyerap nutrisi tubuh seperti protein dan karbohidrat. Cacingan juga bisa menyerang ibu hamil dan akan menyebabkan bayi lahir dengan berat yang rendah serta bermasalah dalam persalinan.

Cacingan yang menular bisa melalui kontak langsung seperti memasukkan tangan kotor ke dalam mulut. Atau secara tidak langsung seperti menyentuh benda atau makanan yang ada dan mengandung telur cacing.

Baca Juga : Saat di Banjar, Wagub Jabar Ingatkan Bahaya Penyakit Tidak Menular

Penyakit Kulit

Jenis penyakit menular yang paling umum lainnya adalah penyakit kulit. Dalam hal ini, seperti kudis dan kurap yang berhubungan dengan kebersihan dan lingkungan rumah.

Tak hanya itu, namun penyakit kusta juga bisa saja menyerang siapa saja. Gejala yang timbul berupa bercak merah atau putih di kulit dan mati rasa. Penyakit kusta bisa menular melalui percikan bersin, air liur, atau kontak fisik dengan kulit.

Demam Dengue

Penyakit menular demam dengue yaitu penyakit yang penyebabnya ialah adanya infeksi bakteri dan virus. Virus tersebut bisa menginfeksi seseorang melalui gigitan nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti.

Demam ini adalah penyakit yang musiman dan sering terjadi di negara yang memiliki iklim tropis. Di negara Indonesia, penyakit ini lebih banyak terjadi ketika musim hujan tiba. Penyakit ini juga bisa saja berkembang dengan kondisi semakin berat, yaitu DBD (Demam Berdarah Dengue).

Malaria

Malaria adalah jenis penyakit menular yang seringkali penyebabnya karena parasit gigitan nyamuk. Umumnya penderita akan menunjukkan adanya gejala demam tinggi, sakit kepala, menggigil, berkeringat, mual-mual, dan bahkan muntah. Jenis penyakit ini harus segera mendapat penanganan saat terindikasi ada gejala. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah