Minggu, Oktober 24, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Sekring Mobil, Hadir dengan 4 Pilihan Berbeda Bentuk dan Warna

Jenis Sekring Mobil, Hadir dengan 4 Pilihan Berbeda Bentuk dan Warna

Jenis sekring mobil memang banyak dan sebagai pemilik kendaraan, anda wajib tahu. Selain itu, dengan mengetahui jenisnya, anda juga bisa lebih paham fungsi dan cara kerjanya.

Sekring menjadi salah satu komponen penting pada setiap kendaraan, termasuk mobil. Fungsi dari komponen tersebut cukup vital.

Sebab, sekring bermanfaat sebagai pengaman berbagai sistem elektrikal mobil. Misalnya pada komponen klakson, lampu, wiper, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya komponen tersebut, jumlah arus listrik yang mengalir pada berbagai aksesoris mobil dapat terbatasi. Selain itu, juga bisa dapat mencegah konslet jika terjadi kelebihan arus listrik.

Pada umumnya, komponen tersebut terletak dalam sebuah kotak yang ada pada ruang mesin atau area dashboard mobil. Namun, untuk sekring pada mobil, ada beberapa macam.

Baca Juga : Sarung Jok Mobil Berikan Nuansa Berbeda, Simak Tips Belinya

Bahkan semua bisa tampak berbeda, baik dari segi warna dan bentuknya. Jika dulu, komponen yang ada pada kendaraan roda empat ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Bahkan material yang digunakan yaitu dari bahan keramik. Namun, untuk mobil terbaru dan modern saat ini, jenis tersebut sudah tidak digunakan. Jenis sekring mobil pun kini beragam dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, ada banyak bentuk yang bisa anda gunakan.

Perbedaan yang ada pada komponen tersebut berpengaruh pada fungsinya. Itulah alasan mengapa sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu jenis dari komponen penting tersebut.

Beberapa Jenis Sekring Mobil Secara Umum

Sekring atau dalam bahasa Inggrisnya Fuse merupakan komponen kelistrikan pada kendaraan. Fungsinya yaitu membatasi jumlah aliran listrik dan pengaman komponen elektronika pada suatu rangkaian listrik.

Artinya jika arus listrik berlebih, sekring akan mengatasinya. Sehingga arus listrik tersebut akan terputus secara otomatis. Rangkaian listrik akan terhindar dari kebakaran.

Mungkin sebagian besar pemilik mobil masih kurang tahu akan jenis komponen tersebut. Padahal hal ini cukup penting.

Berdasarkan standar industri otomotif internasional, komponen tersebut memiliki 4 macam. Berikut ini macam-macam sekring yang sering digunakan, antara lain:

Tipe Yazaki

Jenis sekring mobil yang pertama yaitu tipe Yazaki. Komponen yang satu ini memiliki sebutan Yazaki Battery Fuse Terminal (BFT).

Jenis yang satu ini merupakan pengembangan model fusible link dengan desain kompleks. Fungsinya melindungi wiring pada kabel aki.

Desainnya khusus untuk pengaman yang lebih baik. Selain itu, juga mampu meringkas pemasangan harness dan kabel berarus besar.

Pisau/Blade

Jenis sekring mobil yang kedua yaitu pisau/blade. Bentuknya pada umumnya kotak dan terbuat dari bahan seperti plastik transparan.

Sifat dari komponen tersebut non konduktif dan tidak mudah terbakar. Ada 6 jenis dan ukuran dari tipe yang satu ini. Tipe micro 2, 3, LP mini, mini, reguler, dan tipe maxi.

Baca Juga : Sekring Motor Putus, Ada Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasinya

Biasanya sekring yang satu ini terdapat cetakan angka yang berfungsi sebagai petunjuk batas maksimal arusnya. Namun, masih ada juga sekring pisau yang tidak memiliki cetakan angka.

Maka dari itu, sebaiknya anda lihat secara rinci dari semua jenis dan warnanya. Misal sekring 15A memiliki warna biru dan ukuran 120A berwarna merah.

Tabung Kaca

Sekring tabung kaca merupakan tipe catridge yang terbuat dari tabung kaca berwarna bening dan transparan. Sedangkan pada bagian kedua ujungnya memiliki penutup yang terbuat dari tembaga atau kuningan.

Tutup tersebut memiliki lapisan chrome nikel. Ukuran diameter jenis sekring mobil yang satu ini yaitu 1/4 inchi atau kisaran 6.35 mm.

Baca Juga : Pengharum Mobil Terbaik, Begini Tips Memilih yang Aman

Namun, untuk ukuran panjangnya bervariasi. Agar anda tahu kapasitas maksimal kelistrikan, bisa cek dengan melihat tulisan bagian penutupnya pada salah satu ujungnya.

Selain beberapa macam sekring tersebut, masih ada yang lainnya. Fusible link terdiri dari dua strip dari logam yang disolder bersama.

Titik solderan tersebut berfungsi untuk meleleh pada suhu tertentu. Sehingga keduanya bisa putus dan terpisah. Ada dua tipe pada jenis yang satu ini yaitu tipe kabel dan box.

Sebagai pemilik mobil, anda perlu tahu komponen yang berperan di dalamnya. Salah satunya yaitu komponen sistem kelistrikan.

Sekring menjadi komponen penting pada kendaraan. Sebaiknya anda tahu jenis sekring mobil secara jelas dari bentuk, warna, dan fungsinya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img